5 Mitos Tentang Burung yang Bakal Bikin Kamu Ngeri Tapi Juga Pengen Pelihara

oleh Rizal
11:21 AM on Feb 9, 2016

Kalau kata penyuka burung, tak ada pagi yang lebih menyenangkan selain menikmati secangkir kopi dan sinar matahari, ditemani oleh merdunya kicauan burung kesayangan. Seperti orang makmur katanya. Percaya atau tidak ini memang benar. Suara burung yang mengiringi indahnya pagi seakan membuat hidup lebih enteng dan tidak ada beban.

Tentang burung, sudah tidak dipungkiri lagi kalau hewan satu ini adalah peliharaan populer masyarakat Indonesia. Tidak hanya tentang eksotisme tapi juga nilai ekonomis. Di samping itu, pertimbangan seseorang memelihara burung adalah alasan mitos. Ya, beberapa jenis burung dipercaya memberikan tuah bermanfaat bagi si empunya.

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Namun, mitos tentang burung ini tidak melulu tentang hal-hal yang bagus tapi bisa juga sebaliknya. Nah, berikut adalah deretan mitos burung yang ada di masyarakat. Mitos baik mungkin membuatmu tertarik memelihara si burung, tapi mungkin ogah untuk burung pemilik mitos ngeri.

1. Burung Sirit Uncuing

Bagi yang belum tahu mitosnya, mungkin akan menganggap Sirit Uncuing ini sebagai burung yang eksotis. Tidak salah sih, karena perpaduan bulunya memang cantik. Warna orange tubuhnya disembur warna gelap serta bagian ekor yang belang. Cantik, tapi burung ini sering dikaitkan dengan mitos yang bikin merinding.

Sirit Uncuing, burung kecil penanda kematian [Image Source]
Sirit Uncuing, burung kecil penanda kematian [Image Source]
Burung yang juga dikenal dengan nama Daradasih ini adalah simbol kematian. Jadi, ketika burung ini berputar-putar atau hinggap di sebuah rumah lalu dia berkicau, maka dipastikan si empunya rumah atau orang sekitarnya akan mati selang beberapa waktu kemudian. Mitosnya seperti ini sih terlepas benar atau tidaknya. Burung ini kadang juga suka bikin kaget orang-orang dengan kicauannya yang sekilas mirip dengan ketawanya kuntilanak.

2. Burung Pipit

Pipit mungkin bukan burung yang lazim dipelihara meskipun dulu kita sering beli di depan SD. Namun, soal mitos, masyarakat masih sangat percaya kalau burung ini memang memiliki tuah. Pernah lihat burung pipit berkicau di depan rumah? Rumornya, jika kamu menemui hal ini, maka dipastikan akan ada tamu istimewa yang bakal datang.

Pipit bisa pertanda baik atau buruk [Image Source]
Pipit bisa pertanda baik atau buruk [Image Source]
Di beberapa daerah kepercayaan yang sama juga beredar. Hanya saja memiliki perbedaan. Misalnya jika burung pipit berkicau di kanan rumah, maka tamu baik yang akan datang. Jika di kiri maka sebaliknya.

3. Burung Gagak

Seseorang bisa dibilang punya selera yang cukup aneh kalau sampai pelihara burung satu ini. Memang dari bentuk cukup cantik, tapi burung satu ini dikenal sangat agresif. Suaranya juga bikin merinding, alih-alih bikin tenang.

Gagak dikenal sebagai burung pembawa pesan kematian [Image Source]
Gagak dikenal sebagai burung pembawa pesan kematian [Image Source]
Bahkan jika ditambah mitosnya, maka burung ini punya image yang buruk. Ya, mungkin kamu sudah tahu kalau gagak sangat ikonik dengan label burung kematian. Mitosnya, ketika burung ini berputar-putar di atas sebuah rumah, maka biasanya seseorang yang tinggal di dalamnya akan meninggal. Mitos ini dipercaya turun temurun hingga hari ini.

4. Burung Perkutut

Bukan tanpa alasan lho kenapa kebanyakan burung perkutut dinamai Bedjo atau Beruntung dalam bahasa Indonesianya. Alasannya sendiri bersinggungan dengan mitos burung satu ini. Katanya, ketika seseorang memelihara perkutut maka ia akan dilimpahi banyak keberuntungan.

Tak heran kenapa burung ini banyak yang bernama Bedjo [Image Source]
Tak heran kenapa burung ini banyak yang bernama Bedjo [Image Source]
Mitos ini dipercaya oleh orang-orang Jawa zaman dulu. Makanya di desa-desa atau pun tempat yang kental Jawanya, banyak orang-orang tua yang memelihara burung satu ini. Bahkan katanya lagi kalau sampai bisa mengoceh, burung ini akan membawa makin banyak keberuntungan.

5. Burung Walet

Burung yang bisa terbang sangat cepat ini konon juga punya mitosnya sendiri. Burung ini tipe penerbang cepat, jadi sangat jarang ia hinggap di sebuah tempat selain sarangnya. Namun, jika suatu ketika ada burung walet yang masuk ke dalam rumah, maka mitosnya akan berlaku.

Walet masuk ke dalam rumah identik dengan keberuntungan [Image Source]
Walet masuk ke dalam rumah identik dengan keberuntungan [Image Source]
Konon katanya, jika mendapati burung ini masuk ke dalam rumah, maka dipercaya seisi rumah akan mendapatkan rejeki yang besar. Terlepas dari mitos ini, walet sendiri memang membawa rezeki apalagi kalau diternak. Konon katanya harga sarang walet itu luar biasa mahal.

Inilah mitos-mitos tentang burung yang masih dipercaya orang-orang sampai sekarang. Tentu saja ini kembali pada persepsi masing-masing. Namun satu hal yang pasti, burung adalah hewan peliharaan yang memang bisa bikin kita mendapatkan banyak kebahagiaan. Apalagi kalau menang kontes atau mungkin diternak lalu kemudian diperjualbelikan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA