Ternyata Perilaku Aneh Kita Sehari-Hari Ada Penjelasan Ilmiahnya, Lho

oleh Tetalogi
15:00 PM on Aug 5, 2015

Manusia itu sebenarnya sering banget melakukan hal-hal aneh. Hanya saja kebanyakan dari kita nggak menyadari hal tersebut. Tapi waktu kamu diam sejenak dan memikirkannya, barulah kamu menyadari keanehan yang kamu lakukan sehari-hari.

Baca Juga : 5 Miliuner Tertampan dan Termuda di Dunia

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Nah, perilaku tersebut nggak cuma sekedar muncul begitu saja. Ternyata ada penjelasan ilmiah dibalik perilaku-perilaku ini, lho. Berikut ini contohnya.

1. Rasa Ingin Menggigit Hal-Hal yang Bikin Gemes

Ada dua teori utama tentang fenomena ini. Yang pertama adalah karena sensor yang berhubungan dengan rasa senang saling bertemu di otak. Saat orang (terutama wanita) mencium bau bayi yang baru lahir, otak akan mengeluarkan sejumlah dopamin yang sama saat kita memakan makanan yang lezat. Menurut teori ini, otak akan menghubungkan sesuatu yang menggemaskan dengan aroma yang memicu dopamine, yang juga mengingatkan kita akan makanan. Nah, perasaan yang saling silang ini akhirnya secara tidak sadar membuat kita punya keinginan untuk menggigit hal-hal yang menggemaskan ini.

Bayi yang menggemaskan terkadang membuat kita ingin menggigit mereka. Tentu main-main saja [Image Source]
Bayi yang menggemaskan terkadang membuat kita ingin menggigit mereka. Tapi tentu tidak menggigit betulanĀ [Image Source]
Menurut teori yang berikutnya, hal ini adalah salah satu bentuk permainan menggigit atau pura-pura menggigit yang umum pada banyak mamalia dan kemungkinan merupakan perilaku animalistik kita. Banyak binatang pura-pura menggigit atau pura-pura berkelahi satu sama lain. Belum diketahui apakah ini dilakukan untuk melatih teknik bertarung, melatih kemampuan motorik, atau sekedar untuk main-main. Tapi yang jelas, perilaku ini muncul di antara teman kepercayaan. Jadi, pura-pura menggigit bisa jadi adalah cara untuk meningkatkan kedekatan secara sosial yang menjelaskan kenapa kita secara tidak sadar mengginggit seseorang yang ingin kita kenal dengan dekat secara emosional.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA