in

Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka, Inilah ‘Prestasi’ Joko Driyono Untuk Sepakbola RI

Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka, sosok Joko Driyono yang dikenal sebagai salah satu tokoh sepakbola nasional menjadi pembicaraan publik. Dilansir dari news.detik.com, dirinya menjadi target Satgas Antimafia Bola Polri untuk diperiksa sebagai tersangka kasus perusakan barang bukti terkait dugaan pengaturan skor.

Sebelumnya, pria yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) Ketua Umum PSSI sejak 20 Januari 2019, menggantikan Edy Rahmayadi, merupakan salah satu administrator sepak bola yang memiliki pengalaman panjang di ranah tersebut. Meski tersandung kasus, prestasi dari sosok yang akrab dipanggil Jokdri ini juga terbukti bermanfaat untuk memajukan dunia sepak bola tanah air.

Terobosan Mencari bibit-bibit muda lewat Liga U-19

Pembinaan usia muda lewat U-19 [sumber gambar]
Pembinaan usia muda adalah salah satu fase penting agar Indonesia bisa memiliki calon pesepakbola yang handal di masa depan. Untuk hal ini, Joko Driyono telah memiliki visi yang jauh di masa depan. Seperti yang ditulis laman indosport.com, Joko membuat terobosan dengan menggelar kompetisi Liga 1 U-19 saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Terbukti hasil tersebut membuahkan hasil dengan munculnya Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura) dan Beckham Putra (Persib Bandung), yang berhasil mencuri perhatian.

Pembinaan Elite Academy Liga 1 U-16

Elite Academy U-16 menjaring bibit unggul pesepakbola masa depan Indonesia [sumber gambar]
Kompetisi jenjang umur lainnya yang merupakan hasil dari terobosan Joko Driyono adalah kompetisi Elite Academy Liga 1 U-16. Laman indosport.com menuliskan, para klub diwajibkan untuk memiliki akademi yang membina para pemain U-16 yang kemudian diikutsertakan pada kompetisi tersebut. Meski masih ada kekurangan dalam penyelengaraannya, toh hal tersebut dinilai bisa memberikan kontribusi yang positif bagi dunia sepak bola Indonesia. Terbukti, pasukan Garuda Muda U-16 sukses menjuarai Piala AFF U-16 2018 setelah berhasil mengalahkan Thailand.

Menghidupkan Kembali Piala Indonesia

Sukses hidupkan Piala Indonesia yang disponsori merk minuman ternama [sumber gambar]
Meski masih diliputi penundaan jadwal pertandingan dan beberapa kendala lainnya, Joko Driyono sukses mengaktifkan kembali Piala Indonesia pada 2018 lalu. Dilansir dari laman indosport.com, pertandingan tersebut terbilang cukup sukses dan diikuti klub-klub Indonesia dari Liga 1 hingga Liga 3. Hal ini terjadi di saat dirinya masih akktif menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

BACA JUGA: Akhir Tragis Vigit Waluyo, ‘Si Dalang’ Praktek Pengaturan Skor di Sepak Bola Indonesia

Meski sempat tercoreng karena telah ditetapkan sebagai tersangka, toh figur Joko Driyono ternyata juga memiliki kontribusi untuk memajukan talenta-talenta lokal di dunia sepak bola. Selain itu, pengalamannya sebagai petinggi di lembaga sepak bola tanah air juga membuat sosok Jokdri tak tergantikan di Indonesia. Seperti kata CEO Persija, Fery Paulus yang mengatakan, pria asal Nganjuk tersebut adalah aset sepakbola Indonesia. Hmmm..Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Jadi Artis Global, Mau Tidur Saja Harga Baju yang Dikenakan Blackpink Melebihi Gaun Pestamu

Jarum Ditaruh di Leher, Nih 4 Bukti Kalau Militer China Itu Sangar Abis