in

4 Alasan Mengapa Indonesia Perlu Memindahkan Ibukota ke Wilayah Lain

4. Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Selama ini pusat pemerintahan dan ekonomi terkesan terpusat di pulau Jawa. Gedung-gedung perkantoran juga lebih banyak ditemukan di Jawa daripada daerah lainnya sehingga perekonomian di Jawa mampu berkembang dengan lebih pesat. Namun lain halnya dengan wilayah luar pulau Jawa.

Pusat perbelanjaan [Image Source]
Pusat perbelanjaan [Image Source]
Dengan memindahkan pusat pemerintahan ke pulau lain seperti Kalimantan atau ke wilayah Indonesia Timur, setidaknya pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut juga akan ikut berkembang. Asalkan konsep pembangunannya dirancang dengan baik dan berkualitas, maka pemindahan ibukota ini bisa menjadi jalan bagi wilayah Indonesia Timur untuk bangkit dan semakin berkembang.

Baca Juga :8 Negara Ini Dipercaya Bakal Menguasai Dunia di Masa Depan

Memang bukan pekerjaan mudah untuk memindahkan ibukota begitu saja. Butuh persiapan dan menentukan kota mana yang cocok menjadi pusat pemerintahan yang baru. Tapi jika hal ini bisa dilakukan untuk mengembangkan dan menumbuhkan wilayah luar pulau Jawa, wacana ini tentu layak untuk dipertimbangkan. Hal ini tidak lain demi keadilan dan pemerataan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, pembangunan juga perlu direncanakan dengan matang agar tidak merusak lingkungan bumi Indonesia ini.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Terungkap, 5 Alasan ini Kenapa Kerja di Freeport Ternyata Tak Seenak Dugaanmu

7 Alasan Kuat ini Akan Membuatmu Percaya Akan Keberadaan Hantu