4 Foto Menyayat Hati Tentang Tragedi Kemanusiaan

oleh Centralismo
13:34 PM on Feb 16, 2015

Ada pepatah yang mengatakan bahwa satu gambar bercerita dengan seribu bahasa. Hal itu mungkin benar jika kita melihat foto-foto bersejarah berikut. Foto-foto ini adalah hasil dari bidikan kamera beberapa wartawan ternama dan dijadikan sampul di beberapa media terkenal.

Namun, tahukah anda apa yang terjadi di balik pengambilan gambar tersebut? Apa pula yang terjadi kepada sang fotografer setelah gambar tesebut diabadikan. Berikut lima kisah dibalik foto-foto paling penting sepanjang sejarah.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Foto Kelaparan di Sudan oleh Kevin Carter

Pada tahun 1993, jurnalis Kevin Carter sedang bertugas di Sudan yang tengah dilanda bencana kelaparan. Ketika itu dia menemukan seorang balita yang tengah kelaparan tergeletak di atas tanah tandus. Kevin, sebagai seorang wartawan, telah diingatkan di awal tugasnya bahwa dia tidak boleh menyentuh anak tersebut karena dikhawatirkan akan terjangkit penyakit menular. Kevinpun mengambil foto anak tersebut yang tengah diintai oleh seekor burung bangkai.

Kelaparan di Sudan oleh Kevin Carter
Kelaparan di Sudan oleh Kevin Carter

Foto ini menjadi sangat terkenal dam memenangkan Pulitzer Award. Namun tiga bulan setalah mendapatkan penghargaan tersebut, Kevin bunuh diri. Dalam catatan yang ditinggalkannya pada saat bunuh diri, Kevin menulis, “Aku dihantui oleh kenangan yang begitu nyata tentang pembunuhan dan mayat dan kemarahan dan kesakitan dari anak-anak yang kelaparan dan terluka…”

2. Omayra Shacez oleh Frank Fournier

Omayra adalah gadis berumur 13 tahun yang meninggal akibat bencana letusan Gunung Nevado del Rouz. Letusan gunung tersebut mengeluarkan material yang bercampur, mulai dari lahar hingga es yang mengalir ke sungai-sungai sekitarnya. Bencana tersebut telah menewaskan 25.000 orang dan menghancurkan desa Armero, tempat Omayra tinggal juga 13 desa lainnya.

Omayra Sanchez oleh Frank Fournier
Omayra Sanchez oleh Frank Fournier

Foto ini diambil oleh Frank Fournier. Namun sayang sekali, beberapa jam setelah foto ini diambil dan Omayra dievakuasi, gadis tersebut meninggal dunia. Foto ini mendapat penghargaan sebagai Photo of The Year versi Wordl Press pada tahun 1985.

3. The Falling Man oleh Richard Drew

Kejadian runtuhnya gedung World Trade Center akibat ditabrak oleh pesawat teroris sungguh sebuah tragedi yang sangat memilukan. Peristiwa yang disebut sebagai 9/11 ini menelan korban puluhan ribu korban yang meninggal dalam sekejap. Suasana kala itu tidak ubahnya seperti dalam film-film action dimana gedung yang begitu megah dan tinggi bisa hancur dalam hitungan detik.

The Falling Man oleh Richard Drew
The Falling Man oleh Richard Drew

Dalam suasana yang kacau itu, seorang fotografer bernama Richard Drew sempat mengambil sebuah gambar yang dramatis. Seorang pria tampak loncat dari ketinggian beberapa ratus meter karena panik dan tidak tahu harus berbuat apa. Foto ini adalah salah satu foto yang paling banyak diberitakan dalam kejadian 9/11 tersebut.

4. Foto Pengungsi Afganistan oleh Steve McCurry

Sulit untuk mendeskripsikan apakah foto ini adalah gambaran gadis yang cantik atau justru menyeramkan. Dalam konflik di Afganistan, seorang jurnalis Steve McCurry menemui rombongan pengungsi. Dalam rombongan tersebut tampak seorang gadis yang ketakutan karena kebetulan Steve adalah sesosok orang “barat” yang membuat anak-anak di Afganistan cukup khawatir.

Pengungsi Afganistan oleh Steve McCurry
Pengungsi Afganistan oleh Steve McCurry

Gadis itu menatap tajam ke arah kamera dengan matanya yang berwarna hijau keperakan. Dia tampak ketakutan, namun masih mempunyai keberanian untuk menatap langsung orang “asing” tersebut. Foto ini menjadi foto terbaik versi majalah National Geographic pada tahun 70-an.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA