Pemerintah Indonesia Siaga Hadapi Penyebaran Wabah Ebola

oleh Admin
10:36 AM on Aug 6, 2014

Beberapa hari ini, Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengeluarkan data sekitar 8 orang telah meninggal akibat wabah Ebola. Virus Ebola sedang mewabah di wilayah Afrika, dengan persentase kematian mencapai 90% bagi mereka yang terjangkit virus ini. Yang mengkhawatirkan, wabah Ebola telah masuk ke benua Amerika dan tidak menutup kemungkinan akan tersebar ke wilayah lainnya.wabah-ebola

Menanggapi hal tersebut, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia sudah mempersiapkan antisipasi penyebaran virus Ebola, dilansir oleh detik.com, Selasa (5/8). Menteri Kesehatan, dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH mengatakan walaupun di Indonesia belum ada kasus Ebola, namun laboratorium sudah dipersiapkan untuk mengidentifikasi jika ada kemungkinan virus Ebola.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

“Indonesia pada saat ini memang masih di tingkat waspada. Laboratorium sudah kita siagakan jika ada gejala, sehingga bisa langsung kita periksa kemungkinan ebola atau tidak,” ujar Menteri Kesehatan.

Seringkali wabah di suatu daerah menyebar ke daerah lain melalui orang yang berpindah tempat. Maka pemerintah juga telah waspada dan memberi peringatan perjalanan atau travel warning. Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin bepergian ke daerah Afrika, terutama di daerah-daerah yang terkena wabah Ebola, disarankan untuk selalu melakukan pengecekan kesehatan, sebelum dan sesudah kembali ke Indonesia.

Hubungan transportasi Indonesia ke Siera, Liberia, dan Guinea (negara yang terkena wabah Ebola) sangat minim bahkan tidak ada secara langsung, sehingga kecil kemungkinan virus Ebola sampai ke Indonesia. Pihak WHO sendiri sudah mengantisipasi agar orang yang terinfeksi Ebola tidak meninggalkan negaranya, agar penyebaran virus tidak semakin meluas.

“Meskipun kita dalam status waspada, harapannya insya Allah tidak sampai di sini. Ebola ini kan ada bermacam-macam, yang ada di Asia alhamdulillah tidak berbahaya bagi manusia,” ujar Nafsiah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA