in

10 Makanan Indonesia dengan Nama Unik dan Sejarahnya

9. Bika Ambon – Medan

Makanan unik ini mempunyai tekstur yang hampir mirip dengan martabak. Dibuat dengan bahan dasar telur, gula dan santan. Rasanya sedikit kenyal dan sangat manis dengan aroma pandan. Terdapat banyak varian rasa saat ini yakni keju, cokelat dan durian.

Bika Ambon - (c) wikipedia.org
Bika Ambon – (c) wikipedia.org

Bika Ambon adalah oleh-oleh wajib dari daerah asalnya, Medan. Yaa, inilah keunikan dari kue berwarna kuning ini. Namanya memang Ambon, tapi tidak berasal dari sana melainkan dari Medan. Nama itu diambil dari nama jalan di kota Medan, tempat kue ini diproduksi untuk pertama kalinya. yaitu Jl. Ambon.

10. Kuku Macan – Kalimantan

Siapa yang berani memakan kuku macan? tentu tidak ada. Jangankan untuk memakan kukunya, sekedar mendekatinya untuk mengelus bulu pada hewan bertaring tersebut, pasti akan sangat menakutkan. Tetapi ternyata orang-orang yang ada di Kalimantan begitu pemberani loh dan mau untuk memakannya.

Kuku Macan (c) bellindomag.nl
Kuku Macan (c) bellindomag.nl

Tentunya bukan kuku macan yang sebenarnya, tetapi ini sebuah camilan sejenis kerupuk yang berasal dari sana. Makanan yang juga dikenal dengan nama kerupuk amplang ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan ikan tenggiri. Bentuknya itu mirip sekali dengan kuku macan.

Itulah tadi beberapa macam makanan Indonesia dengan nama yang sangat unik. Tidak sembarang diberikan, tapi nama itu memiliki arti dan sejarah tersendiri. Menurutmu, ada lagi gak nih makanan yang namanya unik di kotamu yang belum disebutkan disini? 🙂

Baca Juga: 10 Fakta Tentang Korea Utara Yang Bikin Kamu Tercengang

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

Pria Berpakaian Wanita Tertangkap Basah Mengintip di Toilet

Air mancur di Kebun Raya Bogor | copyright Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org

Pesona Indahnya Kebun Raya Bogor Tempo Dulu