Setelah dunia lawak dikejutkan dengan Nunung yang tersandung kasus narkoba, kini kita kembali terhenyak dengan berita duka. Agung Hercules, pria yang dikenal dengan otot kekar, barbel dan rambut panjangnya itu akhirnya harus menyerah karena kanker otak yang menggerogotinya.

Agung tutup usia pada tanggal 1 Agustus 2019 jam 16.00 WIB. Kabar terakhir sebelum kepergiannya, Agung Hercules sudah sempat menjalani 3 kali operasi di kepala, seperti yang dituturkan oleh istrinya, Mira Rahayu. Hal ini dikarenakan ada tumor yang menyerang bagian kiri otak Agung.

Operasi ini merupakan bentuk ikhtiar yang rencananya akan disusul dengan terapi, kemo dan radiasi. Namun, rupanya Tuhan lebih menyayangi Agung Hercules dengan mengangkat rasa sakit tersebut. Agung meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya.

Bahkan sebenarnya channel Youtube Agung Hercules TV masih menampilkan harapan almarhum untuk bisa kembali beraktivitas seperti dulu. “Aku enggak boleh (menunjukkan gaya barbelan). Aku ingin Agung yang seperti ini,” ujarnya.

Dalam video yang didampingi istrinya tersebut, memang tampak perubahan yang signifikan. Karena tubuhnya nampak lebih kecil dari sebelumnya. Beberapa kemunduran lain yang dialami oleh Agung Hercules adalah dirinya yang mulai kesulitan bicara.

“Tiba-tiba Mas Agung kesusahan dalam hal menyampaikan kata-kata. Sudah disusun rapi (kalimatnya), tapi begitu diucapkan ada yang salah, keserimpet. Biasanya omongnya cerewet, tiba-tiba kepotong-potong,” tukas Mira.

Kabar meninggalnya Agung Hercules juga menjadi duka mendalam di kalangan banyak orang yang mengenalnya. Baik itu teman-teman sesama artis, selebgram hingga selebtwit. Agung Hercules memang tidak dikenal secara signifikan sebagai komedian, aktor, atau penyanyi. Tapi yang jelas, sosoknya sangat ikonik di jagad hiburan.

Almarhum merupakan sosok yang pernah mengisi peran sebagai Milky Man di Saras 008. Kendati tak melejit lewat aktingnya, pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini malah populer sejak menyanyikan lagu berjudul ‘Astuti’ dengan tubuh dempal dan rambut gondrong yang khas.

Sejak saat itu, Agung Hercules kerap ditawari untuk tampil sebagai pengisi acara talkshow maupun komedi seperti Sketsa. Suami Mira Rahayu ini juga sempat menyicipi akting di layar lebar. Di antaranya Comic 8 dan Test Pack: You’re My Baby. Sayangnya belakangan wajah Agung tak muncul di layar kaca. Rupanya ia tengah bergelut melawan kanker otak stadium 4.

Dalam riwayat keartisannya, Agung Hercules memang cukup sensasional dengan gaya yang unik. Namun, ia bukanlah sosok yang gemar mencari sensasi. Malahan ia dikenal sebagai orang yang humoris dan humble. Kini, kita bakal kangen banget dengan action barbel melayangnya. Selamat jalan Agung Hercules, terima kasih telah menghibur kami dengan aksi penuh gelak tawa di layar kaca.