Categories: Trending

10 Fakta Tentang Korea Utara Yang Bikin Kamu Tercengang

Apakah Anda selama ini begitu menggemari Kpop dan Kdrama? Semua itu diproduksi dan berasal dari Korea Selatan. Negeri yang indah dan cantik ini memang punya segudang alasan untuk dikunjungi. Nah, di dekatnya ada sang ‘saudara’ yaitu Korea Utara.

Tidak banyak orang yang tahu mengenai Korea Utara. Negara yang tertutup dan diembargo oleh Amerika Serikat ini memang selalu bikin penasaran. Kabarnya nih, hidup di sana tuh berasa kayak hidup di dunia lain. Kok bisa? 10 Fakta ini akan membuat Anda terbelalak plus geleng-geleng kepala:

1. Kim Il Sung Menganggap Dirinya Tuhan

Dulu saat Korea masih menjadi satu, belum ada paham yang dianut seperti sekarang. Semuanya diciptakan oleh Kim Il Sung, yang mendirikan Korea Utara. Ia membuat sebuah konsep bernama ‘Juche Policy’ yang membuat Korut tidak bisa berkembang.

kim il sung

Ia bahkan menganggap dirinya Tuhan dan masyarakat di sana tidak boleh menyembah Tuhan selain dirinya dan beragama. Kim Il Sung menerapkan hal ini dan menjadi kepercayaan hingga hari ini. Foto dan patungnya disembah oleh warga negara Korut. (Baca Juga : 6 Fakta Tentang Norman Kamaru, Polisi Kondang Yang Kini Jadi Tukang Bubur)

Selanjutnya : 2. Hobi Unik Kim Jong Il dan Media Yang Berlebihan

2. Hobi Unik Kim Jong Il dan Media yang Berlebihan

Setelah Kim Il Sung meninggal, pemegang tampuk kekuasaan adalah sang putra yaitu Kim Jong Il. Ada satu hal yang unik nih. Pemimpin tertinggi di Korut ini hobi sekali bermain bowling, ia bisa memenangkan 300 permainan berturut-turut lho!.

Kim Jong Il adalah pemain Bowling terhebat di Korea Utara, mungkin saja juga didunia.

Kim Jong Il

Media Korea Utara pun memberitakan hal ini sesuai dengan perintah pemerintah yang diktaktor. Semua warga harus mengakui bahwa pemimpinnya ini adalah orang yang hebat meski cuman hebat dipermainan bowling. Media Korea Utara memang sedikit lebay atau berlebihan dalam memberitakan tentang pemimpinnya. (Baca Juga :Terungkap Fakta Hot Seputar Kehidupan Dewi Persik)

Selanjutnya: 3. Mobil dan Motor Hanya Untuk Pejabat dan Militer

3. Mobil dan Motor Hanya Untuk Pejabat dan Militer

Kalau di Indonesia, warganya berlomba untuk punya sepeda motor dan mobil sendiri, hal ini tidak bisa dirasakan oleh warga negara Korea Utara. Di sana, yang boleh punya mobil dan motor cuma pejabat pemerintah dan juga pihak militer. Selebihnya? Ke mana-mana harus menggunakan kendaraan umum, sepeda atau jalan kaki.

Lalu Lintas Korea Utara

Kebijakan ini dianggap agar semuanya merasakan hidup sama rata, tidak ada kesenjangan. Tidak heran jika di sana ada yang tidak seragam sedikit saja bisa langsung terkena masalah. Menyimpan buku atau mendengarkan radio yang bukan dari saluran milik pemerintah misalnya.

Selanjutnya :4. Model Rambut Ditetapkan Pemerintah, Hanya ada 28 Model

4. Model Rambut Ditetapkan Pemerintah, Hanya ada 28 Model

Ini nih yang bakalan bikin kamu makin menganga. Percaya atau tidak, di Korea Utara hanya ada 28 model potongan rambut yang boleh digunakan. Tidak hanya itu, bagi pria yang masih muda rambutnya harus pendek dan cepak. Sedangkan bagi wanita yang belum menikah, rambutnya juga harus pendek.

Model Rambut Wanita Korea Utara

Kalau sampai ketahuan melanggar peraturan ini, pihak pemerintah tidak segan-segan untuk memberi hukuman berat lho. Dijebloskan ke penjara tanpa melalui proses pengadilan lebih dahulu. Duh tidak enak sekali ya!

Selanjutnya : 5. Tidak Ada Internet dan Berita Luar Negeri

5. Tidak Ada Internet dan Berita Luar Negeri

Anda sering mengeluhkan jaringan internet yang lemot? Atau tidak bisa melihat banyak acara televisi karena tidak memiliki jaringan TV berlangganan? Maka Anda harus tahu keanehan yang membuat Anda bersyukur tidak tinggal di Korea Utara.

Di sana, Anda hanya diperbolehkan melihat saluran televisi dalam negeri saja. Internet juga tidak ada, yang boleh menggunakannya hanya pihak pemerintah, militer serta ekspatriat. Anda juga tidak akan mendapatkan berita apapun yang berasal dari luar negeri kecuali itu disiarkan melalui media milik pemerintah.

Pasti masih ingatkan berita heboh tentang berita dalam negeri korea yang menyiarkan mereka ikut bertanding di piala dunia dan menang melawan jepang dengan skor 7:0 serta Amerika. ya, itu adalah salah satu dari sekian banyak model berita di Korea Utara yang direkayasa pemerintahnya dengan tujuan untuk meningkatkan kecintaan rakyat pada negaranya meski dengan berbohong.

Selanjutnya : 6. Pembuat Rudal Paling Besar di Dunia

6. Pembuat Rudal Paling Besar di Dunia

Selama ini, yang paling dikhawatirkan negara-negara lain dari Korut adalah rudalnya. Bagaimana tidak, mereka mengancam untuk meluncurkannya jika perang sampai meletus lho! Tidak tanggung-tanggung, rudal korea utara selain salah satu yang terbesar juga sudah menggunakan nuklir yang notabene sangat berbahaya karena dampak negatif dari radiasinya.

rudal korea utara

Kabarnya nih, Korut telah mengembangkan teknologi rudal sejak puluhan tahun dan mereka adalah salah satu negara pembuat rudal yang paling besar dan membahayakan. Tidak heran jika Korea Selatan dan Amerika selalu waspada atas serangan dari ‘saudaranya’ ini.

Selanjutnya : 7. Laki-Laki Wajib Militer 2 Tahun, dan Perbatasan Terketat di Dunia

7. Laki-Laki Wajib Militer 2 Tahun, dan Perbatasan Terketat di Dunia

Begitu mengerikannya ‘senjata’ dan juga kekuatan yang dimiliki oleh Korea Utara membuat Korea Selatan selalu waspada. Agar tidak kekurangan tentara, setiap laki-laki di sana wajib menjalani wajib militer selama 2 tahun.

Suasana Perbatasan Korea Utara

Ternyata, penjagaan perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan adalah yang paling ketat di dunia. Di sana juga kerap terjadi saling serang dan baku tembak akibat kesalahpahaman sedikit saja, suasana keduanya langsung memanas.

Selanjutnya : 8. 200.000 Rakyat Dipenjara Karena Tidak mau Kerja Rodi

8. 200.000 Rakyat Dipenjara Karena Tidak mau Kerja Rodi

Tahukah Kamu bahwa banyak sekali warga Korea Utara yang dipenjara di negaranya sendiri hanya karena tidak sanggup melakukan pekerjaan yang diberikan oleh Pemerintah? Tidak heran jika mereka banyak yang mencoba untuk melarikan diri.

Kerja Rodi

Hingga hari ini, lebih dari 200.000 orang dipenjara di rumah tahanan yang diawasi ketat. Dan tidak ada yang tahu bagaimana para tahanan ini diperlakukan di sana.

Selanjutnya : 9. 1/4 Warga Korea Utara Kelaparan dan Busung Lapar

9. 1/4 Warga Korea Utara Kelaparan dan Busung Lapar

Fakta paling menyedihkan dari Korea Utara adalah, seperempat dari total warga negaranya menderita kelaparan dan sepertiganya terkena penyakit kurang gizi atau busung lapar. Hal ini karena dibatasinya jumlah makanan yang bisa dimakan dan juga gaji dari pemerintah yang sangat sedikit.

anak-anak korea utara

Tidak heran jika di sana warganya kurus-kurus dengan tatapan mata yang sayu. Belum lagi dengan beban kerja berat dari pemerintah yang cuman diupah dengan makanan hanya untuk sehari. Warga Korea Utara benar-benar hidup dalam kesengsaraan! duh kasihan banget!

Selanjutnya : 10. Kakak Kim Jong Un di Tangkap di Jepang

10. Kakak Kim Jong Un di Tangkap di Jepang

Sekarang Kim Jong Un lah yang berkuasa. Ternyata, ia punya kakak laki lho. Tapi kok bukan kakaknya ini yang memimpin ya? Nah, ini dia sekilas cerita tentang King Jom Nam.

Ia ditangkap oleh pihak Imigrasi Jepang karena di sana menggunakan paspor palsu. Karena hal inilah, akhirnya Kim Jong Nam tidak bisa naik tahta. Rumor yang paling kuat beredar bahwa Kim Jong Nam suka bersolek dan diduga kuat seorang pecinta sesama jenis.

Itu dia 10 fakta Korea Utara yang belum Anda ketahui. Tuh kan, makin bersyukur deh tinggal di negara merdeka dan demokratis seperti Indonesia. Betul tidak?

Baca Juga :10 Hal Gila Yang Hanya ada di Dubai
Share
Published by
Admin

Recent Posts

Lagi Ramai soal Selingkuh di Discord, Ini 5 Aplikasi yang Sering Disalahgunakan

Belakangan semakin banyak kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh public figure maupun mereka menjadi korban. Terbaru…

4 months ago

Mantan TKI Ini Sukses Jadi Pengusaha Kebab dengan Omzet Puluhan Juta Per Hari

Tak sedikit orang yang rela bekerja di negeri orang untuk mencari nafkah. Menjadi TKI tentu…

4 months ago

Daihatsu Mengakui Telah Memanipulasi Uji Keselamatan Selama Lebih dari 30 Tahun

Produsen mobil asal Jepang, Daihatsu, tengah menjadi perbincangan panas dunia akibat pengakuan pihak mereka. Anak…

4 months ago

Jual iPad 1 Jutaan, Baim Wong Diserang Netizen Diduga Jual Barang Ilegal

Baru-baru ini, nama aktor yang kini lebih dikenal sebagai YouTuber, Baim Wong, sedang hangat diperbincangkan.…

4 months ago

Menabung Selama 21 Tahun, Pedagang Sayur Keliling Ini Akhirnya Bisa Naik Haji

Mawati adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki mimpi besar. Ibu dua anak ini ingin…

4 months ago

Natasha Rizky Datang Dukung Desta Tanding Tenis, Netizen yang Baper

Kabar perpisahan pasangan artis Desta Mahendra dan Natasha Rizky sempat membuat khalayak heboh. Banyak yang…

4 months ago