Jaga Berat Badan Agar Tidak Melonjak Setelah Puasa

oleh Maya Galuh
11:43 AM on Jul 16, 2015

Setelah sebulan penuh kita berpuasa, akhirnya lebaran akan segera hadir menghampiri kita. Hari raya Idul Fitri ini menjadi salah satu yang paling dinanti oleh kita semua umat muslim. Karena di hari itulah kita merayakan hari kemenangan setelah satu bulan penuh menjaga diri dari segala hal yang membatalkan puasa.

Saat kita membicarakan tentang hari raya lebaran, tentu sudah terbayang kemeriahan acara berkumpul bersama keluarga dan menikmati sajian lezat khas lebaran. Ada opor, gulai, sate, ketupat, kue-kue kering, berbagai macam sirup dan es, serta masih banyak lagi. Kamu tentu sudah tidak sabar menyiapkan berbagai menu istimewa ini sebagai jamuan untuk keluarga dan para tetangga yang akan datang, bukan?

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Candice Swanepoel
Jaga Berat Badan

Eits, tapi tunggu dulu. Meskipun terdengar lezat, jangan sampai menu-menu masakan yang kamu buat ini nantinya akan membuat berat badanmu melambung setelah berpuasa ya. Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa makan enak tapi berat bedan tetap stabil?

Nah, selain masakan khas lebaran seperti opor, gulai, dan sejenisnya, sediakan pula makanan yang tidak digoreng. Jika biasanya kamu menghidangkan lauk yang digoreng, ganti cara memasaknya dengan dikukus, dipanggang, steam, atau direbus. Dengan begini masakanmu tidak akan terlalu tinggi lemak.

Jangan lupa juga siapkan menu sehat seperti sayuran hijau yang dimasak tanpa menggunakan santan, lalapan, urap, dan sejenisnya. Akan lebih baik lagi jika kamu juga menyediakan buah-buahan sebagai makanan penutup. Daripada membuat es buah yang mengandung banyak gula, akan lebih baik lagi jika kamu cukup menyediakan irisan buah saja. Selain praktis, menu ini juga lebih sehat.

Selanjutnya, kalau kamu bertamu ke rumah kerabat atau tetangga dan diberi suguhan menu lebaran seperti rendang, opor, gulai, dan sejenisnya, usahakan hindari kuahnya. Kuah masakan ini sudah mengandung tinggi lemak. Bayangkan jika kamu mengambil kuah sekaligus dagingnya. Ada berapa banyak lemak yang kamu makan saat lebaran saja? Cukup ambil daging dan isinya saja. Akan lebih baik lagi kalau kamu menemukan daging ayam tanpa kulit atau daging yang tanpa lemak.

Bagaimana, tidak sulit kan menjaga tubuh tetap ideal meski lebaran tiba? Yuk segera siapkan menu sehatmu!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA