Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Ketika durian tersaji dalam bentuk kelengkeng, inilah Matoa.

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Aug 15, 2017

Kenal buah Matoa? Buat kamu yang tinggal di sekitar Indonesia Timur, mungkin nggak sulit dapetin buah satu ini. Tapi, untuk daerah lain harus ke supermarket dulu. Sebab, buah legit ini nggak dijual sembarangan di pinggir-pinggir jalan. Memang sih, Matoa sudah sudah bisa dijumpai di seluruh Indonesia, tapi sejatinya pohon buah Matoa hanya tumbuh di Indonesia Timur, khususnya Papua.

Jadi buah khas dari Papua, rupanya Matoa juga sudah ngehits di seluruh Indonesia. Aromanya yang sedap seperti durian dan teksturnya yang seperti kelengkeng memang sangat unik, belum lagi rasanya juga sangat manis. Usut punya usut, rupanya buah ini juga punya banyak khasiat. Enak dan berkhasiat? Wih, kayaknya kita musti banyak tau tentang buah khas Papua tersebut.

Baca Juga
Mulai Bentuk Pocong Hingga Kuyang, Inilah 4 Fakta Bantal Guling Model Hantu yang Viral di Thailand
Fenomena Harga Tiket Wisata yang Harganya Jadi Berkali-kali Lipat untuk Wisatawan Asing, Pantaskah?

Punya banyak khasiat buat kesehatan

Salah satu daya tarik buah satu ini adalah khasiatnya buat kesehatan. Kalau dijabarkan satu persatu, mungkin bakal butuh banyak waktu buat ngebahas manfaat buah Matoa bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi ambeien, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah hipertensi, menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh, dan juga mencegah jantung koroner.

Buah Matoa punya banyak khasiat kesehatan [image source]
Bisa dibilang buah ini memang punya khasiat paket komplit. Karena mengandung banyak sekali vitamin C dan E, buah ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radiasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah kamu yang nggak punya penyakit seperti disebutkan di atas, mengkonsumsi buah Matoa bisa untuk memperkuat daya tahan tubuhmu.

Untuk merawat kecantikan

Selain punya banyak manfaat buat kesehatan, Matoa juga bakal jadi sahabat terbaik para perempuan yang pengen cantik dari dalam. Yang harus kalian tahu, buah ini bukan buah sembarangan. Fungsinya bisa sama dengan produk-produk kecantikan, sebut saja mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus seperti keriput.

Matoa baik untuk kecantikan [image source]
Buat kamu yang sering ngalamin masalah muka seperti jerawat, buah ini bisa jadi solusi yang ngebantu muka kamu jadi lebih bersih dan merona alami. Kok bisa begitu? Ya, soalnya buah Matoa berfungsi sebagai pembersih racun dalam tubuh, hasil nyatanya juga terlihat dari kulit wajah yang lebih bersih. Dan satu lagi, rutin mengkonsumsi buah ini juga akan menjaga kulitmu dari paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kulit.

Harga lumayan mahal

Sebagai buah yang punya segudang manfaat, nggak heran kalau buah Matoa dibandrol dengan harga yang lumayan mahal. Jika kamu membuka toko online, ada beberapa yang menawarkan buah Matoa segar yang siap dipesan. Untuk satu kilogram buah berkhasiat ini dibandrol dengan harga Rp.160.000. Memang tergolong mahal jika dibandingkan dengan buah yang lain.

Harga buah matoa lumayan [image source]
Harga tersebut tentu nggak sebanding dengan banyaknya khasiat yang baik buat kesehatan dan kecantikan. Kalau dipikir-pikir lagi, untuk mendapatkan paket kesehatan dan kecantikan yang terkandung dalam Matoa, harga Rp. 160.000 ribu itu seperti bukan apa-apa, kan? Belum lagi, lidah kita juga bakal dimanjakan dengan rasa buahnya yang punya rasa begitu manis, legit dan aroma yang harum banget.

Buah langka

Langka adalah salah satu alasan kenapa buah ini dibandrol dengan harga yang lumayan mahal. Bisa dibayangkan ya, pohon buah satu ini cuma bisa ditemui di wilayah Indonesia bagian Timur, khususnya Papua. Matoa memang nggak bisa tumbuh di sembarang tempat. Mereka hanya bisa berkembang dengan baik di daerah dengan kondisi tanah yang kering, tidak tergenang, dan punya lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan pohon Matoa adalah bercurah hujan tinggi.

Pohon buah matoa besar dan tinggi [image source]
Meski sudah go nasional, buah ini masih dikatakan langka karena memang nggak bisa tumbuh di sembarang tempat. Terlebih, pohon ini hanya berbuah satu kali dalam setahun. Mereka berbunga pada bulan Juli sampai Oktober, dan berbuah tiga sampai empat bulan kemudian. Belum lagi pohon buah Matoa tergolong tinggi besar dengan tinggi rata-rata sekitar 18 meter dengan diameter maksimum 100 cm, sungguh suatu perjuangan saat akan memanennya.

Punya rasa yang luar biasa legit dan aroma harum memang jadi poin plus bagi buah Matoa. Belum lagi, buah ini punya segudang khasiat yang berguna buat kesehatan dan kecantikan. Beneran deh, buah satu ini memang recommended untuk selalu disediakan di rumah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA