in

Inilah 5 Senjata Terbaik Korps Kavaleri TNI AD yang Melindungi Kedaulatan Indonesia

senjata kavaleri

Setiap tanggal 9 Februari TNI AD memperingati lahirnya Kavaleri di Indonesia. Korps atau pasukan ini dibentuk pertama pada tahun 1950, atau setahun setelah Belanda dan sekutu hengkang dari Indonesia. Pasukan Kavaleri saat itu belum memiliki banyak senjata tempur berlapis baja seperti sekarang. Dahulu pasukan ini masih menggunakan senjata jarahan dari Jepang dan Belanda yang akhirnya mengakui kedaulatan NKRI.

Baca Juga :5 Fakta Kehebatan TNI ini Bisa Membuatmu Semakin Bangga dengan Indonesia

Satuan berlapis baja ini akhirnya lambat laut berkembang dengan pesat dan menjadi benteng pertahanan bagi Indonesia. Tanpa adanya Pasukan Kavaleri ini, Indonesia bisa goyah jika terkena serangan dari luar. Dan inilah senjata-senjata terbaik dari Pasukan Kavaleri TNI AD yang sangat hebat itu.

1. Helikopter Nbell-412 SP/HP/EP

Meski merupakan heli lawas karena dibuat pertama kali oleh PT Dirgantara Indonesia di tahun 1984. Heli ini mampu menunjukkan nyalinya yang sangat besar. Bahkan memiliki persenjataan yang cukup lengkap meski merupakan heli sipil. Saat ini indonesia memiliki 44 heli Nbell-412 yang diserahkan ke Skadron 11/Serbu di Semarang, Jawa Tengah.

Helikopter Nbell-412 [image source]
Helikopter Nbell-412 [image source]
Heli ini dipersenjatai dengan FN-Herstal MAG 58 kaliber 7,62 mm hingga peluncur roket FFAR jenis T.905 kaliber 2,75 inchi. Heli Nbell-412 sendiri terdiri dari 3 jenis mulai dari Special Performance, High Performance, dan Enchanced Performance. Ketiga jenis heli ini tak ada perbedaan yang mencolok. Hanya saja mesin-mesin yang digunakan memiliki spesifikasi tertentu misal untuk kemampuan jelajah, kecepatan, dan serangan. Dalam keadaan normal heli ini mampu menampung 11 personil TNI AD dengan persenjataan lengkap.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Kehebatan Presiden SBY yang Mungkin Tidak Dimiliki Pemimpin Indonesia Lainnya

5 Mitos Tentang Burung yang Bakal Bikin Kamu Ngeri Tapi Juga Pengen Pelihara