in

Mengenal Angkasa Nauli, Agama yang Dipercaya Bisa Berbicara dengan Para Roh Halus

Isu tentang adanya agama baru, orang yang mengaku Nabi, malaikat bahkan Tuhan memang bukan hal baru. Dari dulu sudah banyak sekali bermunculan sosok yang mendeklarasikan dirinya dengan ajaran-ajaran yang kadang suka tidak bisa diterima akal sehat. Jika mengaku nabi sudah terlalu mainstream, bagaimana jika ada yang menobatkan dirinya sebagai Tuhan?

Ya, sosok yang sempat menjadi perbincangan pada awal tahun 2017 ini membawa agama yang disebut sebagai Angkasa Nauli. Meskipun awalnya ditentang, agama yang baru berdiri sekitar 5 tahun ini sudah memiliki lumayan banyak pengikut. Kira-kira bagaimana ajaran dan cerita dari penggagasnya ya? Yuk, kenali lebih dalam di uraian berikut.

Dipelopori oleh dosen Universitas Mataram

Sabar Nababan [Sumber gambar]
Sebelum lebih dalam mengenal Agama Angkasa Nauli (AAN) ini, mari kita bahas sosok pendirinya terlebih dahulu. Adalah Sabar Nababan, sosok yang menjadi pusat perhatian setelah ia mengunggah satu demi satu masalah ketuhanannya di akun facebook @Sabar Nababan. Jelas saja, kalau tak sedikit hujatan yang ia terima. Sabar adalah seorang dosen fakultas Teknik di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Walaupun mendidik mahasiswa, ia tak pernah membicarakan soal agama baru yang ia anut ini, para mahasiswanya mengetahui hal tersebut dari pemberitaan media dan facebook. Hanya saja, beberapa kali ia mengungkapkan ke sesama dosen jika ia diberi amanah untuk menjadi Tuhan.

Kisah kehidupan sang pendiri Agama Angkasa Nauli

Sabar adalah penderita Skizofrenia [Sumber gambar]

Ada satu kejanggalan yang membuat orang-orang agak maklum dengan kondisi Sabar yang menyebut dirinya Tuhan. Menurut pengakuan salah satu mahasiswanya, Sabar diketahui mengidap Skizofrenia, yaitu kondisi di mana seseorang bisa saja mengalami delusi dan halusinasi tentang sesuatu, berbicara dengan hal gaib dan sebagainya. Selama menempuh studi masternya di Thailand, Sabar juga dipulangkan karena sakit, ia bahkan beberapa kali mencoba lanjut studi doktoral, namun tak pernah lulus karena penyakitnya kambuh. Hal tersebut pula pernah membuat ia mendekam di Rumah Sakit Jiwa. Namun, alih-alih tersinggung, Sabar dengan tegas menyatakan bahwa ia waras dan tidak gila.

Bisa berbicara dengan makhluk halus

Diutus menjadi tuhan [Sumber gambar]
Pendeklarasian di mana Sabar diangkat sebagai Tuhan adalah tahun 2012 katanya. Ia mendapat kepercayaan untuk memimpin umat manusia dan keluar dari agama Kristen yang ia anut sebelumnya. Sabar menuturkan salah satu latar belakang berdirinya agama ini adalah karena ia bisa berbicara dengan para roh, termasuk roh kudus, nabi Muhammad, Tuhan Allah penganut Kristen, Yesus, serta Tuhan Johawa (Tuhan Agama Angkasa Nauli). Perbincangan ini juga tidak seperti bercakap dengan manusia, tetapi melalui hati, sehingga ia tidak perlu komat-kamit.

Ajaran penting dan kitab suci Agama Angkasa Nauli

Visi Misi Agama Angkasa Nauli [Sumber gambar]
Sabar mengatakan jika ia sedang menulis kitab suci untuk agama baru ini, Kitab Kebenaran. Dalam praktiknya, ada beberapa pokok ajaran agama ini, yaitu jujur dan bertaubat secara sempurna. Dalam artian, setiap pengikutnya harus mematuhi perintah tuhan dan menjauhi segala larangannya. Ajaran lain adalah tentang sakralnya sebuah pernikahan. Dalam agama AAN, dianjurkan untuk menikah dengan orang yang kamu cintai, dan mencintai orang yang sudah dinikahi. Pernikahn tersebut lebih baiknya pernikahan satu agama. Dosen yang mengaku Tuhan ini juga menyebutkan bahwa, dalam agama tersebut diperbolehkan untuk meminum minuman keras asal kadar alkoholnya tidak memabukkan.

Tanggapan orang-orang terhadap Agama Angkasa Nauli

Banyak dibully netizen [Sumber gambar]
Sabar pernah mengkaji sebuah buku berjudul ‘Bicara dengan Tuhan, Nabi dan arwah’, yang membahas tentang adanya ajaran agama Kristen yang harus diganti. Karena hal tersebut pula ia sempat berdebat dengan beberapa pendeta. Meskipun telah memiliki segelintir pengikut, ia tetap saja dihujat dan dijadikan bahan olok-olok netizen. Tak jarang di kolom komentar facebooknya, warganet meninggalkan komentar kasar. Mungkin, semua yang ia lakukan termaafkan karena riwayat penyakit yang ia derita.

Hingga saat ini, jika dilihat dari postingan-postingan yang ada di akun facebooknya, Sabar Nababan masih terus mempublikasikan ajaran agama yang ia bawa. Bahkan, ia berencana untuk mengajukan surat kepada kementerian agama untuk melegalkan agama ini. Bagaimana nih komentarnya Saboom semua?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Peringatkan Seorang Nenek Demensia di Transjakarta, Sah atau Ganggu Privasi Orang Lain?

Intip 4 Jurus Jitu untuk Mengubah Kuota Chat atau Video Menjadi Pulsa Internet Utama