Kepopuleran Avengers: Endgame masih hangat sampai hari ini. Buktinya, hampir semua bioskop masih dipenuhi penonton yang ingin menyaksikan film garapan Russo bersaudara ini. Ditambah dengan adanya tagar #ThankYouAvengers yang membuat film ini jadi semakin menarik perhatian orang yang belum sempat menontonnya.

Tapi, di balik semaraknya film ini, ada saja yang bikin gaduh. Siapa lagi kalau bukan oknum-oknum yang menyebarkan spoiler film ini. Entah ingin pamer kalau sudah menonton atau sekedar iseng belaka. Namun yang jelas, siapapun penyebar bocoran film tersebut, bakal terkena beberapa ‘azab’ berikut.

Dihajar habis-habisan oleh calon penonton lainnya

Mungkin banyak dari kalian yang menganggap hal ini cuma bercandaan. Eits, tapi jangan salah ya gengs, hal seperti ini memang benar-benar terjadi. Seperti yang dialami pria asal Hong Kong, di mana dirinya babak belur karena dihantam oleh calon penonton film Avengers: Endgame.

Pria dipukuli karena spoiler [Sumber Gambar]
Ya jelas saja, karena memang dirinya berkoar-koar menceritakan akhir dari film tersebut kepada calon penonton yang sedang mengantre tiket. Akhirnya, para calon penonton yang tidak terima pun langsung menghajarnya tanpa basa basi. Untung saja, pria yang tak disebutkan identitasnya itu berhasil diselamatkan oleh pihak keamanan bioskop.

Jadi memperbanyak musuh di media sosial mau pun dunia nyata

Selain kena hajar, siapapun yang berani menyebarkan spoiler akan dimusuhi oleh banyak orang. Baik di media sosial atau di dunia nyata sekalipun. Bayangkan kalau kalian yang ada di posisi tersebut, pasti bakal enggak bisa tidur karena sudah banyak orang yang tak respect kepadamu.

Memperbanyak musuh [Sumber Gambar]
Mungkin ini cukup berlebihan bagi beberapa orang lantaran hanya masalah film, semua jadi kacau. Tapi, ini bisa saja terjadi Sahabat Boombastis lantaran orang-orang jadi tidak ada rasa penasaran untuk menonton filmnya. Selain itu, penantian selama 10 tahun jadi sia-sia karena sudah ada yang membocorkannya.

Auto di-unfollow di media sosial

Mengunggah cuplikan film di media sosial biar dianggap keren, itu salah besar gengs. Pasalnya, perbuatan kalian bisa membuat kawan di media sosial jadi muak dengan kelakuanmu. Akibatnya, teman di jejaring sosial kalian bakal berkurang karena banyak yang unfollow.

Unfollow di medsos [Sumber Gambar]
Ya kalian harus terima, karena menyebarkan cuplikan film meskipun dalam bentuk foto itu sudah termasuk spoiler lho. Jadi, jangan coba-coba untuk melakukannya deh kalau enggak mau teman di jejaring sosialmu berkurang.

Banyak doa-doa jelek yang dikirimkan untukmu

Dampak yang akan diterima si penyebar spoiler lainnya yaitu dikirimkan doa oleh para calon penonton. Namun, doa buruk yang akan dilontarkan pada kalian. Sebab mereka sudah terlanjur kesyel dengan perbuatan kalian yang seolah-olah bercerita tanpa dosa.

Didoakan jelek oleh orang lain [Sumber Gambar]
Padahal, kalian tidak tahu kan bagaimana perjuangan orang-orang tersebut untuk menonton Avengers:Endgame yang paling ditunggu-tunggu ini. Mungkin ada yang begadang untuk menunggu pre sale atau bahkan masih berusaha mendapatkan tiket sampai hari ini. Ayo dong mikir para penyebar spoiler

Hukuman pidana yang bisa datang kapan saja

Apabila menurut kalian dampak di atas terlalu ringan, mungkin ini bisa menyadarkan. Di mana orang-orang yang hobi spoiler film, bisa terkena hukuman pidana. Aturan ini pernah diunggah oleh Joko Anwar selaku sutradara dari film Pengabdi Setan nih di akun twitter pribadinya.

Di sana tertulis kalau ada yang berani merekam atau memotret cuplikan film di bioskop akan terkena UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Selain itu ada lagi UU ITE Nomor 11 Tahun 2008. Tak main-main, yang melanggar UU ini bisa terancam hukuman 10 tahun penjara dan atau denda Rp 4 miliar lho!

BACA JUGA : Lagi Tren Avengers:Endgame, Beginilah Tingkah Laku Koplak dari Para Penontonnya

Terkadang setelah menonton film yang sedang hype, pasti ada rasa untuk pamer ke media sosial. Sebenarnya sih boleh saja, asalkan tidak menceritakan secara detail atau mengunggah cuplikan filmnya. Sebab, itu sudah termasuk ke dalam kategori pembajakan. Maka dari itu, yuk deh lebih dewasa setelah menonton film. Hindari menyebarkan spoiler baik melalui media sosial atau pun dari mulut sendiri.