in

Mengenal Sosok Victor Wirawan, dari Bisnis Ikan Cupang hingga Dijuluki Elon Musk-nya RI

Mau berkembang dan terus melakukan inovasi merupakan kunci bagi seseorang yang menekuni profesi sebagai pengusaha. Hal inilah yang rupa-rupanya dilakukan oleh seorang Victor Wirawan. Sejak duduk di bangku SMP, bakatnya bisnisnya mulai terasah dengan berjualan ikan cupang yang kala itu tengah digandrungi.

Seiring perjalanan waktu, beragam tantangan dalam menjalankan sebuah usaha menerpa dirinya. Mulai merasakan pahitnya bangkrut, berganti-ganti jenis bisnis, hingga akhirnya mengembangkan inovasi di bidang energi listrik yang ramah lingkungan. Tak hanya hijau, tapi juga digadang-gadang memiliki harga yang murah meriah. Seperti apa kisahnya? Simak ulasannya berikut ini.

Berawal dari ikan cupang yang mengasah naluri bisnisnya

Perkenalan Victor dengan dunia bisnis berawal saat dirinya memiliki hobi mengadu ikan cupang. Daripada sekedar bermain, ia memiliki ide untuk menjadikannya bisnis. Kala itu Victor masih duduk di bangku SMP. Meski masih berusia belia, ia sukses mengembangbiakkan ikan dan menjual cupang ekspor. Pelan-pelan, naluri bisnisnya mulai terasah.

Victor Wirawan sempat berbisnis ikan cupang sewaktu SMP [sumber gambar]
Dari sana, pemikirannya soal bisnis pun semakin matang. Vicor mulai berani melangkah lebih jauh dengan mengandalkan ide bisnis dan pengalamannya mengelola bisnis. Meski tak memiliki cukup modal, ia tetap percaya diri dan mengikuti keyakinan kata hatinya. “Saya punya ide, saya tawarkan ke pihak yang memiliki uang. Cocok, maka kami berbisnis,” ucap Victor yang dikutip dari Lifestyle.kontan.co.id (27/05/2017).

Sempat merasakan kebangkrutan dan belajar dari pengalaman tersebut

Victor juga sempat merasakan pahitnya mengalami kegagalan dalam berbisnis. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 23 November 1983 itu mengalami kebangkrutan saat menjalankan pabrik rokok selama tiga tahun bersama rekanan bisnisnya. Dari pengalaman tersebut, ia mulai belajar dari kegagalan dan menata kembali bisnis di kemudian hari.

Pernah bekerja di bidang infrastruktur dan terjun ke dunia properti [sumber gambar]
Usai gagal di bisnis rokok, Victor kemudian bekerja dengan orang lain di bidang infrastruktur di Kalimantan. Selama itu pula, dirinya membangun jembatan, jalan penghubung, dan gedung pemerintahan. Pengalaman barunya inilah yang kelak menjadi batu loncatan bagi dirinya untuk kembali berbisnis. Kali ini dirinya melirik bidang properti dan ternyata sukses luar biasa.

Merintis bisnis di bidang kelistrikan yang ramah terhadap lingkungan

Nama Victor mulai terkenal saat berinovasi di bidang energi ramah lingkungan dengan membuat pembangkit listrik bertenaga surya. Lewat PT Aldebaran Rekayasa Cipta (Baran Energy), Victor ingin mewujudkan hal tersebut menjadi kenyataan. Produk yang tengah dikembangkan itu bernama PowerWall, yakni berupa energy storage system berkapasitas 8.8 KW. Dirinya terinspirasi dengan sosok Elon Musk, pengusaha teknologi kenamaan asal AS.

Ciptakan tenaga listrik murah dan ramah lingkungan lewat Baran Energy [sumber gambar]
Tak sekedar menyediakan tenaga listrik yang ramah lingkungan, pihaknya juga memulainya dengan program Rp 1, yakni memberikan kemudahan pada pengguna untuk menggunakan produknya. Itu artinya, program Rp 1 tersebut tentu merupakan biaya yang luar biasa terjangkau. “Bukan hanya itu dengan program Rp 1, masyarakat juga bisa mendapatkan uangnya kembali 100% setelah pemakaian sekian tahun,” pungkas Victor yang dikutip dari Suara.com (21/08/2019).

BACA JUGA: Kisah Mantan Ojek Payung yang Kini Sukses Kaya Raya dan Menjadi Ketua Ferrari Indonesia

Upaya Victor berinovasi dengan menciptakan energi listrik yang murah dan ramah lingkungan lewat Baran Energy, membuat dirinya dijuluki sebagai Elon Musk-nya Indonesia. Tak sendiri, Victor mengembangkan idenya itu dengan menggandeng puluhan anak muda Indonesia lainnya. Hebat ya Sahabat Boombastis

 

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Tak Ada Duanya! 7 Daerah Unik Ini Punya Nama Panjang dan Susah Dibaca

Rahasia di Balik Bisnis ‘Snack Zaman Now’, Jajan yang Bisa Auto Bikin jadi Juragan