in

5 Negara Ini Peringkat Satu untuk Hal-Hal yang Buruk

5. Bangladesh, Negara Dengan Kasus Human Trafficking Paling Banyak

Human trafficking adalah kejahatan kelas berat dan sangat bertentangan dengan wacana HAM. Hukumannya juga sangat tidak ringan untuk siapa pun yang melakukannya. Meskipun demikian, praktiknya masih marak, dan negara dengan kasus human trafficking terbanyak di dunia adalah Bangladesh.

Potret warga Bangladesh yang jadi korban human trafficking [Image Source]
Potret warga Bangladesh yang jadi korban human trafficking [Image Source]
Tiap tahunnya, sekitar 50 ribu wanita dan anak-anak Bangladesh dikirim ke luar negeri dengan iming-iming pekerjaan dan penghidupan yang lebih baik. Namun nyatanya jauh berbeda, mereka justru dijadikan pekerja kasar dan bahkan wanita penghibur. Untuk laki-lakinya juga sama, ada sekitar 10 ribu orang berangkat ke luar negeri tiap tahunnya dengan India sebagai salah satu tujuan utama. Sayangnya, nasib mereka pun tak lebih baik dari anak-anak maupun wanitanya.

Pemerintah sendiri bukannya tidak tahu tentang kasus miris ini. Namun mereka cenderung angkat tangan dan tidak peduli. Tercatat, antara tahun 1999 sampai 2004 hanya 53 kasus yang diangkat ke meja hijau dan hanya 21 di antaranya yang berhasil menyeret pelakunya ke jeruji besi.

Baca Juga : 10 Tempat Paling Berbahaya, Terpapar Radioaktif Mematikan

Jika melihat deretan negara di atas, kita patut bersyukur lahir dan hidup di Indonesia. Air masih melimpah, tingkat kejahatan juga tidak tinggi, dan TKI kita yang masih sangat dibutuhkan serta dipekerjakan sebagaimana mestinya. Ya, meskipun dollar jadi 14 ribu sekarang, kita tetap jauh lebih beruntung dari beberapa negara di daftar ini.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Alasan Kenapa Anak TK Selalu Sukses Bikin Kita Iri

tren batu akik

Tren Musiman yang Sempat Membuat Orang Indonesia Tergila-gila