Bulan ramadhan 2018 yang akan dimulai pada Kamis (17/05/18), pasti membutuhkan persiapan tertentu agar ibadah puasa bisa dijalani dengan lancar. Selain menjaga kesehatan kondisi fisik, momen yang penuh berkah ini juga menjadi awal bagi kita untuk berbenah dan mengintrospeksi diri atas kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Termasuk beberapa hal yang sering dianggap membatalkan puasa.

Tak hanya sering terjadi, hal tersebut juga kerap disalahpahami di lingkungan masyarakat. Sebagian bahkan ada yang menganggap ibadah puasa bisa batal karenanya. Sahabat Boombastis (Saboom) pasti penasaran bukan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan menarik di bawah ini.

Makan dan minum tanpa sengaja di siang hari

Enggak sadar sering kayak ngelakuin kayak gini [sumber gambar]
Bagi Sahabat Boombastis yang telah merasakan perjuangan dalam menunaikan ibadah puasa, godaan terbesar kadang terjadi pada siang hari. Di mana cuaca sangat terik. Kerongkongan pun menjerit-jerit minta dibasahi. Tak hanya itu, perut yang semakin keroncongan, juga meminta jatah untuk diisi. Secara tak sadar, kita terkadang reflek bergegas untuk mengambil makanan atau minuman untuk mengatasinya. Lupa bahwa saat itu sedang dalam kondisi berpuasa. Nah, hal ini ternyata tidak membatalkan puasa lho Saboom. Saat ingat, makanan bisa dimuntahkan kembali agar bisa tetap berpuasa.

Puasa batal karena menelan ludah sendiri? Yakin bro?

Menelan ludah sendiri tak batalkan puasa [sumber gambar]
Kalau hal yang satu ini sih, mimin pernah mengalami sendiri saat masih SD. Terkadang, berkembang sebuah info di masyarakat, bahwa menelan ludah bisa membatalkan puasa. Waduh, jelas susah banget kan Saboom. Karena ludah diproduksi secara terus menerus di dalam mulut kita. Usut punya usut, hal ini ternyata tidak membatalkan puasa kok. Karena hakikatnya, hanya benda-benda di luar tubuh kitalah yang jika masuk dengan disengaja, bisa membatalkan puasa. Jadi jangan suka kemakan isu deh Saboom.

Mimpi basah, puasa tetap jalan. Uenak tenan..

Mimpi basah tak batalkan puasa [sumber gambar]
Mimpi basah merupakan hal umum yang dialami oleh sebagain besar laki-laki. Terutama mereka yang sudah mencapai usia dewasa. Namun, apa jadinya jika terjadi saat siang bolong dan dalam keadaan berpuasa? Coba perhatikan fatwa dari Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah seperti yang dilansir dari Rumaysho.com

Mimpi basah tidak membatalkan puasa karena mimpi basah dilakukan bukan atas pilihan orang yang berpuasa. Ia punya keharusan untuk mandi wajib (mandi junub) jika ia melihat yang basah adalah air mani. Jika ia mimpi basah setelah shalat shubuh dan ia mengakhirkan mandi junub sampai waktu zhuhur, maka itu tidak mengapa“.

Mantap kan Saboom?

Ngiler tidak membatalkan puasa

Ngiler itu nikmat lho Saboom [sumber gambar]
Sudah menjadi rahasia umum, kebanyakan dari kita pasti sering tidur saat menjalani ibadah puasa. Terutama di siang hari hingga menjelang berbuka pada sore hari. Tak jarang, secara tidak sadar kita akan sering mengeluarkan air liur berlebihan atau istilahnya ngiler. Hal ini ternyata tidak membatalkan ibadah puasa yang dijalankan. Namun jika air liur yang telah keluar itu disedot alias ditelan kembali, hal itulah yang bisa membuat puasamu berantakan alias batal. Kamu sering ngalamin enggak Saboom?

Benarkah melihat aurat lawan jenis tanpa sengaja batalkan puasa?

Bisa dibilang, inilah godaan terbesar umat manusia saat berpuasa selain makanan dan minuman. Menahan hawa nafsu syahwat, ibarat kita sedang berperang dengan diri sendiri. Yang satu menyuruh kita untuk tetap istiqamah dalam berpuasa, sisi lainnya malah menggoda untuk melihat aurat wanita yang ada. Namun, apa yang terjadi jika tanpa sengaja melihat hal terlarang itu? Sabar, coba perhatikan penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat di atas.

Sejatinya, puasa bukanlah hanya menahan lapar dan haus saja. Ibadah ini juga mengajarkan pada kita agar mengontrol dan menghindari semua keburukan yang berasal dari hawa nafsu kita. Untuk itu, penting bagi kita agar mempersiapkan fisik dan mental dalam menyambut bulan puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa ya Saboom.