in

5 Hal Ini Buktikan Agus Harimurti Yudhoyono Miliki Kemiripan dengan sosok SBY

Keputusan seorang Agus Harimurti Yudhoyono untuk terjun ke dunia politik, sempat membuat namanya menjadi bahan pembicaraan oleh berbagai kalangan. Mengingat, hal tersebut mengharuskan dirinya meninggalkan jabatan di dunia militer. Dilansir dari cnnindonesia.com, hal tersebut dilakukannya sebagai tindak lanjut pengusungan nama Agus sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Meski akhirnya tak terpilih, toh sosok Agus ternyata memiliki kemiripan dengan figur mantan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan ayah kandungnya. Sama-sama pernah berdinas di kemiliteran dan terjun ke dunia politik, hal ini merupakan kesamaan antara dirinya dan figur besar SBY.

Sama-sama lulusan terbaik di Akademi Militer Magelang

Sama-sama lulusan terbaik Akademi Militer [sumber gambar]
Sebagai sosok yang cerdas, AHY yang merupakan alumni Akademi Militer angkatan tahun 2000, merupakan lulusan terbaik pada saat itu. Dilansir dari id.wikipedia.org, ia dianugerahi Tri Sakti Wiratama dan Adhi Makayasa. Sama seperti SBY yang juga alumni Akademi Militer (dulu Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) angkatan 1973, ia juga meraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama. Di mana penghargaan yang disebut terakhir merupakan prestasi tertinggi gabungan mental, fisik, dan kecerdasan intelektual.

Berdinas di satuan TNI Angkatan Darat

Berkarir sebagai perwira di Angkatan Darat [sumber gambar]

Selepas lulus dari Akademi Militer, baik Agus maupun SBY sama-sama ditugaskan pada matra darat. Laman id.wikipedia.org menuliskan, SBY mengawali kariernya sebagai Dan Tonpan Yonif Linud 330 Kostrad (1974-1976) hingga meraih posisi sebagai Jenderal yang menempati jabatan Kepala Staf Teritorial (Kaster ABRI (1998-1999). Senada dengan sang ayah, Agus juga mengawali Perwira Pertama Pusat Kesenjataan Infanteri (2000) dan berkarir hingga berpangkat Mayor. Di jabatan terakhirnya, Agus ditugaskan sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning (2015)

Keduanya merupakan sosok yang cerdas dan alumni perguruan tinggi bergengsi

 

Selain kariernya yang cemerlang di kedinasan militer, baik Agus dan SBY ternyata juga dikenal memiliki kecerdasan dan intelektualitas yang tinggi. Seprti yang dikuti dari id.wikipedia.org, SBY pernah belajar ke US Command and General Staff College (Fort Leavenwort) Kansas Amerika Serikat pada tahun 1991. Untuk Agus sendiri, ia juga ditugaskan ke Amerika Serikat untuk mengikuti pendidikan Sekolah Lanjutan Perwira di Fort Benning dan bahkan mendapatkan predikat sebagai lulusan terbaik.

Pernah bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB

Pernah betugas sebagai pasukan PBB [sumber gambar]
Tak hanya berprestasi di dalam negeri, kecerdasan dan karier kemiliteran Agus dan SBY yang bagus juga membuat kedunya dipercaya sebagai anggota pasukan keamanan dunia. Laman id.wikipedia.org menuliskan, SBY sempat menjabat sebagai Chief Military Observer United Nation Peace Forces (UNPF) di Bosnia-Herzegovina (1995-1996). Sementara itu, Agus sang anak juga ditunjuk menjadi Kepala Seksi Operasi Batalyon Infanteri Mekanis Kontingen Garuda XXIII-A (2006).

Mantan militer yang memilih terjun ke dunia politik

Terjun di dunia politik dalam satu partai yang sama [sumber gambar]
Setelah tak lagi berdinas di kemiliteran, SBY lantas memilih untuk terjun ke dunia politik. Dilansir dari id.wikipedia.org, ia sempat menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi (sejak 26 Oktober 1999), Menteri Koordinator Politik Sosial Keamanan dan Menteri Koordinator Politik Dan Keamanan hingga menjadi Presiden ke-6 RI selama dua periode. Untuk Agus yang juga telah resmi mengundurkan diri dari dunia militer, ia terjun ke dunai politik dengan mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

BACA JUGA: 5 Kehebatan Presiden SBY yang Mungkin Tidak Dimiliki Pemimpin Indonesia Lainnya

Banyak dari beberapa pihak yang menyayangkan keputusan AHY untuk pensiun dini dari kemiliteran. Termasuk penulis sendiri. Meski demikian, hal tersebut tentu telah dipertimbangkan secara baik-baik dan seksama. Terbukti, AHY kini sukses di dunia politik dengan menjadi komandan Kogasma Partai Demokrat.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Indonesia Darurat Jembatan, Keranda Dihanyutkan Hingga Ibu Hamil Lawan Arus Deras Sungai

Irish Bella-Ammar Zoni Tunangan, Ini 4 Lelaki yang Bikin Dirinya Disebut Orang Ketiga