5 Fakta Ngeri Guillotine, Pisau Raksasa yang Dipakai Untuk Memenggal Kepala Para Penjahat

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 6, 2016

Hukuman mati mungkin masih jadi hal yang kontroversial hari ini. Namun, di masa lalu eksekusi cenderung merupakan sesuatu yang wajar. Bahkan kadang hukuman ini disaksikan oleh masyarakat luas. Berbicara soal metode eksekusi, orang-orang zaman dulu punya caranya sendiri untuk melakukan hal tersebut. Dan salah satu cara yang bisa dibilang paling terkenal adalah menggunakan pisau raksasa yang bernama Guillotine.

Disebut pisau raksasa lantaran ukuran belati Guillotine sendiri memang besar. Mekanismenya adalah ia ditarik dengan tali lalu kemudian dilepaskan. Guillotine yang berat akan menghujam ke bawah di mana di situ akan ada seorang terpidana mati yang terlentang. Guillotine sangat efektif sebagai metode eksekusi, namun pada akhirnya ia dimuseumkan lantaran dianggap sangat mengerikan.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Lebih jauh tentang pisau satu ini, berikut adalah fakta-fakta Guillotine yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

1. Digunakan Sebagai Metode Eksekusi Manusiawi

Perancis adalah negara pertama dan mungkin satu-satunya yang mengaplikasikan metode eksekusi dengan Guillotine. Ada alasan kenapa mereka memberlakukan ini dan hal tersebut bertujuan baik sebenarnya. Jadi, dipercaya jika eksekusi dengan Guillotine akan membuat si terpidana mati tidak perlu merasakan sakit yang terlalu lama. Diketahui, eksekusi menggunakan kapak dan pedang memang sering gagal. Entah karena tumpul atau mungkin sudut tebas yang tak pas.

Guillotine [Image Source]
Guillotine [Image Source]
Setelah Guillotine diciptakan, eksekusi pun berjalan sangat lancar. Ya, dijamin Guillotine akan langsung memenggal kepala seseorang tanpa pernah meleset atau gagal. Soal penciptaan Guillotine, alat ini ternyata didesain oleh seorang pria bernama Joseph Ignace Guillotin. Uniknya, pria ini sebenarnya tak pernah setuju dengan hukuman mati. Ironisnya, alat yang diciptakannya justru sudah memenggal puluhan ribu kepala.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA