Menjadi seorang ibu itu emang bukan pekerjaan gampang. Setiap hari harus menjaga dan mengasuh anak agar si kecil tetap sehat dan ceria. Tidak hanya itu saja, ibu juga memastikan si kecil bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga : 4 Wanita yang Menyulut Kehancuran Imperium Dunia

Hanya saja, bisa jadi karena lelah atau sedang tidak fokus, ada kalanya para ibu ini bersikap ceroboh. Nah, cerobohnya ini yang terkadang bikin orang lain ikutan panik dan juga jengkel. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Tidak Mengawasi Anak Ketika Belanja dan Sibuk Sendiri dengan Smartphone

Dunia digital memang mempermudah kita untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Asalkan jangan sampai kita ketagihan dengan gadget hingga melupakan hal-hal lain yang lebih penting. Apalagi sampai tidak memperhatikan apa yang sedang dilakukan si anak seperti yang pernah terjadi Malaysia berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=K4wftx5ZVu0

Sebuah rekaman CCTV menunjukkan bagaimana salah satu putrinya yang masih berusia 6 tahun jatuh dari eskalator dan meninggal dunia. Saat kejadian, si ibu tampak sibuk dengan smartphonenya dan tidak memperhatikan anak-anaknya yang bermain-main di eskalator.

2. Menggendong Bayi, Naik Motor, Tanpa Helm

Ini nih yang sering banget kita lihat di Indonesia, yaitu ibu-ibu menggendong bayi sambil nyetir motor. Parahnya lagi, si ibu dan anak juga nggak pakai helm! Mengendarai motor tanpa memakai helm saja sudah berbahaya dan melanggar peraturan, apalagi sambil menggendong anak!

Kan banyak resiko yang bisa terjadi tuh, misalkan si anak bisa masuk angin, kalau si anak tiba-tiba marah atau ngambek maka si ibu yang menyetir juga sulit jaga keseimbangan. Kalau jatuh dengan posisi yang tidak memakai helm, dua nyawa ini taruhannya.

3. Membiarkan Anak Berjalan-Jalan Sendirian di Tempat Umum Tanpa Digandeng

Hal yang sebenarnya sudah ada di pikiran para ibu yaitu menggandeng anak saat mereka berada di tempat umum. Tapi jangan sampai terlalu sibuk dengan kereta dorong atau hal lain sampai akhirnya anak dibiarkan berjalan tanpa digandeng. Karena tanpa kita ketahui, bisa saja perhatian si kecil teralih dan dengan mudah ia bisa menjadi korban penculikan seperti yang terekam dalam CCTV berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=F8WlfioN1TY

Dalam sebuah rekaman CCTV, seorang ibu dan putrinya yang masih kecil tampak berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan. Si ibu yang sibuk membawa kereta dorong tidak menggendeng putrinya dan membiarkan ia berjalan sendirian ketika tiba-tiba seorang pria tak dikenal menggandengnya pergi. Beruntung si ibu menyadari hal ini dan segera menghampiri putrinya. Untungnya, pria tua tersebut ternyata hanya sedang bingung dan mengira anak kecil tersebut hilang. Nah, kalau benar-benar diculik bagaimana?

4. Membiarkan Anak Bermain Sendirian Saat Ibu Berbelanja

Banyak orang mengira anak berusia 7 tahun bisa ditinggalkan sebentar saja ketika berbelanja. Jangan salah, anak kecil seusia itu juga masih bisa menjadi target korban penculikan.

https://www.youtube.com/watch?v=_9rqjT3Yzsw

Seorang gadis kecil di Amerika hampir saja diculik saat ibunya berpaling sebentar untuk memilih buah. Ternyata justru saat itulah seorang pria asing berusaha menculik putrinya. Untungnya si gadis kecil terus berusaha memberontak hingga ia akhirnya dilepaskan oleh si penculik.

5. Membiarkan Anak Bermain di Jalan Raya Tanpa Pengawasan

Jalan raya bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya. Karena itu, jangan sekali-sekali membiarkan anak begitu saja tanpa pengawasan di jalan raya. Anak kecil tidak menyadari bahaya yang mungkin terjadi di jalan raya.

Bisa saja mereka berniat menyeberang sehingga berlari secepatnya. Padahal tanpa diduga, kendaraan bisa saja menghantam mereka seperti yang terekam pada CCTV mobil di atas.

6. Anak Kecil Menangis Meraung di Toko, Ibunya Cuek Saja

Ada kalanya anak kecil akan mengomel saat berada di pusat perbelanjaan. Apalagi jika permintaannya dituruti. Beberapa orang tua sih biasanya akan berusaha menenangkan anak mereka, tapi ada juga yang cuek-cuek saja.

Nah, hal seperti ini tentu akan mengganggu orang lain. Memang sih orang lain mungkin akan memaklumi hal ini mengingat mereka adalah anak-anak, tapi di saat yang sama jika si orang tua cuek saja ketika anaknya meraung-raung, maka justru orang tuanya yang akan diomeli.

Baca Juga : 5 Eksperimen Mengerikan yang Dilakukan Orang Tua Kepada Anaknya!

Tidak bermaksud mengejek ibu-ibu, karena pekerjaan menjadi seorang ibu juga tidak mudah. Ada kalanya ibu-ibu modern menjadi lengah karena kurang waspada, kurang memperhatikan atau bahkan juga karena sibuk dengan gadget. Alangkah baiknya jika orang tua selalu waspada dan memperhatikan setiap gerak-gerik buah hati agar terhindar dari bahaya.