Dunia politik di tahun 2018 dan 2019 benar-benar bertabur selebriti. Mulai dari Pilkada serentak kemarin, banyak artis yang turun tangan menjadi tim sukses (timses) masing-masing calon pemimpin daerah. Misalnya saja, Via Vallen dan Nella Kharisma yang digandeng oleh Gus Ipul dan Puti, Raffi Ahmad serta Syahrini yang menjadi timses Ridwan Kamil.

Selain artis-artis yang menjadi timses, ada juga yang maju untuk menjadi calon pemimpin daerah, seperti Deddy Mizwar. Menuju tahun politik di 2019, banyak artis yang juga sudah mempersiapkan diri menjadi calon legislatif. Ada lebih dari 10 artis yang mengajukan diri dan bergabung bersama partai tertentu.

Tina Toon & KD for PDIP [sumber gambar]
Partai PDIP digawangi oleh banyak artis, seperti Tina Toon, Krisdayanti, Ian Kasela, Harvey Malaiholo dan Angel Karamoy. Masih bakal calon saja, Tina Toon sudah berani umbar janji pada rakyat. Meski keluarganya juga khawatir, namun Tina Toon tak mau menyerah sebelum berperang. Dikutip dari grid.id, jika terpilih, ia akan berhenti dari dunia hiburan dan fokus pada pekerjaannya di kursi legislatif. Sedangkan tiga rekan lainnya belum berkomentar apa-apa mengenai janji-janji pada rakyat. Selain PDIP, Nasdem juga memiliki bakal calon legislatif dari kalangan selebriti yang tak kalah banyak.

Artis Nyaleg for NasDem [sumber gambar]
Dilansir dari brilio.net, Kristina, Nafa Urbach, Tessa Kaunang, Ferly Putra, Manohara Odelia Pinot, Della Puspita, Krisna Mukti, Annisa Bahar dan Dian Sastra. Dilihat dari daftar yang sudah terkuak ke publik, bisa dibilang Partai Nasdem memiliki banyak “line up” artis. Mulai dari pedangdut, pesinetron, hingga model ada dalam daftar yang akan diajukan Partai Nasdem. Meski kita tak tahu bagaimana kinerja mereka di masa depan, tapi ada baiknya jika didoakan bakal amanah. Tak hanya PDIP dan Nasdem, ada pula partai-partai lain yang mengusung artis seperti PKB, PAN, Partai Solidaritas Indonesia, dan Partai Berkarya.

Giring for PSI; Mandala for PKB [sumber gambar]
Presenter Mandala Shoji akan bergabung dengan PKB. Denada akan maju bersama PAN. Giring Nidji akan melangkah bersama Partai Solidaritas Indonesia—yang membuat dirinya menghentikan aktivitasnya bersama Nidji, dan kabarnya juga Nidji sedang mencari vokalis baru untuk sementara. Serta Partai Berkarya akan mengusung nama Angel Lelga. Entah sudah berapa tahun selebriti banyak yang banting setir ke ranah politik. Namun tampaknya, mereka lebih betah menjadi politisi daripada artis.