5 Fakta Hebat Karambit, Pisau Mematikan Asli Indonesia yang Pamornya Mendunia

oleh Rizal
14:05 PM on May 20, 2016

Karambit bisa dibilang merupakan salah satu pisau paling mematikan di dunia. Bentuknya mungkin sederhana, tapi pisau ini punya banyak sekali keunikan yang tak dimiliki kebanyakan senjata lain. Bentuknya melengkung ke depan dengan kombinasi handle yang nyaman membuatnya sangat enak dipakai untuk menghajar musuh sampai berdarah-darah.

Baca Juga: 5 Jimat Mengerikan Asli Indonesia Ini Konon Masih Sering Dipakai Banyak Orang

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Karambit dianggap para ahli sebagai pisau paling efisien untuk melukai dan membunuh. Seperti cakar, ia bisa menyayat, mencakar dalam, merobek, dan juga memotong dengan bagian depannya yang tajam. Ditambah lagi dengan ukuran yang kecil serta bisa dipakai dua buah sekaligus di masing-masing tangan, makin menambah kengerian senjata satu ini.

Lantaran sederet kegilaan itulah pisau ini akhirnya mendapatkan pamor yang mentereng di dunia. Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang si pisau mematikan ini, berikut adalah fakta-fakta sangar Karambit yang pasti bakal bikin kamu tercengang.

1. Karambit itu Asli Indonesia

Siapa yang menyangka jika Karambit yang sudah mendunia ini ternyata berasal dari Indonesia. Karambit pertama kali diketahui dipakai orang-orang Indonesia di abad 11. Lalu tersebar lewat perdagangan dengan bangsa-bangsa asing. Tak hanya Indonesia, Filipina juga sering dianggap sebagai akar di mana Karambit berasal.

Karambit asli Indonesia [Image Source]
Karambit asli Indonesia [Image Source]
Senjata ini baru populer di awal abad 20an di Amerika, itu pun dibawa oleh orang-orang Indonesia dan Filipina. Kini, senjata ini sudah melanglang buana ke seantero dunia. Hampir di setiap negara punya Karambit versi mereka sendiri, biasanya dibedakan dari motif serta bahan-bahan yang dipakai.

2. Awal Mula Karambit Ternyata Bukan Sebagai Senjata Pembunuh

Sekarang ini Karambit lebih banyak dipakai untuk combat alias perkelahian, padahal dulu senjata satu ini sama sekali tidak dipakai untuk tujuan itu. Berdasarkan sejarah, orang-orang Indonesia dulu memakai senjata ini untuk kebutuhan sehari-hari. Para petani, nelayan, pemburu memakai pisau ini untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Karambit pencak silat [Image Source]
Karambit pencak silat [Image Source]
Orang-orang memakai senjata ini karena memang sangat membantu pekerjaan. Bobotnya yang sangat enteng, serta bentuk lengkungnya yang unik itu bisa dipakai untuk berbagai fungsi. Kemudian ketika Karambit populer, akhirnya senjata ini banyak diadopsi sebagai senjata-senjata pendukung di berbagai jenis bela diri, salah satunya adalah pencak silat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA