in

Ternyata Perilaku Aneh Kita Sehari-Hari Ada Penjelasan Ilmiahnya, Lho

6. Pura-pura Tahu Sesuatu

Beberapa orang punya kebiasaan untuk pura-pura tahu tentang sesuatu hal meskipun kalau mau diam dan memikirkannya sejenak, mereka sebenarnya hanya tahu sedikit atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang hal tersebut. Hal ini, bisa dilakukan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Tapi yang jelas, ada penjelasan ilmiah mengapa seseorang melakukan hal ini.

Beberapa orang sengaja atau tidak sengaja berpura-pura mengetahui sesuatu. [Image Source]
Beberapa orang sengaja atau tidak sengaja berpura-pura mengetahui sesuatu. [Image Source]
Professor David Dunning mengungkapkan bahwa kebanyakan orang melakukannya sekedar agar praktis atau untuk menunjukkan identitasnya. Banyak dari kita tidak benar-benar mengerti apa yang kita tahu atau tidak ketahui tentang sesuatu hal dan mungkin secara tidak sadar akan pura-pura mengetahui tentang sesuatu. Pasalnya, saat seseorang bertanya apakah kita tahu tentang sesuatu hal, otak akan mulai mengira-ngira dan menciptakan penjelasan tentang suatu hal. Saat itulah kita mungkin akan bilang bahwa kita tahu sesuatu yang meskipun sebenarnya tidak, karena kita tidak mau menghentikan percakapan karena otak berpikir bahwa kita harus tahu sesuatu tentang topik tersebut.

Hal lain yang paling jelas adalah karena orang tersebut merasa seperti orang yang tahu segalanya. Menurut Robert A. Burton, masyarakat kita mengagungkan ilmu pengetahuan, sehingga mengetahu tentang sesuatu hal adalah sesuatu yang dikagumi. Menjadi orang yang merasa tahu segalanya bisa membuat ketagihan dan bahkan beberapa area otak akan aktif dan mengeluarkan dopamine. Reaksi ini sama dengan saat kamu mengonsumsi obat-obatan atau melakukan judi. Itulah mengapa perilaku ini bisa menjadi kebiasaan yang sangat sulit dihentikan.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Sekolah dan Kampus Berbentuk Unik Ini Bikin Belajar Jadi Asik

7 Wajah Putri Disney Jika Mereka Menjadi Nenek-Nenek!