in

Intip 4 Jurus Jitu untuk Mengubah Kuota Chat atau Video Menjadi Pulsa Internet Utama

Internet yang sudah jadi kebutuhan pokok bagi beberapa orang, membuat operator berpikir keras nih untuk membuat kebijakan baru. Tapi, aturan terbaru itu kebanyakan membuat si pelanggan jadi merasa rugi. Ya, bagaimana tidak Saboom? Hampir semua operator menerapkan kuota yang terbagi-bagi. Contohnya kuota browsing, video dan chat tidak digabung menjadi satu.

Kalau kuota dibagi seperti itu, pasti ada pulsa yang tak terpakai seperti untuk menonton video. Alhasil pulsa lama-lama akan menumpuk dan membuat kita tak tahu harus bagaimana cara menghabiskannya. Nah, berbicara tentang kuota yang tidak terpakai tersebut ada suatu trik untuk menyiasatinya. Jadi paket data yang berasal dari video atau chat bisa dijadikan kuota internet biasa lho. Penasaran kan? Dilihat yuk bagaimana cara-caranya.

Menggunakan aplikasi sekaligus website dari Shadowsocks

Untuk cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi sekaligus website bernama Shadowsocks. Tapi ada hal yang harus diperhatikan dulu sebelum mengubah kuota chat dengan cara ini. Yakni kuota utama untuk internetan harus habis terlebih dahulu Saboom. Supaya menghindari pulsa atau kuota tersedot habis. Kalau sudah, berarti kalian siap nih untuk melakukan trik rahasia ini.

Menggunakan aplikasi Shadowsocks [Sumber Gambar]
Hal yang pertama dilakukan adalah masuk ke dalam website yang bernama Shadowsocks.org via mesin pencarian dan langsung buat akunnya. Selanjutnya download dan jalankan aplikasi shadowsocks pada smartphone kemudian buka lagi website tadi yang sudah dibuka. Ambil data-datanya yang ada pada website Shadowsocks. Jika sudah, klik tanda (+) pada aplikasi, lalu scan Code QR pada website Shadowsocks. Nah, kalau semuanya sudah dilakukan, maka jalankan aplikasi. Hasilnya, kuota video atau chat kalian sudah  menjadi pulsa internet biasa.

Memakai aplikasi KPN Tunnel yang harus membuat akun SSH terlebih dahulu

Ada lagi cara kedua supaya kuota chat dan video enggak terbuang sia-sia yaitu dengan menggunakan aplikasi KPN Tunnel. Metode ini adalah yang paling baru di antara lainnya Saboom, jadi masih belum banyak orang tahu. Boleh sekali untuk kalian coba, hitung-hitung bisa pamer ke semua teman-teman. Namun, sebelum melakukan hal ini ada syarat yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama wajib mengunduh aplikasi KPN Tunnel Revolution di Google Play Store. Lalu download juga Config KPN Tunnel sebagai pelengkapnya. Kemudian buatlah akun SSH di fastssh.com supaya lebih mudah dan cepat. Selanjutnya yang terakhir adalah kuota utama harus habis dan pastikan pulsa video atau chat masih tersedia.

Menggunakan KPN Tunnel Revolution [Sumber Gambar]

Kalau sudah lengkap semuanya, marilah kita mulai. Pertama-tama jalankan aplikasi KPN Tunnel Revolution dan klik titik tiga di sebelah pojok kanan atas. Kemudian pilih menu Config lalu import Config KPN Tunnel untuk kuota chat/video yang sudah kita download tadi. Setelah itu masuk ke pengaturan SSH dan centang tulisan SSH tunnel. Lalu ubah instansi SSL ke opsi SSL. Kemudian masuk ke opsi SSH Tunnel dan masukkan akun yang sudah dibuat tadi di fastssh.com. Jika sudah selesai, kembali ke menu utama dan tekan tombol mulai/connect. Tunggu hingga ada notifikasi SSH Tunnel terhubung di status bar ya.

Bisa juga menggunakan aplikasi AnonyTune yang paling sederhana dan mudah

Trik yang ketiga ini menurut saya paling sederhana Saboom karena tak perlu membuat akun SSH. Cukup menggunakan satu aplikasi saja, si kuota video dan chat akan langsung berpindah menjadi pulsa internet biasa. Syaratnya hanya satu saja kok, yaitu harus memastikan dulu nih kalau pulsa internet utama sudah benar-benar habis. Kemudian jangan lupa kuota video atau chat harus tersedia dan belum habis masa berlakunya.

Menggunakan aplikasi AnonyTune [Sumber Gambar]
Nah, jika sudah langsung saja download dan jalankan aplikasi AnonyTune. Lalu klik bagian titik tiga di sebelah pojok kanan atas dan pilih Ajustes VPN. Selanjutnya aktifkan compress packets ON/OFF dan nomor MTU Size diganti menjadi 1500 kemudian klik tombol Save. Nah, lalu kembali lagi ke menu awal aplikasi dan pilih Config VPN. Setelah masuk ke menu tersebut, pilih menu Protocol dan klik SSL. Di bagian Puerto diisi dengan angka 443. Kalau sudah, geser ke bawah dan aktifkan Ajustes Avansasos SSL dan klik editar SSL. Kemudian akan muncul menu Advanced SSL Setting dan jangan lupa untuk mencentang semuanya. Sedangkan pada bagian host diisi play.hooq.tv dan port ditulis 80, lalu klik OK dan Save. Semua step sudah selesai nih Saboom, tinggal klik tombol hubungkan yang ada di tengah aplikasi. Jika tahapnya berhasil, maka akan ada icon kunci pada bagian status bar.

Pakai aplikasi Psiphon yang juga tak kalah mudah

Untuk cara lain yang juga sangat mudah untuk diterapkan adalah menggunakan aplikasi bernama Psiphon. Ia juga hanya perlu untuk mengatur jaringan dari kartu SIM dan menjalankan aplikasinya saja. Syaratnya juga sama kok dengan metode yang sebelumnya yaitu harus ada kuota video dan chat kemudian pulsa internet utama juga wajib dalam keadaan kosong.

Memakai aplikasi Psiphon [Sumber Gambar]
Untuk pertama kali kita harus mengatur kartu SIMnya dulu Saboom. Caranya masuk ke pengaturan ponsel lalu pilih menu jaringan seluler. Nah, kalau sudah pilih menu Nama Poin Akses (APN) dan klik kartu mana yang digunakan untuk internetan. Setelah itu klik saja bagian GPRS Web dan buat nama APN yang baru. Untuk nama bisa diisi apa saja, kalau bagian APN pilih antara Home/Internet. Kemudian Proxy bisa diisi 31.13.71.3 dan post diketik dengan angka 80. Jika sudah terisi semua, maka pilih simpan dan kembali ke menu sebelumnya. Di sana pasti kalian akan menemukan APN yang sudah dibuat dan pilihlah itu sebagai Nama Poin Akses utama. Lalu, bukalah aplikasi Psiphon dan masuk ke Options kemudian centang bagian Tunnel Whole Device. Terakhir, langsung saja pilih Start untuk mengkoneksikan Psiphonnya. Kalau berhasil, maka akan ada dua icon dari Psiphon di status bar.

Itulah Saboom cara untuk mengubah kuota chat/video ke pulsa internet biasa. Enak kan kuota jadi tidak terbuang dengan sia-sia dan pastinya lebih hemat. Tapi sayangnya tidak semua ponsel kompatibel dengan cara-cara di atas. Mungkin hanya ada satu atau dua metode saja yang bisa diterapkan pada setiap ponsel. Jadi, apa kalian berminat untuk mencoba salah satu metode di atas?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenal Angkasa Nauli, Agama yang Dipercaya Bisa Berbicara dengan Para Roh Halus

Tak Dihargai, Inilah Alasan Ilmuwan Indonesia Berkarir di Luar Negeri Daripada Tanah Air