Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Ketika durian tersaji dalam bentuk kelengkeng, inilah Matoa.

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Aug 15, 2017

Kenal buah Matoa? Buat kamu yang tinggal di sekitar Indonesia Timur, mungkin nggak sulit dapetin buah satu ini. Tapi, untuk daerah lain harus ke supermarket dulu. Sebab, buah legit ini nggak dijual sembarangan di pinggir-pinggir jalan. Memang sih, Matoa sudah sudah bisa dijumpai di seluruh Indonesia, tapi sejatinya pohon buah Matoa hanya tumbuh di Indonesia Timur, khususnya Papua.

Jadi buah khas dari Papua, rupanya Matoa juga sudah ngehits di seluruh Indonesia. Aromanya yang sedap seperti durian dan teksturnya yang seperti kelengkeng memang sangat unik, belum lagi rasanya juga sangat manis. Usut punya usut, rupanya buah ini juga punya banyak khasiat. Enak dan berkhasiat? Wih, kayaknya kita musti banyak tau tentang buah khas Papua tersebut.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Punya banyak khasiat buat kesehatan

Salah satu daya tarik buah satu ini adalah khasiatnya buat kesehatan. Kalau dijabarkan satu persatu, mungkin bakal butuh banyak waktu buat ngebahas manfaat buah Matoa bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi ambeien, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah hipertensi, menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh, dan juga mencegah jantung koroner.

Buah Matoa punya banyak khasiat kesehatan [image source]
Bisa dibilang buah ini memang punya khasiat paket komplit. Karena mengandung banyak sekali vitamin C dan E, buah ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radiasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah kamu yang nggak punya penyakit seperti disebutkan di atas, mengkonsumsi buah Matoa bisa untuk memperkuat daya tahan tubuhmu.

Untuk merawat kecantikan

Selain punya banyak manfaat buat kesehatan, Matoa juga bakal jadi sahabat terbaik para perempuan yang pengen cantik dari dalam. Yang harus kalian tahu, buah ini bukan buah sembarangan. Fungsinya bisa sama dengan produk-produk kecantikan, sebut saja mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus seperti keriput.

Matoa baik untuk kecantikan [image source]
Buat kamu yang sering ngalamin masalah muka seperti jerawat, buah ini bisa jadi solusi yang ngebantu muka kamu jadi lebih bersih dan merona alami. Kok bisa begitu? Ya, soalnya buah Matoa berfungsi sebagai pembersih racun dalam tubuh, hasil nyatanya juga terlihat dari kulit wajah yang lebih bersih. Dan satu lagi, rutin mengkonsumsi buah ini juga akan menjaga kulitmu dari paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kulit.

Harga lumayan mahal

Sebagai buah yang punya segudang manfaat, nggak heran kalau buah Matoa dibandrol dengan harga yang lumayan mahal. Jika kamu membuka toko online, ada beberapa yang menawarkan buah Matoa segar yang siap dipesan. Untuk satu kilogram buah berkhasiat ini dibandrol dengan harga Rp.160.000. Memang tergolong mahal jika dibandingkan dengan buah yang lain.

Harga buah matoa lumayan [image source]
Harga tersebut tentu nggak sebanding dengan banyaknya khasiat yang baik buat kesehatan dan kecantikan. Kalau dipikir-pikir lagi, untuk mendapatkan paket kesehatan dan kecantikan yang terkandung dalam Matoa, harga Rp. 160.000 ribu itu seperti bukan apa-apa, kan? Belum lagi, lidah kita juga bakal dimanjakan dengan rasa buahnya yang punya rasa begitu manis, legit dan aroma yang harum banget.

Buah langka

Langka adalah salah satu alasan kenapa buah ini dibandrol dengan harga yang lumayan mahal. Bisa dibayangkan ya, pohon buah satu ini cuma bisa ditemui di wilayah Indonesia bagian Timur, khususnya Papua. Matoa memang nggak bisa tumbuh di sembarang tempat. Mereka hanya bisa berkembang dengan baik di daerah dengan kondisi tanah yang kering, tidak tergenang, dan punya lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan pohon Matoa adalah bercurah hujan tinggi.

Pohon buah matoa besar dan tinggi [image source]
Meski sudah go nasional, buah ini masih dikatakan langka karena memang nggak bisa tumbuh di sembarang tempat. Terlebih, pohon ini hanya berbuah satu kali dalam setahun. Mereka berbunga pada bulan Juli sampai Oktober, dan berbuah tiga sampai empat bulan kemudian. Belum lagi pohon buah Matoa tergolong tinggi besar dengan tinggi rata-rata sekitar 18 meter dengan diameter maksimum 100 cm, sungguh suatu perjuangan saat akan memanennya.

Punya rasa yang luar biasa legit dan aroma harum memang jadi poin plus bagi buah Matoa. Belum lagi, buah ini punya segudang khasiat yang berguna buat kesehatan dan kecantikan. Beneran deh, buah satu ini memang recommended untuk selalu disediakan di rumah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA