in

5 Fakta Hebat Karambit, Pisau Mematikan Asli Indonesia yang Pamornya Mendunia

3. Alasan Kenapa Karambit Punya Bentuk yang Unik

Selain sejarahnya, hal yang bikin penasaran tentang senjata ini adalah kenapa bentuknya bisa lengkung ke depan seperti itu? Tidak ke belakang atau tegak lurus. Ya, ternyata alasannya adalah soal fungsionalitas.

Bentuk lengkung karambit [Image Source]
Bentuk lengkung karambit [Image Source]
Dengan desain melengkung ke atas, Karambit bisa dipakai untuk banyak hal. Misalnya saja sebagai alat bantu mendaki, menyayat dengan kemiringan dan kesulitan tinggi, dan sebagainya. Intinya, desain melengkung ke depan memang disengaja karena memberikan fungsi yang bermacam-macam.

4. Rahasia Ring di Bagian Belakang Karambit

Okelah senjata satu ini mematikan dan punya fungsionalitas beragam, tapi kalau dilihat dari desainnya bukankah akan membahayakan pengguna? Dengan desain melengkung ke depan, si pengguna pasti akan gampang terluka ketika mengalami slip atau licin. Teori ini memang sangat benar. Makanya itu, kebanyakan handle Karambit memiliki ring pada bagian belakang sebagai tempat jari kelingking atau telunjuk.

Ring belakang karambit [Image Source]
Ring belakang karambit [Image Source]
Ya, fungsi dari ring belakang Karambit secara umum adalah menghindari pengguna dari luka ketika pisaunya licin. Tak hanya itu, ring belakang tersebut juga punya fungsi untuk membuat user makin mantap ketika memegangnya. Meskipun sederhana, fungsi dari ring ini ternyata sangat vital. Meskipun begitu, tak semua pisau Karambit punya ring belakang.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Cerita di Balik Pengantin Wanita Yang Menghadiri Pernikahannya Tanpa Sang Suami

5 Pasukan Berani Mati Ini Dikenal Sangat Gahar dalam Peperangan, Ada dari Indonesia Juga