Ajak Si Kecil Bermain Sambil Belajar Saat Liburan Panjang Yuk!

oleh Maya Galuh
11:44 AM on Jul 16, 2015

Lebaran biasanya diikuti dengan liburan yang panjang untuk orang tua dan anak-anak. Tidak heran jika biasanya beberapa orang memilih untuk berlibur bersama keluarga ke tempat wisata. Tapi kalaupun Anda tidak berencana pergi berlibur ke tempat tertentu, Anda bisa kok menikmati liburan di rumah saja.

Kebahagian Ibu dan Anak
Kebahagian Ibu dan Anak [Image Source]
Nah, jika Anda memutuskan untuk tetap berada di rumah saat liburan, jangan lupa untuk menyiapkan kegiatan seru untuk si kecil ya. Biar tidak bosan gara-gara harus diam di rumah. Jangan khawatir tidak punya ide, Anda bisa mencoba beberapa kegiatan berikut agar si kecil tidak bosan sekaligus menstimulasi kecerdasan mereka.
Baca Juga
Fakta Kanker Lidah, Penyakit Mematikan yang Gejala Awalnya Hanya Sariawan dan Gangguan Mulut Biasa
Cara Memanfaatkan Bulan Ramadan untuk Mengenyahkan Kebiasaan Merokok Selamanya

1. Ajak si Kecil Memasak

Si kecil akan suka Anda ajak memasak di dapur bersama. Beri si kecil tugas yang mudah seperti mencuci sayur dan buah, mengaduk adonan dan bumbu, mengocok telur, mencetak kue, memberi toping, dan sejenisnya. Dengan mengajarinya memasak, si kecil akan memahami proses perubahan yang terjadi dari bahan dasar hingga menjadi masakan matang yang siap disantap. Tidak hanya itu saja, si kecil pasti juga akan merasa bangga dengan hasil karyanya.

2. Berkebun

Bermain-main dengan tanah dan tanaman adalah salah satu hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Jadi, yuk manfaatkan masa aktif mereka dengan mengajari mereka sesuatu yang bermanfaat seperti berkebun. Kamu hanya perlu menyiapkan bibit, biji-bijian, pot atau lahan kecil sebagai tempat si kecil menanam tanaman. Ajari si kecil bagaimana caranya menanam tanaman. Mulai dari menggali tanah, meletakkan bibit di dalam tanah, serta menimbunnya kembali. Ajarkan juga bagaimana cara merawat tanaman seperti menyiraminya secara rutin dan memberi pupuk. Hal ini akan mengajarkan si kecil bagaimana menghargai lingkungan.

3. Acara Minum Teh

Kegiatan yang satu ini cocok untuk si kecil yang pemalu. Undang teman-teman seusia si kecil ke rumah untuk minum teh. Kemudian, ajak anak Anda untuk menyiapkan teh hangat, gula, cangkir-cangkir, serta kue-kue untuk melengkapi acara minum teh mereka. Ajari si kecil cara menuang teh, memegang cangkir, serta cara minum teh yang sopan. Anda juga bisa mendorong si kecil untuk berinteraksi dengan teman-temannya agar ia tidak lagi menjadi pemalu.

Nah, itu tadi beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di rumah bersama si kecil. Meski liburan panjang dan tidak pergi kemana-mana, Anda masih bisa kok mengajak si kecil bersenang-senang sekaligus mendidiknya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA