in

Seperti Inilah Kedahsyatan Pintu Neraka di Turkmenistan yang Apinya Tak Pernah Padam

Adakah dari kamu yang pernah membayangkan rupa sebuah pintu neraka? Jangankan membayangkan, mungkin memikirkannya saja sudah ngeri ya. Kita semua pasti sudah sering dibacakan cerita tentang kehidupan dengan siksaan tanpa ampun neraka yang lengkap dengan siksaan dan apinya yang panas. Kemudian bagaimana jika memang di dunia ada tempat yang disebut pintu neraka?

Bila kita ingin sedikit mengintip, maka Turkmenistan adalah tempatnya. Di sebuah padang pasir bernama Karakum, tersimpan sebuah kawah api yang besarnya menyamai lapangan sepak bola. Api dalam kawah tersebut tak pernah padam sejak hampir 50 tahun terakhir dan penduduk sekitar menyebutnya sebagai Door To Hell atau pintu neraka.

pintu neraka [image source]
Pintu neraka atau yang juga disebut sebagai Darvaza Gas Crater tersebut bukan termasuk lubang vulkanik maupun lubang magma. Menurut banyak orang kawah tersebut adalah kawah buatan yang merupakan hasil kesalahan pengeboran gas pada zaman Soviet. Namun, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan terkait hal tersebut.

Api Turkmenistan tak pernah padam sejak 50 tahun terakhir [image source]
Kalau sekarang, tempat ini sudah menjadi salah satu lokasi wisata di Turkmenistan. Hampir semua wisatawan yang datang  menempatkan kunjungan ke pintu neraka sebagai prioritas karena tempat ini memang yang paling banyak dibicarakan oleh mayoritas orang ketika kita bertanya tentang Turkmenistan.

pintu neraka [image source]
Ada satu penjelasan yang masuk akal terkait keberadaan kawah ini, pada tahun 1971 para pekerja Soviet melakukan pengeboran terlalu dalam dari biasanya. Saat pengeboran tersebut peralatan mereka tidak sengaja mengenai pusat gas besar hingga menyebabkan munculnya lubang yang juga besar dan menenggelamkan semua peralatan pengeboran mereka kecuali satu bagian dari alat bor tersebut yang saat ini masih ada di bibir kawah.

Kawah ini masih menyala di siang hari [image source]
Meskipun demikian, memang sampai saat ini belum ada laporan terkait insiden tersebut. Itulah yang membuat orang-orang belum yakin dengan kebenarannya.

pintu neraka [image source]
Kawah ini memancarkan cahaya dan kehangatan yang cukup kuat saat malam hari yang membuat binatang sekitar tertarik mendekat. Lokasinya sendiri tidak dikelilingi oleh pagar pembatas, jadi semua pengunjung bebas mendekat ke bibir kawah untuk menyaksikan bara api yang menyala-nyala. Menurut cerita memang belum ada seorangpun wisatawan yang jatuh ke dalam kawah, tapi menurut mitos bara api yang tak pernah padam ini pernah menelan seorang korban lokal.

Bagaimana? Tertarik untuk merasakan sensasi panasnya pintu neraka? Kamu bisa mengunjungi Turkmenistan untuk melihat secara langsung keajaiban ini. Setelah pintu neraka, kira-kira ada tidak ya pintu surga?

Written by Faradina

Leave a Reply

Kecantikan 5 Lurah Indonesia Ini Bikin Pria Lupa Cara Kedip

Penduduk dari 7 Negara Ini Sekarang Haram Menginjakkan Kakinya di Amerika