4 Kisah Kebaikan Polisi yang Jarang Diketahui Publik

oleh Rizal
13:15 PM on Oct 13, 2015

Jujur saja, kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian sudah mencapai tahap yang mengenaskan. Ya, kini orang-orang sudah tidak begitu menghormati keberadaan organisasi pemerintah yang tugasnya adalah mengayomi masyarakat tersebut. Polisi sekarang masih saja selalu diidentikkan dengan uang damai, suap, tanggapan layanan masyarakat yang mengecewakan dan sebagainya.

Baca Juga : 7 Super Car Gila yang Hanya Dimiliki Kepolisian Dubai

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Tidak menampik mungkin ada segelintir yang seperti itu, namun tak boleh menutup mata juga jika ada begitu banyak polisi yang keren luar biasa. Mereka profesional dan benar-benar mengaplikasikan semua sumpah dan janji baktinya. Bahkan mungkin ada pula yang sampai mengorbankan nyawa dan kita tidak pernah akan hal tersebut.

Saatnya kita reset ulang pikiran aneh-aneh tentang polisi di Indonesia. Berikut adalah deretan kisah inspiratif dan menyentuh para polisi yang jauh dari hal-hal buruk seperti yang kita pikirkan.

1. Hoegeng, Polisi Paling Jujur di Indonesia

Hanya ada tiga polisi yang jujur, polisi tidur, patung polisi dan Hoegeng. Begitulah yang pernah diucapkan mantan presiden kita Gus Dur tentang sosok polisi satu ini. Pertanyaannya, apakah Hoegeng adalah sosok polisi yang benar-benar jujur? Ya. Jawaban singkat ini pasti akan membuatmu bertanya-tanya hal hebat apa sih yang pernah dilakukan polisi tersebut.

Hoegeng, polisi ini jadi bukti nyata jika aparat jujur bukan mitos [Image Source]
Hoegeng, polisi ini jadi bukti nyata jika aparat jujur bukan mitos [Image Source]
Ada begitu banyak kejujuran yang dilakukan pria bernama lengkap Hoegeng Imam Santoso ini. Misalnya saja, ia pernah menolak sebuah rumah yang lengkap dengan isinya ketika menjabat sebagai Kapolda Sumatra Utara pada tahun 1965 lalu. Ia bahkan mengeluarkan perabotannya di pinggir jalan begitu saja. Hoegeng juga pernah mengembalikan dua buah motor Lambretta gara-gara ia tidak tahu pengirimnya. Intinya, pria ini sama sekali tidak akan mengambil apa yang bukan haknya. Bahkan Hoegeng juga menerapkan pelajaran kepada anak-anaknya untuk tidak sekali-kali memanfaatkan jabatan ayahnya. Istrinya sendiri tidak pernah ikut dalam kunjungan kerja ke luar negeri karena Hoegeng melarangnya.

Soal kinerja, Hoegeng juga patut diacungi jempol. Ada berbagai kasus besar yang pernah ia kuak. Termasuk pemerkosaan Sum Kuning yang melegenda itu, hingga penyelundupan mobil yang dilakukan oleh Robby Tjahjadi. Hoegeng benar-benar sosok polisi impian yang kiprahnya sangat fenomenal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA