Kehidupan para artis yang serba terbuka, mau tak mau memaksa kita untuk mengonsumsinya setiap hari. Terlebih lagi setelah hadirnya akun-akun gosip di instagram seperti @lambe_turah atau @makrumpita. Tiada hari tanpa gosip artis yang cepat dan aktual rasanya.

Selain kehidupan pribadi, akun-akun gosip tersebut tak jarang menguak pertengkaran banyak fanbase, seperti halnya perseteruan Via Vallen dan Ayu Ting Ting yang heboh beberapa waktu lalu. Banyak dari perang antar fans yang sebenarnya tak juga melibatkan idola mereka, karena buktinya saja hubungan kedua selebriti itu baik-baik saja. Inilah fanbase yang sering terlibat pertengkaran padahal tak ada luka di antara idolanya.

Vyanisty vs Balajaer, pertengkaran yang tak pernah selesai

Beberapa waktu lalu, jagat maya dihebohkan oleh unggahan Via Vallen usai mendapat 3 piala dalam ajang Indonesian Dangdut Awards 2017. Tak lupa, ia pun berterima kasih pada kerabat serta fans yang begitu setia dan selalu mendukung langkah-langkahnya dalam berkarir. Dalam penulisan caption yang panjang, Via pun menyertakan nama Ayu Ting Ting untuk mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih.

Vyanisty vs Balajaer [image source]
Merasa seperti main sindir, Balajaer—nama fans Ayu Ting Ting pun bertindak. Alhasil, mereka menyerang instagram Via tanpa henti, bahkan make up artist Ayu pun terlibat dalam perseteruan yang hampir diangkat ke meja hijau ini. Tak terima dengan apa yang dilakukan Balajaer, Vyanisty yang setia pun rajin membalas komentar-komentar fans Ayu yang masuk ke akun instagram Via. Namun, ketika diwawancara sebuah media, Ayu mengungkapkan bahwa hubungannya dengan Via baik-baik saja.

Team Anggun vs Agnation, dipangkas oleh sang idola “berhenti berperang!”

Selain artis dalam negeri, musisi jempolan Indonesia yang sudah go internasional pun para fans-nya sering terlibat pertikaian, seperti Team Anggun—nama fanbase Anggun C. Sasmi dan Agnation—nama fanbase terbaru Agnez Mo. Beberapa hari yang lalu, Anggun terlihat mengunggah sebuah foto bertuliskan “don’t tell people your dreams, show them,” yang berarti “jangan katakana pada mereka mimpimu, tunjukkanlah.”

Team Anggun vs Agnation [image source]
Dua hari kemudian, Agnez Mo pun mengunggah sebuah video di akun instagram pribadinya dengan caption, “when fake friends start showing their true colors,” atau “ketika teman palsu mulai menunjukkan siapa dirinya sebenarnya.” Mencium gelagat yang tidak enak, Team Anggun dan Agnation pun saling mencemooh di sosial media. Namun akhirnya, Anggun dan Agnez Mo menanggapi hal tersebut dengan pernyataan menohok, bahwa keduanya saling mendukung dan menyayangi satu sama lain.

Merasa dibanding-bandingkan, fans boyband SM*SH dan girlband Cherrybelle twitwar

Memang keduanya pentolan boy dan girlband Indonesia ini sudah bubar, namun perkara yang disebabkan oleh para fans-nya masih terngiang hingga sekarang. Pada tahun 2012, di masa-masa kejayaan mereka, fans dari masing-masing grup sering membanding-bandingkan performa dari idolanya. Alhasil, hal tersebut memacu pertengkaran.

SMASH vs Cherrybelle [image source]
Kedua kubu fans memulai peperangan di twitter hingga menjadi trending topic. Namun untungnya, twitwar tersebut tak berlangsung lama karena Bisma, salah satu personel SM*SH menanggapi hal itu dengan mengunggah foto pose damainya di twitter. Para personel yang lain pun kebingungan karena mereka merasa tak ada masalah pribadi di antara grup mereka.

Mengatasi perang fans, Raisa dan Isyana akhirnya melakukan kolaborasi

Semenjak kedatangan Isyana Sarasvati pertama kali ke dunia hiburan Indonesia, penampilannya tak pernah lepas dari dibanding-bandingkan dengan Raisa. Memang dua penyanyi ini memiliki kualitas vokal serta paras yang di atas rata-rata, namun para fans Raisa tak henti-hentinya melontarkan komentar seperti, “cantikan Raisa daripada Isyana,” yang lalu membuat fans Isyana naik pitam.

Raisa x Isyana [image source]
Melihat perang dua kubu fans yang tak kunjung berhenti, Raisa dan Isyana pun mensiasatinya dengan mengunggah foto selfie mereka berdua ke instagram. Namun, hal tersebut tak juga digubris oleh fans yang terus berperang. Akhirnya, Raisa dan Isyana pun berkolaborasi dalam sebuah lagu apik yang lalu menjadi akhir yang damai bagi perang dingin dua kubu fans.

Boyband Korea EXO, Big Bang, dan BTS, sampai bingung mengikuti alurnya!

Meskipun tiga boyband ini berasal dari Korea, namun fans mereka di Indonesia benar-benar tak terhitung. Bahkan setiap kali idolanya tampil, apapun yang mereka ungkap di twitter selalu menjadi trending topic. Pada awal kemunculan Big Bang di tahun 2006, boyband yang digawangi oleh G-Dragon, dkk ini melambung tinggi.

EXO vs BIGBANG [image source]
Setelah itu, eksistensinya agak goyah ketika boyband EXO muncul. Meskipun begitu, Big Bang terus memenangkan penghargaan setiap tahunnya dan membuat para fans EXO naik pitam, karena merasa pihak penyelenggara tidak adil. Hal yang sama terjadi pada BTS yang juga diserang fans EXO karena banyak menerima penghargaan. Padahal, di kehidupan nyata, hubungan antara 3 boyband ini baik-baik saja layaknya saudara.

Tidakkah sahabat boom alias saboom sekalian geleng-geleng kepala ketika membaca ulasan di atas? Kelakuan warga Indonesia yang mendaulatkan diri mereka sebagai fans seorang artis memang perlu disoroti. Terkadang sikap lebay mereka juga bisa merugikan diri sendiri. Nah, belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, sebagai orang yang mendukung idolanya dengan baik, tak perlulah kita ikut-ikutan perang antar fans, memecah belah persatuan saja!