5 Fakta Sangar Norwegia yang Bikin Iri Kita Orang Indonesia

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 10, 2016

Ketika membicarakan negara impian untuk berlibur, khususnya di Eropa, maka nama-nama negara terkenal seperti Perancis atau Italia pasti disebut. Padahal, negara Eropa yang indah tidak hanya itu. Norwegia mungkin tidak masuk dalam daftar destinasi favorit, namun negara ini punya banyak hal hebat yang bisa membuat kita kagum.

Baca Juga :5 Perbedaan Mendasar Sistem Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Kalau dikomparasi dengan negara Eropa lain, Norwegia juga tidak kalah. Bahkan Norwegia adalah negara terbaik dalam hal tertentu. Misalnya tingkat kemakmuran, negara ini menduduki peringkat pertama dunia. Kemakmuran ini melingkupi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Sebagai perbandingan, negara kita menduduki nomor urut 69. Cukup jauh, ya?

Kita patut iri nih karena perbandingannya sangat jauh. Padahal soal resources atau sumber daya, kita punya jauh lebih banyak. Nah, berikut adalah fakta-fakta mengejutkan lain tentang si tetangga Swedia ini yang bakal bikin kita ngiri berat.

1. Pendidikan Gratis, Bagi Siapa pun di Level Pendidikan Apa pun

Di Indonesia sekolah gratis hanya cita-cita saja. Tidak pernah terwujud nyata, kecuali bagi mereka yang berbakat. Bagi mereka yang di luar kompetensi ya harus bayar. Tapi, masih mungkin sih dapat beasiswa walaupun tidak mengurangi biaya pendidikan sepenuhnya. Tentang biaya pendidikan, pasti setuju kan kalau makin lama makin mahal? Tak hanya di ranah universitas, sekolah PAUD saja sudah lumayan bikin panas biayanya.

Kuliah gratis di Norwegia terbuka bagi siapa pun, termasuk kita [Image Source]
Kuliah gratis di Norwegia terbuka bagi siapa pun, termasuk kita [Image Source]
Di Norwegia tidak seperti ini. Pemerintah mereka benar-benar menggeratiskan sekolah. Di jenjang apa pun dan bagi siapa pun. Ya, termasuk kita, sangat mungkin untuk menempuh pendidikan di sana dan tanpa biaya. Bahkan bagi pelajar asing, pemerintah Norwegia juga memberikan fasilitas hidup yang sangat memadai.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA