Categories: Trending

10 Bandara Paling Unik Dan Berbahaya di Dunia

Bepergian menggunakan pesawat memang jauh lebih praktis dan juga menghemat waktu. Sekarang, traveling ke seluruh penjuru dunia bukan lagi hal yang mustahil. Ada banyak sekali objek wisata keren yang worth to visit, cukup naik pesawat beberapa jam, sudah sampai deh!

Dari ribuan bandara yang ada di dunia, tidak semuanya dalam kondisi ‘normal’ alias berada di tanah datar yang luas lho. Ada yang saking sempitnya lahan sampai landasannya hanya pendek sekali, salah-salah pesawatnya bisa menabrak Gunung. Tidak hanya satu, ada 10 bandara paling unik tapi juga berbahaya nih. Di mana saja itu?

1. Bandara Svalbard, Kepleset Sedikit Langsung Masuk Samudra Es Super Dingin

Sebagai salah satu negara yang terletak dekat di kutub Utara, tidak heran jika Norwegia memiliki alam yang indah dan juga bisa melihat Aurora Borealis dari dekat. Jika Anda ingin berkunjung ke salah satu pulaunya yang terletak di kawasan Samudra Arktik, maka Anda harus naik pesawat dan turun di Bandara Svalbard yang mendebarkan ini. Lihatlah, landasannya dikelilingi es dan salju, Pilotnya kepleset sedikit, pesawat bisa masuk ke dalam samudra yang dinginnya luar biasa.

Bandara ini merupakan salah satu bandara yang terletak di sisi paling utara bumi ini. Biasanya para turis yang ingin exploring yang datang ke Svalbard dan menikmati ‘uji nyali’ mendarat di landasan yang tidak jauh dari samudra es ini. Anda berani naik pesawat ke sana?

Selanjutnya: 2. Bandara Internasional Princess Juliana, Pesawatnya Terbang di Atas Kepala Anda

2. Bandara Internasional Princess Juliana, Pesawatnya Terbang di Atas Kepala Anda

Liburan ke pantai merupakan suatu kemewahan tersendiri bagi mereka yang tinggal di negara dengan suhu udara yang dingin. Simpson Bay, Saint Marteen merupakan salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan musim panas dengan berjemur dan main di pantai. Selain airnya bersih juga Anda bisa menikmati pesawat terbang tepat di atas kepala Anda. Wow kok bisa?

Saint Marteen adalah sebuah pulau yang kecil sehingga jarak antara bandara dan pantai sangatlah dekat. Karena hal inilah, pesawat yang akan mendarat akan terbang sangat rendah saat melewati pantai. Banyak yang mengabadikan momen pesawat melintas di atas kepalanya ini lho. Wah wah kalau pesawatnya jatuh, bisa berabe ya!

Selanjutnya: 3. Bandara Lukla, Gunung Everest Tepat di Depan Mata Anda

3. Bandara Lukla, Gunung Everest Tepat di Depan Mata Anda

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Mencakup beberapa negara, salah satunya adalah di Nepal. Nah, Bandara Lukla ini letaknya di kaki gunung satu ini, dan bandaranya tidaklah luas. Landasan pacunya terbatas, sehingga saat akan mendarat ataupun lepas landas, Gunung Everest akan menjadi pemandangan yang sangat dekat di depan mata.

Trickynya, Bandara ini hanya bisa untuk pendaratan pesawat kecil saja. Itupun Pilotnya harus handal betul. Kenapa begitu? Karena jika Pilot kehilangan kendali sedikit saja, pesawat akan langsung remuk menabrak gunung tertinggi di dunia itu. Wow ternyata pekerjaan menjadi Pilot itu risikonya sungguh luar biasa besar ya!

Selanjutnya: 4. Bandara Internasional Madeira, Nyempil Dan Sulit Untuk Mendarat

4. Bandara Internasional Madeira, Nyempil Dan Sulit Untuk Mendarat

Bersyukurlah jika Indonesia memiliki bandara yang walaupun beberapa jauh dari kota namun tidak sulit untuk pendaratan. Bayangkan kalau Anda bepergian ke Madeira, Portugal. Bandara ini letaknya nyempil di sebuah pulau kecil, landasannya sangat terbatas. Tidak boleh ada kesalahan sedikitpun atau akan berakibat fatal yaitu pesawat masuk ke dalam laut yang dalam.

Tidak semua Pilot diberikan lisensi untuk mendarat di Bandara unik dan berbahaya seperti Madeira ini. Mereka harus mendapatkan pelatihan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa sesulit apapun, Pilot bisa mengatasinya. Wah kira-kira bagaimana ya perasaan para penumpang saat akan tinggal landas atau mendarat?

Selanjutnya: 5. Bandara Kansai, Dibangun di Tengah Lautan!

5. Bandara Kansai, Dibangun di Tengah Lautan!

Sama seperti Indonesia, Jepang merupakan negara kepulauan yang areanya lebih banyak berupa lautan daripada daratan. Bandara Kansai yang berada di Osaka, Jepang ini dibangun di atas air lho! Letaknya beberapa kilo dari daratan Osaka, untuk mencapai bandara ini melewati jalan darat yang juga di bangun di atas lautan.

Tidak kalah dengan bandara yang di daratan, Bandara Kansai ini luas dan juga nyaman luar biasa. Tidak sedikit yang mengagumi mahakarya istimewa ini. Tapi namanya juga dibangun di tengah lautan, potensi tenggelam jika ada kesalahan yang terjadi bisa saja bukan? Tapi semoga saja tidak ya!

Selanjutnya: 6. Bandara Juancho E. Yrausquin Airport, Landasan Paling Pendek di Dunia

6. Bandara Juancho E. Yrausquin Airport, Landasan Paling Pendek di Dunia

Sudah bukan rahasia umum jika negeri Belanda separuhnya dibangun di atas lautan yang diuruk dengan tanah. Keterbatasan lahan membuat Bandara Juancho ini hanya memiliki 1500 kaki landasan yang berarti… paling pendek di dunia! Di Indonesia saja, seterbatas apapun landasannya, berada di tanah yang lapang.

Bagaimana dengan Bandara Juancho? Letaknya di tebing gunung yang sedikit terpencil dan langsung berbatasan dengan laut. Hanya pesawat kecil yang bisa lepas landas dan mendarat di sana. Pilot harus extra hati-hati agar jangan sampai kebablasan dan nyemplung ke lautan lepas.

Selanjutnya: 7. Bandara Gibraltar, Landasannya Melewati Jalan Raya!

7. Bandara Gibraltar, Landasannya Melewati Jalan Raya!

Pernahkah Anda membayangkan melewati perempatan lampu merah dan yang melintas di depan Anda adalah pesawat yang akan tinggal landas? Nikmati sensasi pesawat melewati jalan raya hanya di Bandara Giblartar yang berada di antara Maroko dan Spanyol ini. Sebagai kota yang padat dan sibuk, tidak ada banyak ruang untuk Bandara yang lega dan luas.

Akhirnya dibuatlah landasan yang ‘memotong’ jalan raya untuk pengemudi kendaraan bermotor. Jika ada lampu merah yang menyala, bisa jadi pesawat mau lewat untuk lepas landas. Ini tentu bukan pemandangan lazim yang bisa dilihat di bandara lain bukan?

Selanjutnya:  8. Bandara Courchevel, Landasannya Berombak Dan Tidak Rata

8. Bandara Courchevel, Landasannya Berombak Dan Tidak Rata

Mendarat di Bandara Courchevel, Prancis memberikan sensasi tersendiri nih. Berbeda dengan landasan di bandara lain, di sana landasannya naik turun seperti jalan raya untuk kendaraan bermotor. Waduh, bukannya harusnya landasan peawat itu lurus dan rata ya?

Pengecualian ini terjadi di Bandara Courchevel karena letaknya berada di kaki gunung bersalju. Tidak cuma landasan naik turun tapi juga bersalju. Petugas bandara harus rajin-rajin membersihkan landasan kalau tidak ingin ada pesawat yang tergelincir. Hmmm cukup menantang adrenalin ya.

Selanjutnya: 9. Bandara Congonhas, Terletak Tepat di Tengah Kota

9. Bandara Congonhas, Terletak Tepat di Tengah Kota

Saat melihat Bandara Congonhas yang berada di Sao Paulo, Brazil ini unik sekali ya! Letaknya di tengah-tengah gedung tinggi dan padatnya mobilitas tengah kota, luasnya tidak lebih dari sebuah stadion sepakbola. Jika ada pesawat yang lepas landas harus bisa mengatur ketinggian dengan tepat. Kalau tidak?

Salah-salah, bisa menabrak gedung perkantoran yang ada di sana. Bandara ini dibangun tahun 1930 dan memang tidak memiliki lahan yang luas. Jalan-jalan ke Brazil dan mendarat di Bandara ini, sensasinya luar biasa!

Selanjutnya: 10. Ice Runway, Antarctika, Selamat Mendarat di Atas Es!

10. Ice Runway, Antarctika, Selamat Mendarat di Atas Es!

Antartika bukanlah tempat yang jauh dan antah berantah lagi. Kini sudah banyak peneliti dan bahkan wisatawan yang datang ke sana menggunakan pesawat terbang. Jika Anda ingin tahu bandara paling unik dan berbahaya di dunia: selamat datang di Ice Runway!

Tidak ada daratan di sana, yang ada hanyalah es yang tebal dan membeku. Pilot harus super duper extra hati-hati untuk mendarat dengan lembut dan memastikan tidak tergelincir ataupun memecahkan es. Saat sudah sampai, rasanya lega luar biasa!

Nah itu dia 10 bandara paling unik dan bahaya di dunia. Menurut Anda, mana yang paling menguji adrenalin? Kasih tahu kami di kolom komentar ya!

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

13 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago