Selain dikenal sebagi artis tanah air sekaligus saudara dari penyanyi Vidi Aldiano, Vadi Akbar ternyata juga memiliki bakal dibidang rancang bangun mobil listrik. Dilansir dari liputan6.com, dirinya bersama sang ayah, Harry Kiss, tengah mengembangkan sebuah kendaraan non-bensin yang canggih dan futuristis.

Kendaraan roda empat yang dilabeli nama V8 Vadi (Vehicle Autoelectric Drive Indonesia) itu, sempat dilirik dan dites oleh personel militer dari TNI AL. Bahkan, mobil tersebut rencananya bakal dikembangkan menjadi kendaraan patroli militer dan difungsikan untuk kebutuhan tempur. Wah, keren ya Sahabat Boombastis. Seperti apa sosok dan kecanggihan V8-Vadi?

V8-VADI yang lahir dari proyek kerjasama

V8-VADI lahir berkat kerjasama antara Vadi Akbar, Harry Kiss dan Itenas Bandung [sumber gambar]
Dalam proses pembuatannya, V8-VADI merupakan hasil rancang bangun dari perusahaan audio system, V8 yang bekerjasama dengan Itenas Bandung. Dilansir dari liputan6.com, Vadi Akbar yang juga seorang artis ini, bekerjasama dengan sang ayah, Harry Kiss untuk membangun mobil listrik tersebut. Dirinya juga mengatakan, kendaraan buatannya masih perlu diteliti secara cermat. “Mobil ini masih perlu penelitian yang lebih mendalam dalam pengembangan software, remote control dan baterai management system-nya,” kata Vadi Akbar

Kecanggihan teknologi mobil listrik futuristis yang disematkan pada V8-VADI

V8-VADI miliki sejumlah teknologi canggih [sumber gambar]
Karena menggunakan tenaga listrik, V8-VADI dijejali sejumlah teknologi yang mendukung performanya. Sumber dari liputan6.com menuliskan, mobil tersebut dibekali kapasitas baterai 72 volt yang mampu bertahan hingga 6 jam sekali isi. Selain itu, akselarasinya juga mencapai 120km/jam. Bahkan, hanya membutuhkan waktu di bawah 7 detik untuk melihat speedometer mencapai kecepatan 100km/jam. Tak salah bila satuan militer seperti TNI AL tertarik dengan sosoknya.

Telah diujicoba oleh satuan TNI AL

V8-VADI telah diujicoba oleh satuan Marinir TNI-AL [sumber gambar]
Keberadaan V8-VADI yang juga diluncurkan bertepatan dengan perayaan HUT Korps Marinir, turut membetot perhatian dari para petinggi satuan tersebut. Dilansir dari liputan6.com, mobil listrik itu telah diuji coba oleh para personel militer dari korps Marinir. Terlebih, TNI AL saat ini tengah menjajaki penggunaan mobil listrik untuk kebutuhan patroli dan tempurnya.

Dilirik oleh Polri dan dikembangkan dengan spesifikasi khusus

Keberadaan V8-VADI juga menjadi daya tarik bagi Polri [sumber gambar]
Tak hanya Marinir TNI AL, V8-VADI juga menarik minat dari Polri. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan patroli mereka. Dilansir dari liputan6.com, mobil tersebut akan melalui tahap pengembangan yang diberi nama V8-SSX atau Mobil Sergap Senyap Experimen. Selain digunakan untuk patroli, kendaraan ini bakal melaju tanpa suara dengan kecepatan yang disesuaikan dan dilengkapi mekanisme pneumatic pembobol dinding untuk menyerbu teroris tanpa diketahui.

Bukti semakin berkembangnya mobil listrik di indonesia

Menjadi bukti kehebatan Indonesia pada teknologi mobil listrik [sumber gambar]
Vadi Akbar yang bekerjasama dengan sang ayah dan Itenas Bandung untuk menciptakan mobil listrik, menjadi sebuah prestasi sekaligus kebanggaan tersendiri. Hal ini mencerminkan adanya geliat kemajuan teknologi di Indonesia. Bahwa bangsa ini, telah serius untuk mensejajarkan diri dalam bidang sains dengan negara maju di dunia. Tentunya lewat V8-VADI dan mobil listrik lokal lainnya.

Baca Juga : 5 Fakta Gesit, Motor Listrik Murah Berteknologi Tinggi Buatan Indonesia

Keberadaan V8-VADI, menjadi bukti bahwa Indonesia telah berancang-ancang menggunakan teknologi listrik pada transportasinya seperti negara maju dunia. Meski belum mengaspal secara resmi, bukan hal yang mustahil mobil tersebut akan segera meluncur di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Tentunya dengan inovasi serta pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Semoga saja ya Sahabat Boombastis.