Setelah keberadaan Esemka yang tak kunjung tampil di khalayak ramai, kini muncul sebuah kendaraan listrik bernama Aglis di Kota Solo. Dilansir dari otomotif.tempo.co, benda otomotif tersebut merupakan motor listrik yang mempunyai tiga roda. Menariknya, kendaraan tersebut juga dilengkapi fasilitas yang lebih dari sekedar motor biasa.

Mengusung konsep motor tertutup, Aglis akan diberi fasilitas seperti layaknya sebuah mobil. Tentu saja, Hal ini cukup menarik perhatian khalayak. Keberadaan Aglis yang menggunakan tenaga listrik, tentu menjadi bukti bahwa bangsa ini juga telah siap dengan teknologi modern yang ramah lingkungan. Seperti apa bentuknya? Simak ulasan berikut.

Motor listrik yang dengan fasilitas layaknya mobil

Aglis difasilitasi layaknya mobil [sumber gambar]
Aglis yang merupakan hasil produksi dari PT Prosan Alam Hijau bersama Solo Teknopark itu, dikategorikan sebagai motor dengan tenaga listrik. Dilansir dari otomotif.tempo.co, kendaraan itu dilengkapi fasilitas layaknya mobil. Seperti kabin yang tertutup rapat, panel speedometer pada dashboard depan, dan sebuah wiper terpasang di depan untuk menyeka air saat hujan.

Menggunakan komponen yang didatangkan dari China

Komponen Aglis masih didatangkan dari China [sumber gambar]
Meski dibuat di indonesia, komponen Aglis ternyata masih didatangkan dari China. Menurut sumber dari otomotif.tempo.co, pihak lokal sementara masih dalam tahap perakitan. Nmun, hal tersebut nantinya tidak sepenuhnya terus menerus bergantung pada pasokan dari China. Produsen Aglis juga telah mempersiapkan diri untuk bisa memproduksi sebagian komponen secara mandiri.

Dibekali dengan teknologi yang ramah lingkungan

Perakitan Aglis oleh teknisi [sumber gambar]
Menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya, Aglis bakal menjadi produk otomotif yang bisa dibilang ramah lingkungan. Dilansir dari otomotif.tempo.co, kendaraan tersebut menggunakan baterai jenis lead acid yang berkapasitas 45 ampere dan tegangan 60 volt. Saat dikendarai, pengisiannya memakan waktu hingga delapan jam untuk bisa penuh dan sanggup dipacu sejauh 60-80 kilometer. Selain itu, Aglis memiliki kapasitas tiga orang untuk seorang pengemudi dan dua penumpang di kursi belakang plus kemudi layaknya stang sepeda motor.

Dilepas dengan harga yang wajar

Mobil listrik yang bakal segera diluncurkan [sumber gambar]
Meski belum ada wacana, nantinya Aglis akan dijual di kisaran harga Rp 45 juta kepada konsumen. Sumber dari otomotif.tempo.co menyebutkan, perusahaan yang merancang kendaraan listrik tersebut masih berfokus ke tahap produksinya. Jika telah dijual ke pasaran, masyarakat tentu akan memiliki pilihan untuk beralih kepada moda transportasi yang ramah lingkungan seperti Aglis.

Menjadi pembuktian kemajuan teknologi kendaraan listrik Indonesia

Tonggak kebangkitan kendaraan listrik Indonesia [sumber gambar]
Meski belum dilepas ke pasaran, keberadaan Aglis membuktikan bahwa Indonesia telah siap untuk menyambut era kendaraan bertenaga listrik. Selain memiliki masa depan yang cerah, teknologi tersebut juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus secara perlahan menggantikan kendaraan bermotor yang berbahan bakar timbal (minyak)

Baca Juga : 5 Fakta Gesit, Motor Listrik Murah Berteknologi Tinggi Buatan Indonesia

Diharapkan, keberadaan Aglis bisa menjadi tonggak bagi kemajuan otomotif Indonesia. Terutama di bidang kendaraan listrik. Selain itu, konsep ramah lingkungan yang ditawarkan juga memiliki banyak potensi, seperti mengurangi polusi, menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil dan menghemat penggeluaran. Semoga saja ya Sahabat Boombastis.