in

Sering Jadi Korban Pemerkosaan, Inilah 4 Perbedaan Signifikan Nasib Perempuan di Indonesia dan India

Menjadi perempuan bukanlah hal yang mudah. Pertama, kita tidak dibebaskan melakukan apapun sedari kecil, kedua pada akhirnya menjadi istri orang, kita juga harus menurut apa yang dikatakan suami. Hal tersebut belum termasuk printilan-printilan soal bahaya yang akan dialami banyak wanita. Contohnya saja, dilecehkan oleh kaum pria.

Banyak sekali kasus pelecehan terutama pemerkosaan yang terjadi di dunia. Di Indonesia sendiri, kita telah melihat kejinya kaum pria mata keranjang yang memperdaya wanita hanya untuk dilecehkan saja. Meskipun begitu, ternyata bukan hanya perempuan Indonesia saja yang mengalami hal serupa, bahkan di India jauh lebih miris lagi kondisinya. Simak ulasan berikut untuk tahu lebih detilnya.

34.651 vs 6.499 Kasus Pemerkosaan di Tahun 2015

Jika anda berpikir negara tercinta ini paling banyak dihinggapi kasus pelecehan seksual, kalian semua salah besar. Ternyata, masih ada negara yang paling parah kasus pelecehan seksualnya terutama pemerkosaan daripada Indonesia. Negara tersebut adalah India. Dilansir dari tirto.id, India memiliki 34.651 kasus pemerkosaan pada tahun 2015.

Korban Pelecehan Seksual [image source]
Sedangkan di Indonesia, kasus pemerkosaan pada tahun yang sama sebanyak 6.499, dikutip dari detik.com. Meski lebih sedikit dari India, angka 6000 itu termasuk banyak, loh, guys. Sehingga tak ada salahnya sebagai perempuan kita bisa mencegah para laki-laki melakukan kejahatan seksual, dan sebagai laki-laki baiknya bisa mengontrol hawa nafsunya.

Turis di India Tak Diperbolehkan Memakai Rok

Menjadi pelancong di India juga gampang-gampang susah, terutama bagi para turis perempuan. Meski India dikenal dengan baju sarinya yang terdiri dari balutan kain dijadikan dress, turis-turis di sana tidak diperkenankan mengenakan rok, apalagi rok mini. Hal tersebut digencarkan supaya tidak ada wisatawan mancanegara yang dilecehkan secara seksual.

Turis India vs Indonesia [image source]
Dilansir dari kompas.com, pada tahun 2015, seorang turis asal Rusia diperkosa oleh pengemudi becak di New Delhi, India. Selain dilarang menggunakan rok, mereka juga dihimbau untuk tidak pergi sendirian pada malam hari ke tempat yang sepi. Mereka pun harus selalu memotret plat nomor kendaraan yang ditumpanginya. Ribet juga, ya guys, kalau di Indonesia, sih, turis-turis bebas mau mengenakan apa saja yang penting bisa menjaga keselamatan diri sendiri.

Pria India 1.000 Kali Lebih Garang daripada Indonesia

Mengapa penulis membuat headline seperti yang tertera di atas? Dilansir dari tirto.id, para pria India banyak yang menolak pendidikan seks karena tabu. Meskipun di Indonesia pun begitu, namun tidak semua kalangan menolaknya, mereka hanya terkadang mengasosiasikan seks dengan hal-hal tabu tetapi masih bisa menyerap edukasi seks yang diberikan.

Lelaki India [image source]
Menurut Madhumita Pandey dalam penelitiannya, apa yang dilakukan pemerkosa, terutama di India, merupakan hasil didikan dan proses yang keliru.” Hal ini juga terkait dengan pengertian soal maskulinitas, atau bahwasanya laki-laki berhak atas perempuan alias bisa mendominasi mereka. Di sisi lain, para perempuan juga memiliki keterbatasan untuk memberontak.

Perempuan Sebagai Korban Malah Lebih Sering Disudutkan

Jika kita menelisik kasus pemerkosaan yang terjadi di Indonesia, pelaku biasanya berasal dari golongan menengah ke bawah atau bisa dibilang mereka dari latar belakang dengan pendidikan yang rendah, sebagai contoh tidak menamatkan sekolah hingga jenjang SMA. Nah, hal ini berbanding lurus dengan sikap yang akan dihasilkan. Menurut Madhumita Pandey, ada sebagian pelaku yang insyaf setelah dibeberkan kesalahannya, namun lebih banyak lagi yang tidak menyesali perbuatannya.

Ilustrasi Pemerkosaan [image source]
Lebih buruknya lagi, mereka lebih cenderung menyalahkan korban untuk tidak berpakaian tertutup sehingga membuat para pelaku menjadi bergairah. Di Indonesia meski hal ini sering terjadi, namun sang korban memiliki banyak pihak yang mendukung alias netizen-netizen yang nyinyir, sedangkan di India, bisa jadi para perempuan yang menjadi korban ini dijadikan tersangka oleh para pelakunya karena para penegak hukumnya yang keliru.

Itulah 4 poin penting tentang perbedaan yang menonjol antara nasib perempuan Indonesia dengan India meski sama-sama sering menjadi korban pelecehan seksual. Pada hakekatnya, pelecehan seksual bukan hanya menjadi kesalahan satu pihak saja, namun jika kedua belah pihak tidak memahami esensi seks konsensual atau lebih mudahnya seks tanpa paksaan, mereka sama-sama menjadi tersangka sebuah kasus pelecehan seksual. Maka dari itu boombers, tanamkan lagi di pikiran kalian bahwa edukasi seks itu penting, jangan hanya memikirkan soal hal porno di dalamnya.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

5 Pelajaran Hidup dari Kisah Endang Irawan, Driver Gojek yang Hidupi 126 Santri

Kisah Cinta Dramatis Ahok, Berawal dari Injakan Kaki Hingga Berakhir di Jeruji Besi