in

5 Fakta Sangar Norwegia yang Bikin Iri Kita Orang Indonesia

2. Program Buku yang Bikin Sumringah Para Penyuka Baca

Di Norwegia, setiap ada rilisan satu buah buku baru, maka pemerintah akan langsung memesan sekitar 1000an kopi. Tujuannya untuk disebar ke berbagai perpustakaan dan bisa dibaca oleh siapa pun. Kriteria bukunya sendiri tidak dibatasi. Asalkan ada buku baru yang rilis, beberapa hari kemudian kita sudah bisa menemukannya di banyak perpustakaan di sana.

Buku baru bisa dibaca gratis di tempat seperti surga ini, enak tho? [Image Source]
Buku baru bisa dibaca gratis di tempat seperti surga ini, enak tho? [Image Source]
Tentu ini jadi hal yang sangat hebat. Bagi penyuka buku, Norwegia adalah surga karena tak harus keluar banyak uang untuk membeli buku-buku baru. Cukup meminjamnya di perpustakaan terdekat. Lalu bagaimana dengan pendapatan penulis? Tentang itu, pendapatan per kapita Norwegia sudah tinggi. Sepertinya penulis di sana takkan jatuh miskin hanya karena bukunya diborong oleh pemerintah dan digratiskan untuk dibaca.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

4 Kecelakaan Mobil Mewah ini Jadi Bukti Kegilaan Orang Kaya di Indonesia

5 Kerajaan Dongeng ini Dianggap Sebagai Nenek Moyang Negara Modern. Kok Bisa?