Nama artis Mandal Shoji mendadak ramai menjadi pembicaraan lantaran ia tersandung sebuah kasus hukum atas kiprahnya di dunia politik. Sepertu yang dituliskan oleh laman metro.tempo.co, dinyatakan bersalah dan dihukum 3 bulan penjara karena terbukti membagikan kupon berhadiah umroh kepada warga saat kampanye.

Alih-alih menjalani hukuman, pria kelahiran Surabaya, 6 Oktober 1982 itu malah menghilang dan dinyatakan sebagai buronan kejaksaan. Meski tengah tersangkut kasus hukum, toh sosok Mandala merupakan salah satu artis yang cukup bersinar di dunia hiburan Indonesia.

Sukses sebagai presenter acara reality show

Sosok Mandala Shoji, sangat lekat sebagai presenter reality show Termehek-mehek yang tayang di sebuah stasiun televisi swasta beberapa waktu lalu. Bersama rekannya, Cici Panda, pria berkulit putih itu sukses menaikkan rating acara yang mulai ia presenteri sejak Mei 2008 hingga Maret 2012. Tingginya animo masyarakat pada tayangan tersebut, membuat Termehek-mehek sebagai acara realitas terfavorit dalam ajang Panasonic Awards 2009. Secara tidak langsung, nama Mandala pun ikut melambung.

Bermain film layar lebar tanah air

Premiere film Garuda 19 yang diperankan Mandala Shoji [sumber gambar]
Tak hanya di dunia presenter, pria asal Surabaya, Jawa Timur itu juga merambah ke film layar lebar yang semakin membuatnya dikenal. Salah satunya adalah film GARUDA 19 yang dirilis pada 9 Oktober 2014 . Di sana, Mandala berperan sebagai Eko Purjianto yang merupakan Asisten pelatih Timnas U-19. Tak sendirian, ia beradu akting dengan sejumlah aktor ternama seperti Mathias Muchus (pemeran pelatih U-19 Indra Sjafrie) dan Ibnu Jamil ( memainkan karakter Asisten pelatih Timnas U-19 Guntur Cahyo Utomo).

Pernah masuk sebagai nominasi Panasonic Gobel Award untuk Presenter Talent Show

Masuk nominasi Panasonic Gobel Award untuk Presenter Reality Show 2013 [sumber gambar]

Berkat kiprahnya pada dunia entertainment tanah air, nama Mandala Shoji sempat masuk sebagai nominasi di ajang Panasonic Gobel Award untuk Presenter Reality Show 2013. Sayang, dirinya tak berhasil menang pada acara penghargaan tersebut. Meski demikian ia tak berputus asa. Melihat keberhasilannya memandu acara Termehek-mehek, Mandala pun comeback ke dunia presenter mengawal program reality show yang bernama Bikin Mewek.

Sempat gagal menjadi Caleg pada 2014

Sempat menjadi Caleg PKB [sumber gambar]
Hingar bingar dunia politik yang banyak digeluti oleh artis ibukota, tampaknya menarik minat seorang Mandala Shoji untuk berkecimpung di dalamnya. Dilansir dari nasional.kompas.com menuliskan, ia kembali mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) pada 2017. Sebelumnya, ia pernah gagal pada 2014 silam dari Dapil 2 Jawa Tengah.

Tersandung kasus saat berkampanye dan terancam penjara

Setelah lama terdengar, nama Mandala Shoji kembali muncul ke permukaan karena terjerat kasus hukum. Mantan presenter acara Termehek-mehek itu diketahui telah bergabung dengan PAN sebagai Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI. Laman kumparan.com menuliskan, didakwa telah melanggar Undang-Undang Pemilu, pada saat melakukan kampanye di Pasar Gembrong Lama, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Karena keberadaannya belum diketahui secara pasti, kejaksaan pun memasukkan Mandala sebagai buronan.

BACA JUGA: Pemilu 2019 Segera Tiba, Inilah 8 Artis Cantik yang Tahun Ini Daftar Jadi Caleg

Dunia politik memang tak mudah untuk dijalani secara asal-asalan. Salah sedikit, hukuman bisa menanti kapan saja. Seperti kasus yang tengah membelit sosok Mandala Shoji di atas, menjadi sebuah bukti nyata. Bahwa menyandang status sebagai artis sekalipun tidak menjamin bisa sukses dan eksis di dunia perpolitikan Indonesia.