Inilah 5 Senjata Terbaik Korps Kavaleri TNI AD yang Melindungi Kedaulatan Indonesia

oleh Adi Nugroho
11:00 AM on Feb 9, 2016

Setiap tanggal 9 Februari TNI AD memperingati lahirnya Kavaleri di Indonesia. Korps atau pasukan ini dibentuk pertama pada tahun 1950, atau setahun setelah Belanda dan sekutu hengkang dari Indonesia. Pasukan Kavaleri saat itu belum memiliki banyak senjata tempur berlapis baja seperti sekarang. Dahulu pasukan ini masih menggunakan senjata jarahan dari Jepang dan Belanda yang akhirnya mengakui kedaulatan NKRI.

Baca Juga :5 Fakta Kehebatan TNI ini Bisa Membuatmu Semakin Bangga dengan Indonesia

Baca Juga
Missileers, Serdadu “Emak-emak” Amerika yang Bisa Bikin Dunia Kiamat Dalam Sekejap
Rochy Putiray, Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Bikin AC Milan Ampun-ampunan

Satuan berlapis baja ini akhirnya lambat laut berkembang dengan pesat dan menjadi benteng pertahanan bagi Indonesia. Tanpa adanya Pasukan Kavaleri ini, Indonesia bisa goyah jika terkena serangan dari luar. Dan inilah senjata-senjata terbaik dari Pasukan Kavaleri TNI AD yang sangat hebat itu.

1. Helikopter Nbell-412 SP/HP/EP

Meski merupakan heli lawas karena dibuat pertama kali oleh PT Dirgantara Indonesia di tahun 1984. Heli ini mampu menunjukkan nyalinya yang sangat besar. Bahkan memiliki persenjataan yang cukup lengkap meski merupakan heli sipil. Saat ini indonesia memiliki 44 heli Nbell-412 yang diserahkan ke Skadron 11/Serbu di Semarang, Jawa Tengah.

Helikopter Nbell-412 [image source]
Helikopter Nbell-412 [image source]
Heli ini dipersenjatai dengan FN-Herstal MAG 58 kaliber 7,62 mm hingga peluncur roket FFAR jenis T.905 kaliber 2,75 inchi. Heli Nbell-412 sendiri terdiri dari 3 jenis mulai dari Special Performance, High Performance, dan Enchanced Performance. Ketiga jenis heli ini tak ada perbedaan yang mencolok. Hanya saja mesin-mesin yang digunakan memiliki spesifikasi tertentu misal untuk kemampuan jelajah, kecepatan, dan serangan. Dalam keadaan normal heli ini mampu menampung 11 personil TNI AD dengan persenjataan lengkap.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA