Opening ceremony Asian Games 2018 sudah lewat beberapa hari. Meskipun begitu, euforia yang terjadi di masyarakat masih bisa dirasakan hingga saat ini. Apalagi video Presiden Jokowi naik motor, banyak orang yang masih tak percaya bahwa Presiden kita mau berpanas-panasan mengikuti arahan sutradara untuk syuting cuplikan video tersebut.

“Tapi kan dia pakai stuntman—pemeran pengganti?” Lho, ya tentu, kalau dia enggak pakai pemeran pengganti, bisa celaka dong. Nah, hal ini yang sedang ramai dibahas netizen. Mereka menyebutkan bahwa karena menggunakan stuntman, Jokowi dihujat habis-habisan. Tak terima akan hal tersebut, sekian artis ini menyatakan opininya.

Wishnutama, “saya yang gendeng kalau nyuruh bapak aksi seperti itu”

Sebagai creative director dalam opening ceremony Asian Games 2018, Wishnutama juga mendengar akan adanya hujatan netizen mengenai aksi Jokowi naik motor. Sorotan positif dari media internasional tak membuat ia berhenti memberikan klarifikasi untuk netizen yang nyinyirin ide kreatifnya. Melalui program Good Afternoon NET TV, ia mengungkapkan opininya.

Suami dari Gista Putri ini menyatakan dalam proses pembuatan film, bahkan iklan sekalipun stuntman sangat wajar dan tak perlu diperdebatkan. Banyak adegan-adegan yang susah dan tak memungkinkan untuk dilakukan sendiri oleh sang aktor, sehingga profesi stuntman itu ada. Ia pun menambahkan, “masa iya, Presiden Republik Indonesia saya suruh loncat-loncat naik motor, yang gendeng saya kalau nyuruh bapak begitu, itu sebuah hal yang wajar.”

Deddy Corbuzier, “Ratu Elizabeth saja pakai stuntman

Jika Wishnutama bicara melalui sebuah program talkshow di televisinya sendiri, Deddy Corbuzier membuat video yang lalui diunggah ke kanal YouTube-nya. Di instagram juga ia mengunggah sebuah ilustrasi yang menggambarkan aksi naik motor Jokowi. Ia memberikan caption lumayan panjang dan menekankan bahwa Jokowi bukan Jackie Chan.

Deddy Corbuzier komentari stuntman Jokowi [sumber gambar]
“Mr. President, ur not Jackie Chan, ur a President, coz if Jackie Chan is a President he will also use a stuntman,” tulisnya. Seperti yang kita tahu, mayoritas film yang dibintangi Jackie Chan tak pernah menggunakan stuntman, sebab ia sudah menjadi aktor profesional. Nah, Jokowi bukan aktor, ia seorang Presiden, sehingga wajar saja ia menggunakan stuntman dalam aksinya. “Ratu Elizabeth pun pakai stuntman ketika lompat dari helicopter bareng James Bond,” tambah Deddy lagi.

Tanta Ginting, “berarti selama ini gue nipu orang dong?”

Aktor-aktor tanah air pun ikut ambil bagian dalam masalah ini. Mereka merasa ada yang aneh dengan pendapat netizen mengenai stuntman Jokowi. Tanta Ginting salah satunya, ia menulis di instagram story-nya bahwa selama ini ia berbohong karena kerap menggunakan stuntman—yang disebut orang penipuan.

Tanta Ginting komentari stuntman Jokowi [sumber gambar]
Tulisan di instagram story Tanta Ginting lalu diunggah juga ke dalam feeds-nya, yang lalu mendapat tanggapan dari aktor tanah air lain. Seperti Dian Sastrowardoyo, Massayu Anastasia, Marcellino Lefrandt hingga Jefri Nichol. Mereka pun hanya geleng-geleng kepala mendengar tanggapan netizen dan berusaha untuk tidak tersulut.

Rifnu Wikana, “apakah besok aku harus mati?”

Aktor yang kerap mendapat peran antagonis di film-film sejarah ini beropini dalam postingan yang diunggah Tanta Ginting. Ia menulis komentar “Waduh, besok gw adegan jatuh dari jembatan trus mati. Gimana niiiiih, mosok gw harus lompat dan mati beneran? Gimana niiiiiih…. Tolooooong.” Meski bernada lugu, Rifnu sebenarnya telah menulis sindiran terhadap netizen yang berfikir stuntman itu penipuan.

Rifnu Wikana komentari stuntman Jokowi [sumber gambar]
Bayangkan saja, jika semua aktor harus memerankan diri sendiri dan terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Pasti pihak produksi akan menambah budget untuk film tersebut, bukan? Untuk biaya perawatan aktor utama, belum lagi delay karena harus menambah hari syuting. Profesi stuntman itu enggak main-main, loh, geng.

Ben Joshua, salut dengan kemauan Jokowi

Sama seperti Rifnu Wikana, ada nada satire dalam tulisan Ben Joshua di instagram story-nya. Lagi-lagi ia menyebutkan betapa penting dan wajarnya seorang stuntman di balik pembuatan film. Namun, tak hanya beropini tentang pentingnya stuntman, ia juga mengapresiasi sang Presiden yang dinilainya luar biasa.

Ben Joshua komentari stuntman Jokowi [sumber gambar]
“Yang penting bersedianya Presiden utk ikut proses, ikutin arahan director, menunggu take, blum lagi kamera outfocus harus retake itu luar biasa!!!” tulisnya. Sebagai aktor, ia pun tahu bahwa video yang dibuat Wishnutama untuk keperluan opening ceremony Asian Games 2018 ini murni hiburan semata dan ia merasa terhibur, sekaligus bangga.

Mytha Lestari, “kenapa enggak bilang makasih aja sih?”

Beberapa kali netizen ramai-ramai menghujat sesuatu di media sosial, penyanyi jebolang ajang Mama Mia ini selalu hadir untuk beropini. Seperti ketika Iis Dahlia mengomentari salah satu peserta KDI 2018 ataupun saat Via Vallen lipsync di opening ceremony Asian Games 2018 lalu. Kini, ia juga mengutarakan opinininya terkait aksi naik motor Jokowi yang ternyata menggunakan stuntman.

Mytha Lestari komentari stuntman Jokowi [sumber gambar]
Ia menuliskan caption pada foto yang diunggahnya, “Gerah baca komen, buka feed berita isinya rame pak Jokowi pake stuntman. Coba dirubah paradigmanya lebih ke: makasih ya pak Jokowi udah totalitas bikin bangga Indonesia.. khan enak positif!” Nah, bagaimana menurut kalian tentang yang satu ini?

Bahkan aktor sekelas Joe Taslim saja menuliskan apresiasinya terhadap aksi Jokowi naik motor. Ia menulis pada akun twitter pribadinya, meski tak membahas tentang stuntman. Ia menyatakan, fast furious saja kalah, sebegitu bangganya dengan sosok Presiden Indonesia. Kalau menurut pandangan Sahabat Boombastis sendiri, bagaimana?