in

5 Fakta Sangar Norwegia yang Bikin Iri Kita Orang Indonesia

Ketika membicarakan negara impian untuk berlibur, khususnya di Eropa, maka nama-nama negara terkenal seperti Perancis atau Italia pasti disebut. Padahal, negara Eropa yang indah tidak hanya itu. Norwegia mungkin tidak masuk dalam daftar destinasi favorit, namun negara ini punya banyak hal hebat yang bisa membuat kita kagum.

Baca Juga :5 Perbedaan Mendasar Sistem Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri

Kalau dikomparasi dengan negara Eropa lain, Norwegia juga tidak kalah. Bahkan Norwegia adalah negara terbaik dalam hal tertentu. Misalnya tingkat kemakmuran, negara ini menduduki peringkat pertama dunia. Kemakmuran ini melingkupi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Sebagai perbandingan, negara kita menduduki nomor urut 69. Cukup jauh, ya?

Kita patut iri nih karena perbandingannya sangat jauh. Padahal soal resources atau sumber daya, kita punya jauh lebih banyak. Nah, berikut adalah fakta-fakta mengejutkan lain tentang si tetangga Swedia ini yang bakal bikin kita ngiri berat.

1. Pendidikan Gratis, Bagi Siapa pun di Level Pendidikan Apa pun

Di Indonesia sekolah gratis hanya cita-cita saja. Tidak pernah terwujud nyata, kecuali bagi mereka yang berbakat. Bagi mereka yang di luar kompetensi ya harus bayar. Tapi, masih mungkin sih dapat beasiswa walaupun tidak mengurangi biaya pendidikan sepenuhnya. Tentang biaya pendidikan, pasti setuju kan kalau makin lama makin mahal? Tak hanya di ranah universitas, sekolah PAUD saja sudah lumayan bikin panas biayanya.

Kuliah gratis di Norwegia terbuka bagi siapa pun, termasuk kita [Image Source]
Kuliah gratis di Norwegia terbuka bagi siapa pun, termasuk kita [Image Source]
Di Norwegia tidak seperti ini. Pemerintah mereka benar-benar menggeratiskan sekolah. Di jenjang apa pun dan bagi siapa pun. Ya, termasuk kita, sangat mungkin untuk menempuh pendidikan di sana dan tanpa biaya. Bahkan bagi pelajar asing, pemerintah Norwegia juga memberikan fasilitas hidup yang sangat memadai.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

4 Kecelakaan Mobil Mewah ini Jadi Bukti Kegilaan Orang Kaya di Indonesia

5 Kerajaan Dongeng ini Dianggap Sebagai Nenek Moyang Negara Modern. Kok Bisa?