in

10 Makanan Indonesia dengan Nama Unik dan Sejarahnya

3. Tahu Gimbal – Semarang

Tahu Gimbal adalah kuliner khas kota Semarang. Makanan ini terdiri dari campuran tahu yang digoreng, kol yang dirajang, tauge, telur serta lontong dan disajikan dengan siraman bumbu kacang encer/cair yang begitu khas, karena menggunakan petis udang.

Tahu Gimbal - (c) wikipedia.org
Tahu Gimbal – (c) wikipedia.org

Nama gimbal disini bukanlah diambil dari penjualnya yang memiliki rambut gimbal, tetapi gimbal adalah sebuah gorengan yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung sampai menjadi garing. Makanan yang renyah ini disajikan bersama dengan campuran tahu dan lontong tadi.

4. Nasi Kucing – Yogyakarta

Makanan ini sangat fenomenal di Yogyakarta. Kita bisa nemukannya pada warung akringan yang tersebar di berbagai daerah dari Kota Pelajar tersebut. Di daerah asalnya biasa disebut “Sego Kucing”. Kuliner ini begitu nikmat karena terdiri dari nasi dengan berbagai macam lauk-pauk berbentuk sate yang dapat kita pilih.

Nasi Kucing - (c) wikipedia.org
Nasi Kucing – (c) wikipedia.org

Tidak ada kucing yang teraniaya disini. Dinamakan nasi kucing bukan karena lauknya terbuat dari daging kucing, melainkan porsi nasinya yang sangat sedikit seperti untuk pakan kucing. Nasi ini disajikan dalam bungkusan daun pisang dan kertas nasi.

Selanjutnya: Kue Dollar dan Kue Cubit

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

Pria Berpakaian Wanita Tertangkap Basah Mengintip di Toilet

Air mancur di Kebun Raya Bogor | copyright Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org

Pesona Indahnya Kebun Raya Bogor Tempo Dulu