Zaman Now kalau kata anak-anak millennial, ada banyak sekali makanan yang kekinian dan laris manis di pasaran. Mulai dari makanan berat seperti ramen, mie setan dkk, serta makanan ringan seperti jajanan yang unik bin ajaib. Salah satu jajanan yang sempat viral banget dan banyak dicoba adalah ‘Snack Zaman Now’.

Dari namanya saja sudah tau kan kalau jajanan ini pasti hits banget. Tapi, sebenarnya formula jajanan seperti ini sudah ada sejak tahun 90 hingga 2000an. Seperti apa sih jajanan yang katanya hits banget ini? Simak ulasan Boombastis.com sampai habis ya!

Uang dan emas sebagai daya tarik agar produk laris

Di dalam setiap jajanan yang dibeli ini, pasti ada uang. Inilah yang menjadi incaran para pembeli, berharap mendapatkan uang –meskipun tidak seberapa. Selain uang, ada juga emas yang membuat orang semakin tergiur untuk membeli jajanan ini dalam jumlah banyak. Adanya uang dan emas ini membuat orang secara tidak langsung ketagihan dan ingin terus menerus membeli.

Nostalgia jajanan 90an

Jajanan dengan hadiah ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, dari tahun 90 hingga 2000an. Hanya saja, namanya yang berbeda, ada yang dinamakan Cinta, Jaguar, Cinta Stick, dan banyak lagi makanan yang berhadiah lainnya. Hanya saja, kalau zaman dahulu, hadiahnya bukan hanya uang saja loh, ada juga jam, mobil-mobilan, uang, serta hadiah mainan lain. Namun, sekarang tampaknya uang jauh lebih menarik ya?

Jajanan yang bisa didapat melalui online shop

Nah, yang paling mudah dan relate banget dengan kehidupan millennial sekarang adalah jajanan yang bisa dibeli secara online di berbagai e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Belanja secara online ini memudahkan mereka yang males gerak (mager) dan pergi ke toko tertentu. Sehingga, di mana pun berada, jajanan hits ini tetap bisa dibeli.

Jajanan yang bisa dijadikan konten

Kalian tau jajanan ini dari mana sih? Kalau membuka YouTube, ada banyak sekali orang yang melakukan review terhadap jajanan ini. Jajanan ini memang dirancang sebagai makanan yang kontenable alias bisa banget dijadikan konten. Para YouTuber akan mendapatkan adsense dari video yang mereka unggah, sementara pelaku bisnis juga bisa mempromosikan jajanan mereka tanpa harus membayar iklan.

Jumlah uang tak lebih banyak dari harga per pack

Tapi, meski jajanan ini dianggap sebagai salah satu makanan yang menguntungkan karena bisa mendatangkan uang, membeli jajan ini tetap bisa merugikan tau. Bayangkan saja, dalam satu pack yang isinya 10, ia dihargai lebih dari 60 ribu Rupiah. Harga yang mahal ini karena memang ada uang di dalam tiap bungkus jajanan. Membeli jajan ini pun untung-untungan ya, kalau misalnya memang berhasil maka jumlah uang yang didapat juga banyak. Tapi, jarang-jarang sih di dalam satu pack ada 50 ribuan, kebanyakan adalah uang 2000-nya.

BACA JUGA: Keberadaannya Kian Langka, 5 Snack Jadul Favorit Anak 90an Ini Semakin Susah Ditemukan

Bisnis jajan ini masuk ke dalam bisnis yang tricky sebenarnya. Orang banyak tergiur membeli karena ingin mendapatkan uang, dan juga rasa penasaran dengan jumlah yang akan mereka dapatkan. Sehingga, semakin banyak orang yang penasaran, maka semakin laris pula jajanan ini.