Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990. Barangkali, novel remaja itu adalah salah satu yang paling dipuja banyak remaja. Ya, gimana nggak? Kisahnya yang khas dunia abege hingga karakter Dilan yang bikin banyak orang jatuh cinta. Dia bukan lelaki sempurna, bahkan cenderung banyak bikin masalah. Tapi justru para pembaca dibuat jatuh cinta padanya. Karena apa? Tentu saja karena dialog-dialog yang selalu sukses melelehkan hati orang.

Berita bagusnya, film Dilan 1990 bentar lagi bakal rilis. Gombalan-gombalan Dilan yang nggak receh itu bakal divisualisasikan. Pasti jadi kabar gembira buat para penggemar Dilan. Tapi nggak sepenuhnya benar sih. Sebab, sejak trailernya banyak bertebaran di sosial media, justru bikin geger dunia maya. Kenapa? Hal itu nggak jauh dari pemeran Dilan yang dianggap nggak cocok. Terlepas dari pro dan kontra, mending tengok beberapa fakta tentang film Dilan 1990 ini.

Dilan dan Milea adalah kisah nyata

Novel Dilan [image source]
Kalau kamu penggemar kisah cinta Dilan dan Milea, pasti kalian bakal tersihir bahkan klepek-klepek dengan keromantisan ala tahun 1990-an itu. Jangan heran jika kisah itu sampai jadi novel best seller, sampai-sampai dijadikan film pula. Namun ternyata, novel itu bukanlah sebatas karya fiksi yang diciptakan oleh sang penulis, Pidi Baiq. Makanya, cerita yang tertuang dalam buku tersebut sangat alami dan nggak begitu dramatis, meski tetap aja romantis. Semua sih pasti berharap kalau filmnya nggak merusak ekspektasi.

Artikel Lainnya
Smartphone Dimatikan Setiap Hari Supaya Awet, Mitos atau Fakta?
Sup Darah Sampai Ikan Busuk, 5 Makanan ‘Menjijikkan’ Ini Digemari di Thailand

Bakal tanyang di tahun 2018

Dilan dan Milea [image source]
Meski belum masuk pertengahan Desember, nyatanya trailer film Dilan 1990 sudah banyak disebar sebagai upaya promo film bertemakan remaja ini. Tapi ternyata, film ini baru akan tayang di tahun 2018 mendatang, tepatnya tanggal 25 Januari. Meski banyak yang kontra setelah menyaksikan trailernya, tapi banyak juga yang nggak sabar nonton filmnya. Kira-kira, kalian pengin nonton juga nggak?

Diperankan oleh Iqbal, yang dianggap terlalu imut

Iqbaal [image source]
Kenal Iqbal? Yuph, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan sudah banyak dikenal sejak usianya masih anak-anak. Dulunya, doi member boyband Coboy Junior. Iqbaal dengan tampangnya yang ganteng itu memang paling populer. Nggak heran kalau karirnya terus menanjak, hingga banyak ditawari untuk bermain film. Hingga akhirnya, Iqbal ditunjuk sebagai pemeran Dilan. Sejak awal aktor satu ini dipilih, banyak neizen yang kurang setuju. Dan puncaknya, ketika trailer filmnya disebar. Banyak yang mengatakan jika wajah Iqbaal terlalu imut untuk membawakan sosok Dilan, Si Panglima Tempur. Yah, siapa tahu setelah melihat filmnya secara penuh, netizen bakal berubah pikiran.

Pro kontra netizen

Dilan 1990 [image source]
Bagi mereka yang udah baca novelnya, bahkan udah jadi fans Dilan garis keras, kebanyakan memang nggak terima kalau sosok Dilan diperankan oleh Iqbaal yang selama ini dikenal kalem. Banyak juga yang berpendapat jika dialog-dialog indah dalam novel terasa lempeng saat diucapkan oleh Iqbaal. Yah, namanya juga netizen, mereka berkomentar apa yang ada di benak mereka. Tapi yang jelas, tiap orang punya pandangan yang berbeda. Sebab, banyak pula netizen yang mengatakan jika trailer Dilan 1990 tetap saja bikin leleh.

Menghapus beberapa adegan penting dalam novel

Pidi Baiq [image source]
Sejak kabar kalau novel karya Pidi Baiq ini bakal difilmkan, banyak sekali netizen yang mewanti-wanti sang sutradara agar film tersebut harus mengambarkan keseluruhan isi novel. Sayangnya, hal itu ternyata nggak bakal terjadi. Menurut Fajar Bustami, ada beberapa adegan yang terpaksa dikorbankan demi kepentingan durasi. Sang sutradara sendiri juga mengaku sedih karena harus mengerucutkan isi buku Dilan, namun dipastikan bahwa film tersebut akan menggambarkan sebagian besar dari novelnya.

Itulah beberapa fakta tentang film Dilan 1990. Meski banyak pro dan kontra, diharapkan jadi film remaja tersukses. Mengingat, film ini juga berasal dari novel paling beken di kalangan remaja. Yah, kita doakan saja, semoga Iqbaal sukses memegang peran Dilan yang jadi pujaan remaja se-Indonesia.