Selain terkenal akan kemampuan hebatnya di atas lapangan, CR7 a.k.a Cristiano Ronaldo juga dikenal sebagai atlet yang memiliki kepedulian sosial tinggi. Sikap Dermawan inilah yang membuatnya rela tidak menato tubuhnya agar bisa donor darah rutin. Masih tentang hal tersebut, pria Portugal ini juga sempat melelang salah satu benda berharganya untuk sebuah kegiatan amal.

Berkat hal-hal baik di luar lapangan tersebut, mantan punggawa Real Madrid sempat dinobatkan menjadi atlet yang paling dermawan oleh organisasi ‘DoSomething.org‘. Usut punya usut, aksi positif tersebut sudah dilakukannya sejak masih berseragam Manchester United tahun 2003 sampai 2009. Alasannya Ronaldo sendiri mau untuk melakukan hal tersebut adalah, menurutnya dengan membantu orang lain, tuhan akan senangtiasa membalas perbuatannya berkali-kali lipat.

Dan berikut beberapa aksi sosial CR7 yang jadi bukti kalau Bintang Portugal ini adalah sosok yang dermawan.

Pada Ramadan 2019 ini menghibahkan uangnya puluhan miliar

Cristiano Ronaldo dengan Juventus [Sumber Gambar]
Seperti telah diungkap di awal tadi, mengenai sikap positif-nya di luar lapangan. Pada bulan Ramadan tahun 2019 ini, pemain terbaik Seri A tersebut dikabarkan menggelontorkan puluhan miliar untuk kegiatan amal. Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis, Ronaldo mengluarkan uang sebesar 1,5 juta dolar atau setara Rp 21 untuk warga Palestina. Dilansir Boombastis dari Telesur English, pemain Juventus ini disebutkan memberi sumbangan kepada warga Palestina di jalur Gaza selama bulan Ramadan in.

Sempat menjual penghargaannya untuk membantu orang di Palestina

ronaldo ballon d’or 2013 [Sumber Gambar]
Sebelum hal tadi, kepedulian Cristino Ronaldo untuk warga Palestina juga dilakukan pada tahun 2012 yang lalu. Ketika itu, pemenang Liga Champions 5 kali ini melelang sepatu emasnya untuk didonasikan untuk kebutuhan pembangunan sekolah di daerah konflik Gaza. Setali tiga uang dengan hal tersebut, menurut pemberitaan Bola.net, CR7 juga menjual trofi Ballon d’Or yang, ia raih pada tahun 2013 untuk disumbangkan kepada Make-A-Wish Foundation. Sebuah yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan dan anak-anak. Berkat kepedulian tersebut dirinya sempat diangkat menjadi duta penyelamat anak.

Gelontorkan pendapatannya untuk menanggung biaya operasi otak seorang anak

Anak yang dibantu perwatannya oleh CR7 [Sumber Gambar]
Masih tentang aksi mulia peraih lima kali trofi Ballon d’Or ini. Dirinya juga sempat gelontorkan banyak uang untuk menanggung biaya operasi seorang anak berumur 10 tahun. Di mana bocah diketahui bernama Erik Ortiz Cruz sangat membutuhkan operasi otak untuk kelangsungan hidupnya. Pada kejadian tahun 2004 lalu itu, pesepakbola identik nomor 7 ini menanggung semua biaya operasi sebesar 53.000 Poundsterling (sekitar Rp753 juta) plus biaya rawat jalan. Selain itu juga melakukan lelang sejumlah barang berharganya untuk diserahkan kepada Erik Ortiz.

Membantu biaya untuk sebuah penelitian kesehatan di rumah sakit

Ronaldo dengan para dokter [Sumber Gambar]
Selain beberapa hal tadi, sikap dermawan Cristiano juga ditunjukkan dengan menyumbang sejumlah uang untuk penelitian rumah sakit. Kabarnya, pria sudah berusia kepala tiga ini, mengeluarkan uang sebesar 105.000 Poundsterling (sekitar Rp1,4 miliar), kepada pusat penelitian rumah sakit yang merawat ibunya untuk penyakit kanker. Masih tentang kepedulian terhadap kanker, pada 2012 juga sempat mengeluarkan uang miliaran untuk membantu, seorang penderita kanker yang sudah mengidap penyakit ini selama sembilan tahun.

BACA JUGA: 4 Hal Ini Jadi Penyebab Cristiano Ronaldo Terus Bertaji Meski Berganti Klub dan Mulai Menua

Begitulah tadi beberapa hal yang jadi bukti kalau sosok 31 tahun adalah pesepakbola yang kepedulian sosial tinggi. Jauh sebelum beberapa hal tadi, Ronaldo juga sempat ulurkan bantuannya untuk korban Tsunami Aceh 2006 dengan mengangkat Martinus menjadi anak angkat.