9 Rute Kereta Api Paling Keren Untuk Dilewati

oleh Alfry
08:45 AM on Apr 14, 2015

Banyak jenis transportasi yang bisa dipilih untuk mengantarmu menuju tempat wisata dan salah satunya adalah kereta api. Alat transportasi ini terbilang cukup nyaman untuk menjelajahi daerah-daerah yang tidak terlampau jauh. Kelebihan dari naik kereta api yaitu suguhan pemandangan alam yang tidak ada bandingannya.

Kereta api memiliki rute yang berbeda dengan bus. Jarang sekali kereta melewati tengah kota yang ramai, seringnya kereta api memiliki rute membelah hutan, lewat pinggiran kota maupun daerah-daerah lain yang sepi. Namun inilah keuntungan yang Anda dapatkan jika naik kereta api, Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah sepanjang rute yang dilalui. Berikut 9 rute kereta api yang paling menawan.

Baca Juga
Anton Lucanus, Driver Ojek Bule Ganteng yang Bikin Perempuan Rela Dibonceng ke Ujung Dunia
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak

1. Trans-Siberian Railway – Rusia

Trans-Siberian Railway adalah jaringan rel kereta api yang menghubungkan Moskow dengan daerah di paling timur Russia dan juga Laut Jepang. Jalur kereta api ini menjadi jalur terpanjang di dunia sebab percabangannya mampu menghubungkan Mongolia, China, dan Korea Utara.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Pembangunan dimulai tahun 1891 di mana pengerjaannya diawasi langsung oleh Menteri Keuangan Rusia, Sergei Witte. Tahun 1916 rute tersebut telah menghubungan Moskow dengan Vladivostok. Pembangunan rute ini terbilang unik sebab konstruksi dimulai dari kedua ujung tujuan dan akan bertemu di tengah-tengah.

2. The Landwasser Viaduct – Swiss

Swiss terkenal dengan bentang alam yang dipenuhi dengan gunung-gunung. Sebelum abad ke-19 deretan gunung tersebut menjadi hambatan besar negara tersebut untuk berkembang sebab berpengaruh terhadap transportasi yang tidak bisa berkembang dengan baik. Namun setelah abad ke-20, insinyur kereta api Swiss melakukan inovasi besar-besaran terhadap alat transportasi kereta api.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Mereka berani untuk membuat sistem jalur kereta api yang menakjubkan dengan mengebor gunung-gunung serta membuat jembatan tinggi di lembah suatu pegunungan. Dengan inovasi besar-besaran ini menjadikan Swiss sebagai negara yang memiliki sistem kereta api paling maju di dunia. Salah satu proyek paling mengesankan adalah pembangunan Landwasser Viaduct yang dibangun tahun 1902. Rute ini paling terkenal seantero dunia bahkan foto-foto rute ini bisa dengan mudah traveler temukan di brosur wisata Swiss.

3. Georgetown Loop Railroad – Amerika Serikat

Georgetown Loop Railroad merupakan salah satu jalur kereta pertama di Colorado. Pembangunan rute kereta ini selesai pada tahun 1884. Saat itu fungsi utama dari jalur ini adalah untuk menghubungkan kota-kota tambang yang ada di antara Georgetown dan Silver Plume.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Jalur kereta yang memiliki jembatan setinggi 200 meter di antara pegunungan ini dianggap sebagai keajaiban konstruksi pada masanya. Jalur ini sempat ditinggalkan pada tahun 1938 dan mulai direnovasi ulang tahun 1984 sebagai bentuk perayaan ulang tahun yang ke-100 pembangunan jalur kereta tersebut.

4. The Death Railway – Thailand

Memiliki nama asli jalur kereta api Myanmar, Death Railway atau jalur kereta kematian merupakan rute kereta sepanjang 415 kilometer yang menghubungkan Bangkok, Thailand dan Rangoon, Myanmar. Julukan yang diberikan itu merujuk pada sebuah tragedi yang terjadi selama pembangunan rel kereta di mana ribuan pekerjanya tewas.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Pembangunan rute kereta ini memakan banyak korban, setidaknya ada 90.000 pekerja di mana 16.000 diantaranya adalah tawanan perang Sekutu dan mereka semua tewas selama pengerjaan jalur kereta ini. Kini sisa-sisa rute ini dijadikan tempat favorit wisatawan yang hendak mengunjungi Kanchanaburi, Thailand.

5. Gyeonghwa Station – Korea Selatan

Saat musim semi tiba seperti sekarang ini bunga sakura akan mekar dengan indahnya. Selain Jepang ternyata atraksi mekarnya bunga sakura juga bisa dinikmati di Korea Selatan. Ada sekitar 340.000 pohon sakura di Jinhae, Korsel.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Saat musim semi tiba bunga sakura ini akan mekar dan menciptakan tampilan yang mempesona. Jika traveling menggunakan kereta api via Stasiun Gyeonghwa, Anda akan bisa menikmati pemandangan luar biasa seperti dalam foto berikut. Naik kereta api di musim semi merupakan salah satu daya tarik wisata populer di sana.

6. Tunnel of Love – Ukraina

Tunnel of Love merupakan jalur kereta api yang sangat indah dan berada di Klevan, Ukraina. Jalur sepanjang tiga kilometer ini berada di tengah-tengah rimbunnya pepohonan di kanan-kirinya sehingga membentuk seperti sebuah terowongan hidup yang indah dan disebut dengan Tunnel of Love atau terowongan cinta.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Jalur ini dulunya digunakan sebagai rute menuju sebuah pabrik kayu namun telah lama jalur ini tidak digunakan lagi hingga akhirnya masyarakat setempat melestarikannya kembali. Kini jalur ini digunakan untuk wisata dan foto pre-wedding.

7. Tren a las Nubes – Argentina

Tren a las Nubes merupakan layanan kereta wisata di Provinsi Salta, Argentina. Rutenya dari Argentina menuju pegunungan Andes di Chili yang melewati jalur setinggi 4.220 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya jalur kereta api tertinggi ketiga di dunia.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Pada awalnya jalur kereta ini dibangun untuk menunjang perekonomian namun sekarang rute telh dioperasikan untuk melayani kereta api pariwisata. Jalur kereta ini memiliki 29 jembatan, 21 terowongan dan 2 jalur zig-zag. Saking tingginya tak jarang wisatawan akan melewati rute menembus gumpalan awan sehingga rute ini dijuluki juga dengan jalur kereta menembus awan.

8. Napier-Gisborne Railway – Selandia Baru

Napier-Gisborne Railway bisa dikatakan sebagai jalur kereta api paling unik di dunia. Terdapat bagian jalur yang melintasi landasan pacu bandara Gisborne. Hasilnya pemandangan menarik terlihat saat kereta api dan pesawat terbang berbagi jalur untuk melintas.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Dalam kasus ini kereta api sedikit harus mengalah, masinis harus menghentikan kereta sesaat sebelum melintasi jalur ini dan menunggu ijin dari menara kontrol lalu lintas untuk memastikan jalur yang dilewati telah aman.

9. Maeklong Market Railway – Thailand

Maeklong, Thailand terkenal dengan pasar makanannya. Bukan kuliner khas yang menjadikan pasar tersebut terkenal melainkan adanya jalur kereta yang melintas di tengah-tengah pasar. Pemandangan menarik pun acap kali ditampilkan ketika kereta sedang melintas.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Para pemilik toko harus cepat mengemasi lapak dagangannya ketika mendengar kereta api akan melintas. Nantinya kereta akan melintasi gang sempit berisi lapak pedagang dan menciptakan pemandangan yang aneh. Kegiatan ini dilakukan para pedangan beberapa kali sehari. Meski demikian tempat tersebut masih saja dijadikan lapak pedagang hingga sekarang.

Itulah beberapa jalur kereta api yang menakjubkan di dunia. Adakah jalur kereta yang memiliki pemandangan alam menarik di daerahmu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA