Lebaran? Batasi Makanan Manis, Ya!

oleh Maya Galuh
11:52 AM on Jul 16, 2015

Setelah satu bulan penuh umat muslim berpuasa, maka datanglah hari kemenangan, yakni hari raya Idul Fitri. Momen Idul Fitri menjadi saat yang paling dinanti setiap tahunnya. Di momen inilah setiap orang berkumpul dengan keluarga serta bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat di sekitar kita.

Nah, ada salah satu tradisi istimewa di Indonesia dalam merayakan lebaran. Kamu akan melihat meja ruang tamu dan meja makan yang telah ditata rapi dan cantik dengan berbagai menu istimewa. Berbagai kue-kue dan snack khas lebaran juga tersedia sebagai suguhan untuk para tamu atau keluarga yang datang.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Tantangan Makan Cupcake [image source]
Tantangan Makan Cupcake [image source]
Berbagai jenis kue kering tersedia dengan warna-warni yang cantik dan menggugah selera. Mulai dari kue nastar, kastengel, kue putri salju, dan berbagai macam jenis kue kering lainnya. Melihat aneka macam kue ini, siapa sih yang tidak ingin mencicipinya. Rasanya yang manis dan gurih memang mampu memanjakan lidah. Setelah mencoba satu, rasanya akan kurang terus dan ingin mengambil lagi dan lagi.

Meskipun lezat dan menggoda selera, hati-hati mengonsumsinya, ya. Menu-menu jajanan spesial khas lebaran ini biasanya mengandung gula dan lemak yang tinggi. Bagaimana tidak, kue-kue ini terbuat dari telur, mentega, serta gula yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu saja, kue-kue kering khas lebaran juga tinggi karbohidrat sederhana karena adanya bahan-bahan tepung di dalamnya. Karena itulah, usahakan kamu membatasi memakan kue-kue kering yang tersaji ini. Jangan makan terlalu banyak, yang penting kamu sudah mencicipi kue-kue lezat ini. Tentunya kamu tidak mau gula darah melonjak naik tiba-tiba karena terlalu banyak makan makanan manis bukan?

Jangan biarkan gula darahmu melonjak naik dan insulin ikut melonjak naik. Karena ini nanti bisa menyebabkan kamu mengalami kegemukan. Kan sayang setelah satu bulan penuh berpuasa, membatasi makanan, dan membersihkan tubuh, tiba-tiba tubuh diisi lagi dengan makanan tinggi gula gara-gara makan berlebihan?

Untuk itu, akan lebih bijak jika kamu mencicipi sedikit saja untuk kue-kue kering tersebut. Dengan begini, gula darah dan berat badanmu akan tetap stabil terjaga. Ingat, kuncinya adalah jangan makan berlebihan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content