in

Ternyata Perilaku Aneh Kita Sehari-Hari Ada Penjelasan Ilmiahnya, Lho

8. Suka Film Sedih

Alasan kenapa seseorang begitu menyukai film-film sedih adalah karena hal ini membuat mereka merasa lebih bahagia untuk sejenak sehingga membuat orang tersebut makin menikmati film tersebut. Peneliti dari Ohio State University menyebutkan bahwa menonton film sedih membuat orang memikirkan hidup mereka sendiri sehingga mereka bisa lebih bersyuur dan puas dengan kehidupan mereka sendiri.

Kita kadang sudah mengalami hal sedih dalam kehidupan sehari-hari. Tapi mengapa kita masih menonton film sedih? [Image Source]
Kita kadang sudah mengalami hal sedih dalam kehidupan sehari-hari. Tapi mengapa kita masih menonton film sedih? [Image Source]
Melihat tragedi di televisi membuat orang memeriksa kehidupan mereka sendiri dan menghitung berkah yang mereka miliki. Tapi, reaksi yang dimaksud bukan dalam ekspresi semacam, ‘wah, untuk aku tidak sesial orang itu’. Hal ini adalah pemikiran yang egois dan hanya fokus pada diri sendiri. Mereka yang memiliki pemikiran seperti ini tidak mengalami peningkatan rasa senang setelah menonton film tersebut.

Selain itu, menurut Dr. Paul Zak, nonton film atau mendengar cerita tentang orang lain yang membuat kita merasa bersimpati melepaskan oxytocin yang meningkatkan perasaan peduli. Zak bahkan menyebut zat ini sebagai ‘molekul moral’ karena membuat kita bisa dipercaya, murah hati, dan peduli dengan orang lain.

Baca Juga : 10 Kejadian Unik dan Aneh Gara-Gara Kecanduan Game

Nah, itu tadi beberapa hal aneh yang sering dilakukan manusia. Ternyata ada penjelasan aneh dibaliknya, jadi tidak perlu lagi bingung kenapa kamu sering melakukan hal-hal tersebut.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Sekolah dan Kampus Berbentuk Unik Ini Bikin Belajar Jadi Asik

7 Wajah Putri Disney Jika Mereka Menjadi Nenek-Nenek!