Mengintip Besarnya Pajak Setahun 5 Kendaraan Mewah Ini yang Bisa Banget Buat Beli Mobil Baru

Besar pajaknya ngeri banget sih

oleh Aini Boom
08:00 AM on Aug 28, 2017

Kian hari, gaya hidup masyarakat kalangan menengah ke atas cenderung makin hedonis dan konsumtif. Khususnya di kota metropolitan, mulai banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki mobil mewah dengan harga selangit. Namun untuk memiliki kendaraan mentereng di ibu kota, sepertinya perlu menimbang-nimbang dengan matang.

Pasalnya, untuk memiliki mobil mewah yang dipikirkan bukan hanya harga pembeliannya saja. Sebab seperti di Provinsi DKI Jakarta, telah ada Perda khusus yang mengatur pajak kendaraan bermotor termasuk di dalamnya kendaraan mewah. Dan lagi, besaran pajak untuk mobil-mobil mewah seperti Ferrari Spider bahkan bernilai hingga ratusan juta per tahunnya. Ngeri nggak tuh?. Yuk kita intip besaran pajak mobil-mobil mewah di Indonesia.

Baca Juga
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang
Mulai dari Disalahartikan Hingga Ditakuti, Inilah Arti Sebenarnya dari Lagu “Genjer-Genjer”

Ferrari Spider, Pajak Per Tahun Rp 123 Juta

Ferrari Spider [image: source]
Untuk mobil mewah seperti Ferrari Spider, saat ini harganya mencapai Rp 6 miliar per unit. Perhitungan pajaknya Rp 6 miliar x 1,050 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Maka, pajak yang harus dibayar pertahunnya adalah Rp 126 juta per tahun. Namun besarnya pajak akan berbeda jika bukan kepemilikan pertama. Karena prosentase tiap kepemilikan berbeda. Kepemilikan pertama sebesar 2%, kepemilikan kedua sebesar 2,5%, ketiga 3%, keempat 3,5 persen, dan seterusnya. Setiap bertambah satu kepemilikan bertambah 0,5 %. Sedangkan kepemilikan ketujuh belas dan seterusnya sebesar sepuluh persen.

Jika kita asumsikan Ferrari Spider adalah kepemilikan ketujuh belas, maka perhitungannya jelas berbeda dengan kepemilikan pertama. Yaitu Rp 6 miliar x 1,050 (bobot) x 10%, maka pajak yang harus dibayar adalah Rp 630 juta.

Lamborghini Gallardo, Pajak Rp 112,75 Juta Per Tahun

Lamborghini Gallardo [image: source]
Mobil Lamborhini Gallardo yang harganya mencapai Rp 5,5 miliar per unit. Maka pajak yang dikenakan Rp 5,5 miliar x 1,25 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Hasilnya, pajak yang harus dibayar sebesar Rp 112.750.000 per tahunnya.

Mobil Rolls-Royce, Pajak Pertahunnya Rp 77,9 Juta

Rolls Royce [image: source]
Harga mobil roll-royce per unit mencapai Rp 3,8 miliar. Perhitungan pajaknya Rp 3,8 miliar x 1,050 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Maka, pajak yang harus dibayar pertahunnya adalah Rp 77,9 juta per tahun

Porsche Boxster, Pajak Rp 71,75 Juta Per Tahun

Porsche Boxster [image: source]
Mobil Porsche Boxster seharga Rp 3,5 miliar per unit, maka pajak yang dibayar per tahunnya sekitar Rp 123 juta. Perhitungannya, adalah Rp 3,5 miliar dikalikan 1,025 (bobot) dan dikalikan 2% (tarif kepemilikan pertama).

Mobil Alphard, Pajak Pertahun Rp 18,988 Juta Pertahun

Alphard [image: source]
Meski harganya kurang dari satu miliar, Alphard yang dibanderol Rp 904.700.000 per unit juga masuk kategori yang dikenai pajak kendaraan mewah. Biaya yang dikenakan Rp 904.700.000 x 1,050 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Maka, pajak yang harus dibayar pertahunnya adalah Rp 18.998.700

Pajak diatas untuk asumsi setiap unit mobil adalah kepemilikan pertama. Untuk kepemilikan kedua dan seterusnya, tentu biaya pajak yang harus dikeluarkan jelas lebih mahal. Hal ini belum ditambah biaya bahan bakar, service, dan lain-lain, maka pemilik akan merogoh kocek yang lumayan tiap tahunnya. Jadi, bagi kita yang uangnya pas-pasan untuk membeli mobil mewah sebaiknya dipikir berulang kali dulu. Ketimbang nanti kerepotan bukan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA