Dalam kehidupan di dunia ini, siapapun berhak meraih kesuksesan dengan caranya masing-masing. Tak hanya terbatas bagi mereka yang kaya dan berkecukupan, namun juga kaum miskin yang penuh kekurangan memiliki kesempatan yang sama. Asal berusaha keras dengan cara yang halal, keberhasilan dalam hidup dapat diraih dengan mudah.

Seperti sosok gadis bernama Inka Kusmayati ini. Meski orang tuanya hanyalah seorang penggali kubur dan pekerja serabutan, ia tetap pede mengikuti sejumah tes perkuliahan demi mengangkat derajat keluarganya di masa depan. Kisahnya yang menuai keberhasilan dari latar belakang keluarga sederhana, sukses membuat iri kaum elite berduit. Seperti apa perjuangannya meraih mimpi? Simak ulasan berikut.

Sosok Inka Kusmayati terlahir dari keluarga yang bisa dibilang tak sempurna, membuatnya tumbuh dalam kehidupan yang keras. Sejak kelas 5 SD, ia telah berpisah dengan sang Ibu yang memilih tinggal sendiri di Cianjur, Jawa Barat. Inka sendiri tinggal berdua dengan sang Ayah. Meski demikian, ia merupakan sosok yang sangat berprestasi di bidang pendidikan.

Sukses meski berlatar belakang keluarga kurang mampu [sumber gambar]
Meski penuh kekurangan, Inka tetap bersemangat melanjutkan pendidikannya. Bahkan untuk menyiasati tingginya biaya sekolah, ia kerap menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) sehingga terbebas dari biaya SPP. Hal tersebut berlanjut hingga Inka berhasil lulus sekolah menengah atas.

Tercatat, Inka menjadi salah satu siswa terbaik yang menorehkan hasil gemilang di SMA 1 Cimahi. Atas prestasinya selama berseragam putih abu-abu, ia berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi lewat jalur undangan SNMPTN Unpad. Yang membanggakan , ia berhasil diterima di Fakultas kedokteran serta menyisihkan ribuan sainganya yang notabene anak-anak orang berada.

Sosok berprestasi sejak SD [sumber gambar]
Tinggal berdua dengan sang ayah yang bekerja serabutan seperti menjual burung, batu akik, dan tukang gali kubur, Inka senantiasa tabah dan tetap semangat untuk meraih cita-citanya sebagai seorang Dokter. Kini, harapannya itu pun telah tersampaikan. Selamat ya untuk Inka.

Dari kisah di atas, kita bisa mengambil hikmah dari sosok Inka tersebut. Nyata, sebuah kesuksesan bisa diraih dan dinikmati oleh siapa saja, tanpa memandang status kaya atau miskin. Kuncinya, tentu saja dengan usaha keras dan kerja yang cerdas. Sama persis yang dilakukan oleh Inka. Jangan menyerah dan tetap semangat ya Saboom.