Ajaran “surga di telapak kaki ibu” memang dipercaya dan dipegang teguh oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, netizen yang maha benar tampaknya tak mengindahkan pepatah tersebut seiring berjalannya waktu. Mereka pun tak segan-segan untuk menyerang selebriti yang menyandang status “ibu” di sosial media mereka.

Memang benar, jika buah tak akan jatuh jauh dari pohonnya. Namun, jika seorang anak berperilaku menyimpang, bukan sepenuhnya salah sang ibu, bukan? Menurut penelitian B. F. Skinner, yang membuat perilaku anak tak sesuai dengan kaedah-kaedah yang disepakati bisa juga karena pengaruh lingkungan sosial. Namun miris, 5 artis ini malah banjir hujatan atas perilaku anaknya.

1. Elvy Sukaesih, disebut sampah akibat anaknya tercyduk gunakan narkoba

Baru-baru ini banyak sekali artis yang tertangkap menggunakan narkoba. Mulai dari Jennifer Dunn hingga Roro Fitria. Anak dari Elvy Sukaesih, Dhawiya pun turut meramaikan golongan rompi berwarna oranye di tahun 2018. Sang maestro dangdut itu pun mengaku kaget ketika anaknya menjadi tersangka pengguna narkoba.

Elvy Sukaesih [sumber gambar]
Ketika dipriksa, Elvy Sukaesih pun mengaku tidak tahu menahu soal perkembangan anaknya. Alhasil, netizen pun ramai-ramai menyerbu akun instagram pribadinya (@elvy_sukaesih) dan membubuhkan komentar-komentar tak bertanggung jawab. Akun @nana889077 menulis “yang sampah siapa, dia anak mantu narkoba lho.” Sehingga kini, ratu dangdut Indonesia ini mengunci akun instagramnya.

2. Iis Dahlia, berkali-kali dapat hujatan dari netizen

Jika sebelumnya instagram Iis Dahlia ramai oleh komentar netizen yang menyoroti dirinya karena menolak datang ke acara pernikahan Kahiyang-Bobby, beberapa hari kemudian, ia pun kembali dibully netizen. Hal tersebut dikarenakan ia menyebut seorang netizen sebagai pengemis. Tak kapok dengan kejadian serupa, anak Iis Dahlia malah membuat kontroversi mengagetkan.

Iis Dahlia [sumber gambar]
Video ciumannya dicyduk oleh akun gosip @lambe_turah. Alhasil, netizen pun kembali menyerang Iis Dahlia. Mereka mengatakan penyanyi dangdut 45 tahun ini tak becus mengurusi anak sehingga Devano—putra Iis Dahlia, menjadi liar seperti kebanyakan anak artis lainnya.

3. Maia Estianty, disindir karena berikan Dul mobil sebagai hadiah ulang tahun

Peristiwa yang menimpa anak ketiga Maia Estianty dan Ahmad Dhani 5 tahun silam benar-benar tak bisa dilupakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM), Dul sudah berani membawa mobil sang kakak ke jalanan Jakarta. Alhasil, ia merenggut nyawa beberapa orang kala itu.

Maia Estianty [sumber gambar]
Netizen pun menyoroti hal tersebut sebagai akibat dari perceraian Maia dan Dhani. Namun, pada tahun 2017 kemarin, ketika Dul merayakan ulang tahunnya yang ke-17, Maia malah memberinya hadiah mobil Mercedes Benz GLA 200. Netizen pun ramai-ramai memperingatkan Maia Estianty atas kecelakaan 2013 silam dengan kata-kata yang menusuk.

4. Umi Kalsum, tak ada komentar selain nyinyiran di akun instagramnya

Mungkin beberapa Saboom merasa kurang familiar dengan nama di atas. Umi Kalsum merupakan nenek dari Bilqis yang sekaligus ibu dari Ayu Ting Ting (ATT). Tak hanya instagram ATT yang ramai oleh haters, akun sosial media milik sang ibunda pun begitu.

Umi Kalsum [sumber gambar]
Jika kalian berkunjung ke profil @mom_ayting92, rasanya komentar selain sindiran, nyinyiran, atau promosi online shop tak akan ditemukan. Ketenaran ATT serta kontroversi yang pernah menyeret namanya pun juga akan menimpa keluarganya. Untungnya, Umi Kalsum tak pernah menggubris komentar-komentar negatif yang ditulis oleh haters ATT.

5. Ruth Sahanaya, disalahkan atas video ciuman anaknya yang beredar

Sama seperti Iis Dahlia, Ruth Sahanaya pun dihujat netizen atas video ciuman anaknya yang tersebar di dunia maya. Ulah akun gosip @lambe_turah kadang-kadang memang mematikan bagi sebagian artis. Melihat hal tersebut, diva senior Indonesia ini pun naik pitam pada anaknya.

Ruth Sahanaya [sumber gambar]
Nadine Waworuntu pun tak hanya mendapat kecaman dari sang ibu, tapi juga netizen seluruh Indonesia. Tampaknya, warganet masih belum puas sehingga hujatan tersebut merembet pada sang ibunda. Banyak yang menyebut Ruth tak berhasil menjaga putrinya dengan baik sehingga pergaulannya tampak liar seperti dalam video tersebut.

Kadang-kadang netizen lupa bahwasanya menghujat ibu dari anak lain sama saja artinya dengan menghina orang tua sendiri. Selain itu, perilaku anak-anak artis yang terlewat batas juga bisa menjadi contoh buruk bagi kids zaman now. Maka dari itu, bagi Saboom yang sudah menjadi ibu, berhati-hatilah menjaga buah hati kalian karena tantangan di era ini akan semakin susah.