Pesona Indahnya Kebun Raya Bogor Tempo Dulu

oleh Evi Rizana
08:09 AM on Mar 7, 2015

Hawa sejuk kota Bogor menjadikan kota tersebut kerap kali didatangi para wisatawan yang ingin refreshing dan menghirup udara segar. Ditambah lagi, keindahan Kebun Raya Bogor dengan lebih dari 15.000 tumbuhan hijau di dalamnya yang merupakan wisata pilihan untuk menikmati suasana liburan akhir pekan.

Nah, bagi kamu yang sering atau hendak menikmati liburan akhir pekan di Bogor ini, tidak ada salahnya lho jika kamu menyimak pesona keindahan Kebun Raya Bogor tempo dulu berikut.

Baca Juga
5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan
Miliki Fasilitas Bintang 5, Masjid di Lamongan Ini Mendadak Banyak Fans

1. Istana gubernur jenderal Belanda

Di kelurahan Paledang, kecamatan Kota Bogor Tengah, berdiri dengan megah Istana Kepresidenan Bogor. Istana yang berdiri begitu megahnya ini merupakan bangunan bekas Belanda, yakni Gubernur Jenderal Belanda G.W Baron van Inhoff yang mencari tempat peristirahatan.

Istana Gubernur Jenderal Belanda | copyright commons.wikimedia.org
Istana Gubernur Jenderal Belanda | copyright commons.wikimedia.org

Dan pada tahun 1744, dia berhasil menemukan pesanggrahan yang dulu disebut Buitenzorg. Istana megah ini berdiri di atas tanah datar dengan luas 28 hektar. Hawa sejuk di sekitar istana memberikan rasa sejuk dan membuat nyaman. Halaman istana ditata rapi sehingga terlihat seperti permadani hijau yang terhampar mengelilingi istana.

2. Pemakaman di Kebun Raya Bogor

Berbicara tentang obyek wisata Kebun Raya Bogor, pasti tak ketinggalan yang namanya pemakaman yang penuh misteri di dalamnya. Yup, salah satu kuburan di Kebun Raya Bogor ini dianggap sebagai kuburan keramat yang mengandung kisah misteri.

Area pemakaman | copyright commons.wikimedia.org
Area pemakaman | copyright commons.wikimedia.org

Terlepas dari kisah misteri makam keramat yang dianggap penuh misteri, pada dasarnya area pemakaman  di Kebun Raya Bogor ini nampak bersih dan rindang. Ditambah dengan pepohonan yang membuat area pemakaman terlihat sejuk. Dan pada tahun 1978, pemakaman di Kebun Raya Bogor ini mulai ditata lebih rapi lagi.

3. Danau dengan air mancur

Danau dengan air mancur seakan menjadi area yang wajib didatangi saat berkunjung di Kebun Raya Bogor. Banyak orang yang tak lupa untuk menikmati suasana danau dengan pemandangan air mancur.

Air mancur di Kebun Raya Bogor | copyright Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org
Air mancur di Kebun Raya Bogor | copyright Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org

Pada zaman dahulu, danau dengan air mancur di Kebun Raya Bogor ini terlihat lebih asri dan rapi. Kebersihan yang selalu dijaga, serta pemandangan alami sekitar danau dengan jalan setapak yang mencuri perhatian para pengunjung.

4. Pohon beringin

Kawasan Kebun Raya Bogor yang hijau memang destinasi yang tepat untuk wisata dan menyegarkan pikiran. Pepohonan hijau akan menghipnotis pikiran agar kembali segar. Nah, salah satu pepohonan yang memenuhi area Kebun Raya Bogor ini adalah pohon beringin.

Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org
Phon beringin | copyright commons.wikimedia.org

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, terlihat pepohonan besar di kawasan Kebun Raya Bogor ini tertata rapid an bersih. Suasana jalan menjadi rindang dengan pepohonan yang berbaris rapi. Dan memang, orang-orang dahulu menjaga ketat kebersihan kawasan kebun tersebut.

5. Jembatan gantung

Tak ketinggalan, jembatan gantung yang sering disebut sebagai jembatan (putus) cinta ini juga dianggap mistis oleh banyak orang. Konon katanya, pasangan kekasih yang berpacaran atau mengabadikan momen di jembatan merah tersebut bisa putus.

Jembatan gantung | copyright infolite.blogspot.com
Jembatan gantung | copyright infolite.blogspot.com

Tak bisa dipungkiri. Suasana di sekitar jembatan gantung Kebun Raya Bogor ini memang asyik untuk bercengkerama dengan keluarga, teman, atau kekasih. Suasana pepohonan yang sejuk yang menyegarkan pikiran serta pemandangan kali Ciliwung di atas jembatan gantung bercat merah ini.

Demikian beberapa foto yang menunjukkan pesona Kebun Raya Bogor Tempo Dulu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA