Ikan Sembilang, Spesies Perairan Indonesia yang Bikin Kejang-Kejang Sampai Keguguran

Tampangnya seperti tidak berdaya, tapi racunnya luar biasa.

oleh Faradina
07:00 AM on Mar 19, 2017

Sebagai negara dengan luas perairan lebih besar daripada daratan, pastinya Indonesia memiliki banyak sekali jenis spesies air yang unik. Mulai dari aneka ikan maupun tumbuhan laut. Meski demikian perlu diperhatikan bahwa semua yang ada di lautan Indonesia tidak serta merta aman untuk dipegang atau dikonsumsi karena ada spesies tumbuhan atau hewan air terntentu yang beracun.

Salah satunya adalah ikan Sembilang. Mungkin kamu yang tinggal di daerah pantai sering melihat spesies yang satu ini, tapi tetap hati-hati karena ikan ini mempunyai racun berbahaya. Selain itu orang-orang di beberapa daerah juga masih mempercayai mitos tentang ikan ini.

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Fisik ikan ini menyerupai ikan lele

Jika sekilas diperhatikan, kalian akan menyadari bahwa sembilang memiliki kemiripan dengan ikan lele. Hanya saja bila lele hidup di air tawar, habitat ikan sembilang yaitu laut dangkal maupun muara sungai. Ikan ini memiliki patil yang berjumlah tiga buah terletak di bagian punggung dan juga sirip. Ikan sembilang sendiri masih terbagi ke dalam dua jenis yang berbeda.

Serupa lele [image source]
Sembilang batu adalah ikan yang dapat ditemui di celah batu, sedangkan sembilang lubang bisa dicari di lubang-lubang yang mereka buat sendiri. Kemudian untuk sembilang lubang sendiri merupakan spesies dewasa di mana secara umum beratnya bisa mencapai lima kilogram dengan panjang 70 cm.

Ikan sembilang dapat menghilangkan janin

Di beberapa daerah di Indonesia, banyak masyarakat menjunjung tinggi mitos tentang ikan sembilang. Mereka percaya bahwa jika ada seorang ibu hamil yang mengonsumsi ikan ini, maka bayi yang sedang dikandungnya akan menghilang atau bisa jadi keguguran. Oleh karena itu pantang sekali bila ada ibu hamil ingin mengonsumsi makanan ini.

Mitos sembilang [image source]
Namun banyak yang mengungkapkan bahwa hal itu hanyalah kepercayaan yang tidak benar dikarenakan boleh jadi ikan ini beracun tapi sepertinya tidak sampai melemahkan kondisi janin bila dikonsumsi. Dengan catatan selama sang ibu tidak bermain dengan patilnya.

Racun sembilang bisa sangat menyakitkan

Hampir semua nelayan sudah mengerti bahwa ikan ini memiliki racun yang terletak di bagian patilnya. Oleh karena itu jika saat memancing si ikan berhasil tersangkut di kail kita, potonglah terlebih dahulu ketiga patil tersebut sebelum melepas kailnya. Racun yang terdapat dalam spesies ikan ini bersifat heat-labile atau akan rusak saat terkena panas.

Racun menyakitkan [image source]
Meski demikian siapa saja yang tak sengaja terkena patil ikan ini, wajahnya akan berubah pucat dan diikuti oleh rasa panas di seluruh tubuh dan susah tidur. Parahnya lagi racun itu bisa membuat seseorang kejang-kejang. Racunnya memang bisa hilang dalam waktu 24 jam tapi rasa sakitnya bisa dialami selama berhari-hari.

Penanganan racun sembilang

Bila seseorang sudah terlanjur terkena racun sembilang, ada beberapa penanganan yang bisa dicoba untuk dilakukan. Yang pertama, mengingat sifatnya yang heat-labile maka kalian cukup dapat merendam bagian yang tersengat dengan air hangat bersuhu sekitar 45 derajat selama kurang lebih 30 sampai 90 menit.

Racun sembilang [image source]
Selain itu racun sembilang juga bisa dihilangkan dengan menggunakan biji asam. Cukup potong biji asam tersebut menjadi dua bagian lonjong dan tempelkan pada bagian yang terpatil sembilang. Cara ini ada baiknya dilakukan sesaat setelah kejadian dan jangan menunggu luka semakin parah. Jika metode ini tidak berhasil segeralah menemui dokter untuk dikeluarkan racunnya secara medis.

Meski beracun ikan ini memiliki manfaat kesehatan

Meski untuk mendapatkannya kita perlu tenaga ekstra dan berhadapan dengan resiko terkena racun, ikan ini mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun kandungan ikan ini antara lain asam lemak omega 3, karbohidrat, lemak yang rendah, protein fosfor, dan lainnya. Hal inilah yang membuat sembilang sangat dicari meskipun beracun.

Manfaat sembilang [image source]
Manfaat dari konsumsi ikan ini adalah bagus untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, dapat mengontrol dan menjaga kolesterol dalam tubuh, membantu pembentukan jaringan otak, mengontrol lemak yang ada pada tubuh, dan lainnya. Aneka manfaat ini sebelumnya sudah diteliti oleh para ahli.

Kembaran ikan lele ini memang termasuk ikan laut yang disukai oleh masyarakat meskipun memiliki racun di bagian patilnya. Jika kalian tertarik dan penasaran dengan rasanya, harap berhati-hati jika memang ingin mencoba untuk mencarinya sendiri. Bila sempat terkena racunnya cepat lakukan penanganan agar rasa sakitnya tidak bertahan terlalu lama.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA