5 Hal Mengejutkan di Korea Utara Bisa Anda Saksikan Sekarang Juga

oleh Centralismo
10:00 AM on Jan 5, 2015

Seperti yang kita ketahui bersama, Korea Utara adalah negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un. Negara ini kerap kali mendapat sorotan dari netizen karena peraturan-peraturan yang mereka terapan seringkali tidak masuk akal. Para wanita hanya boleh menggunakan rok, pemilik Alkitab akan masuk penjara dan bahkan potongan rambut anda harus mengikuti peraturan pemerintah.

Negara ini punya peraturan yang sangat ketat. Siapa saja yang melarang peraturan tersebut (meski peraturan aneh sekalipun) akan diganjar dengan hukuman penjara atau bahkan hukuman mati. Yang menarik lagi, pemimpin negara ini selalu mempunyai tingkat “narsistik” yang sulit dipercaya. Salah satunya, membuat video propaganda tentang bagaimana para rakyat sangat menyayangi Kim Jong Un. Berikut beberapa video mencengangkan dari Korea Utara.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Kim Jong Un Sang “Idola”

Pada video ini, tampak sang pemimpin negara Korea Utara sedang berjalan-jalan mengunjungi warganya. Semua warga berteriak histeris dan mengejar-ngejar Kim Jong Un layaknya seoang pahlawan yang turun dari surga. Para wanita memakai baju tradisional dan ikut mengejar sang presiden. Anak-anakpun tidak mau ketinggalan. Ketika kapal sang presiden meninggalkan kawasan tersebut, para pemuda berlomba-lomba mengejar kapalnya dengan berenang.

Benarkah mereka demikian cintanya pada sang presiden? ternyata tidak. Video ini dikabarkan adalah satu dari proyek narsisme sang presiden. Orang-orang yang berlari dan menangis sambil mengejar dia tersebut mungkin hanya takut, karena mereka diancam akan dipenjara kalau tidak memperlakukan sang presiden bak nabi. Dan penjara Korea Utara dikenal sebagai salah satu penjara yang paling kejam yang ada di dunia.

2. Gitaris-Gitari Kecil dari Korea Utara

Anda tentu pernah melihat video satu ini. Video ini menjadi viral di internet dan memperoleh sebanyak lebih dari 31 juta penonton di situs Youtube. Lima orang anak kecil bermain gitar klasik dengan skill yang sangat mengagumkan. Mereka bermain dengan sangat bagus, meski gitar mereka jauh lebih besar dari badan mereka sendiri.

Tapi jika anda lihat lebih dekat lagi, ada yang ganjil dari video ini. Para anak-anak tersebut tersenyum dengan kaku seperti robot. Mimik wajah merekapun tampak seperti orang yang terpaksa. Belakangan diketahui, anak-anak malang ini dipaksa untuk terus-menerus berlatih dengan gitarnya, dan jika mereka gagal, orang tua mereka akan dimasukkan ke penjara.

3. Tangisan Untuk Kim Jong il

Kim Jong Il adalah ayah dari Kim Jong Un yang mewariskan tahtanya kepada sang anak. Pada hari kematian Kim Jong il, semua rakyat Korea Utara berduka. Lebih dari sekadar berduka, mereka tampak sangat tersiksa seperti dunia mereka telah kiamat.

Orang-orang dikumpulkan di depan patung Kim Jong Il dan mereka menangis meraung-raung. Tidak ada satupun yang menangis dengan tangisan diam-diam. Semuanya meraung dan terisak-isak, bahkan ada yang sampai berlutut sambil berteriak. Namun belakangan diketahui bahwa semua rakyat Korea Utara harus menangis dengan cara seperti itu pada hari tersebut.

4. Tepuk Tangan

Anda mungkin tidak mengira bahwa hal sekecil tepuk tanganpun, ada aturannya di Korea Utara. Di Indonesia, anda hanya bertepuk tangan pada hal-hal yang anda rasa patut untuk diberi tepuk tangan. Namun, di Korea anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk bertepuk tangan.

Dalam video yang sangat singkat ini, jika anda perhatikan baik-baik, anda akan melihat bagaimana orang-orang ini sebenarnya tidak berniat untuk bertepuk tangan. Namun, mendengar orang di belakangannya bertepuk tangan, mereka bertepuk tangan sambil berteriak histeris, tanpa mengetahui apa yang harus ditepuk-tangani. video ini dikabarkan diambil ketika Kim Jong Un sedang berpidato.

5. Radio 24 Jam

Jika anda punya kesempatan untuk berjalan-jalan ke Korea Utara, maka anda akan “dihibur” oleh radio 24 jam. Radio ini tidak memiliki siaran seperti radio pada umumnya. Radio di Korea Utara berisi tentang propaganda negara mereka, perintah agar rakyat tetap patuh, lagu-lagu kebangsaan dan lagu-lagu yang memuji para pemimpin.

Bahkan, konon, di setiap rumah di Korea Utara akan dipasangi sebuah radio, dimana radio tersebut tidak bisa dimatikan, hanya bisa dikecilkan. Jadi, selama 24 jam hidup anda akan diisi oleh berita, propaganda dan lagu soal negara. Jika anda pernah membaca novel 1984 karya George Orwell, mungkin begitu mengerikannyalah negara Korea Utara.

Sulit dibayangkan bagaimana hidup di negara Korea Utara. Di negara ini, anda tidak akan diperbolehkan mengakses internet. Anda juga tidak boleh menyembah tuhan lain karena tuhan anda adalah Kim Jong Il, sang bapak bangsa.

Negara ini juga mengklaim bahwa mereka punya senjata nuklir yang dahsyat, namun ketika akan menembakkan nuklir tersebut kepada Jepang, nuklir itu malah jatuh ke dasar laut dan tidak menimbulkan efek apa-apa. Wah, kalau sudah begini, rasanya lebih nikmat tinggal di Indonesia, ya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content